Misteri Kerajaan Sriwijaya Terungkap!

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Oct 11, 2014.

Discuss Misteri Kerajaan Sriwijaya Terungkap! in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]
    Misteri sejarah Kerajaan Sriwijaya di Palembang semakin terkuak dengan ditemukannya sisa bangunan Kerajaan Sriwijaya & pecahan barang kuno yg berumur ratusan tahun. Situs sejarah ini ditemukan di pusat wisata heritage Taman Bukit Siguntang (TBS) Palembang.

    Seperti yg dikutip dari liputan6.com, Sisa bangunan & barang kuno tersebut ditemukan setelah diadakan penggalian di salah satu lahan TBS Palembang. Dari penggalian seluas 6 meter lahan tanah, ternyata ditemukan bekas bangunan menggunakan batu bata besar yg tertimbun tanah di kedalaman 35 meter.

    Diungkapkan Retno Purwanti, Ketua Pelaksana Penggalian Situs, Ba& Arkeologi Palembang, penemuan ini diawali saat petugas TBS Palembang menggali tanah saat membuat MCK & tidak sengaja menemukan banyaknya batu bata yg berukuran besar.

    “Awalnya batu bata tersebut dibuang saja oleh petugas TBS Palembang. Tapi ada salah satu petugas yg tahu bahwa batu bata tersebut merupakan batu yg berbeda dari biasanya. Temuan tersebut langsung dilaporkan ke kita & langsung dilakukan penggalian. Ternyata benar, disini ada bekas bangunan bersejarah yg sudah tertimbun,” katanya kepada liputan6.com, saat ditemui di lokasi penggalian Taman Bukit Siguntang (TBS) Palembang.

    Dari bentuk struktur bangunan, kemungkinan bangunan tersebut merupakan rumah ibadah Wihara di sekitar Kerajaan Sriwijaya. Karena saat Kerajaan Sriwijaya berkuasa, mayoritas warganya menganut agama Buddha. Penggalian yg dilakukan dari hari Selasa (7/10/2014) hingga Sabtu (11/10/2014) ini juga menemukan pecahan barang-barang antik lainnya, yaitu pecahan keramik, kaca, manik-manik & gerabah. Kemungkinan, pecahan barang ini berasal dari Dinasti Song di abad 10 yg digunakan di zaman Kerajaan Sriwijaya.

    Ada 12 peneliti & teknisi yg dikerahkan untuk mengumpulkan peninggalan situs ini. Bahkan, mereka menggandeng para civitas kampus bi&g Ilmu Sejarah untuk membantu penggalian & pengumpulan situs bersejarah ini. Hasil temuan tersebut akan dibawa ke kantornya untuk diteliti lebih lanjut mengenai usia pecahan barang antik & jenisnya apa.

    Setelah pengumpulan barang temuan selesai, lokasi di areal penggalian akan ditutup sementara & akan digali kembali pada tahun depan. Karena pihaknya menilai akan banyak lagi temuan yg bisa dikumpulkan di lokasi yg dipercaya merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya ini.

    “Mungkin sampai Sabtu siang ini saja kita lakukan penggalian. Karena &anya kurang untuk tahun ini. Rencana dilanjutkan tahun depan. Sebenarnya di TBS ini banyak yg bisa ditemukan, tapi kita masih terbentur &a penelitian,” paparnya.

    Ditambahkan Kemas A.R. Panji, Tim Penggalian Situs & Dosen FKIP Ilmu Sejarah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fattah Palembang, struktur batu bata di sisa bangunan tersebut terlihat lebih lebar & pipih. Sehingga hal itulah yg membuat para peneliti yakin bahwa bangunan tersebut merupakan peninggalan sejarah.

    “Kalau kita perhatikan, memang beda dari lebar & komponen batu batanya. Lebih lebar & pipih, se&gkan batu bata sekarang segi empat & tidak lebar. Struktur bangunannya juga kemungkinan tempat ibadah, bisa juga seperti kolam. Kita belum tahu & masih akan diteliti lagi,” ucapnya.

    Sebelumnya, sudah banyak peninggalan bersejarah lainnya yg ditemukan di TBS Palembang, diantaranya patung arca, batu, perunggu & stupa. Temuan yg utuh disumbangkan ke Museum Bala Putra Dewa Palembang.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Misteri Kerajaan Sriwijaya Terungkap! diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Misteri Kerajaan Sriwijaya Terungkap!.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page