Misteri Tapak Kaki Raksasa di Aceh

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Apr 23, 2016.

Discuss Misteri Tapak Kaki Raksasa di Aceh in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,120
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]Alam terkadang menyimpan misteri, seperti di Tapaktuan, Aceh Selatan. Di sebuah batu karang yg menghadap lautan lepas, ada sebuah bentuk tapak kaki raksasa. Inilah asal muasal nama Tapaktuan.

    Legenda lokal menyebutkan itulah tapak kaki Tuan Tapa, tokoh dalam cerita legenda Aceh Selatan. Keberadaan tapak yg terletak di kaki Gunung Lampu, Tapaktuan, ini menjadi daya tarik wisatawan. Untuk berkunjung ke sana memang tidak mudah. Pengunjung harus melewati batu karang beragam ukuran.

    Jangan takut kesasar. Di sana, sudah ada petunjuk berupa garis putih yg dicat di setiap batu. Tinggal mengikuti arah tersebut, tapak raksasa berukuran 6×2,5 meter siap mengejutkan mata.

    Seperti yg dikutip dari detik.com, Cerita legenda tapak kaki Tuan Tapa menjadi asal muasal nama ibukota Kabupaten Aceh Selatan, yaitu Tapaktuan. Kota ini terletak sekitar 440 kilometer dari ibukota provinsi Aceh. Legenda Tapak Tuan menjadi cerita rakyat turun temurun & dipercaya masyarakat di sana. Meski kini tapak tidak lagi alami, tapi lokasi tersebut masih memikat hati pengunjung.

    “Menurut cerita di sini dulu memang ada jejak tapak ini. Biar agar tidak hilang, makanya sekarang sudah dibuat begini,” kata seorang pemandu, Khairil.

    [​IMG]Tapak ini terkait legenda asal muasal daerah Tapaktuan

    Pengelola objek wisata Tapak Tuan Tapa, Chaidir Karim, mengisahkan, dulu di sana hidup seorang pertapa sakti bertubuh raksasa yg sangat taat kepada Allah. Syech Tuan Tapa, namanya. Suatu hari, ada dua naga dari negeri China menemukan seorang bayi terapung di tengah laut. Mereka kemudian menyelamatkan bayi itu & merawatnya hingga tumbuh dewasa.

    Beberapa tahun kemudian, kedua orangtua bayi yg menjadi raja & permaisuri di Kerajaan Asralanoka mengetahui keberadaan putri mereka. Raja meminta kembali buah hatinya pada kedua naga. Permintaan itu ditolak. Tanpa pikir panjang, raja membawa lari putrinya naik ke dalam kapal.

    “Kedua naga marah & mengejar raja hingga terjadi pertempuran di tengah laut. Hal itu menyebabkan persemedian Tuan Tapa terusik,” kata Chaidir.

    Tuan Tapa lalu keluar dari gunung tempat ia bertapa & melangkah ke sebuah gunung. Saat berdiri di puncak gunung, Tuan Tapa hendak melontarkan tubuh ke arena pertempuran. “Jejak kaki saat dia berdiri itulah yg membekas di sini,” ungkapnya.

    Tuan Tapa berhasil membunuh kedua naga dengan menggunakan tongkat. Saat itu, niat Tuan Tapa untuk menyelamatkan bayi yg telah menjadi seorang putri. Ternyata, maksud baik Tuan Tapa membuat kedua naga marah besar sehingga terjadi pertempuran.

    Singkat cerita, pertarungan itu dimenangkan oleh Tuan Tapa. Sang putri pun kembali ke pelukan raja & permaisuri. Tapi keduanya tidak kembali lagi ke kerajaan & memilih menetap di Aceh.

    [​IMG]Tapak kaki ini panjangnya 6 meter

    “Keberadaan mereka di tanah Aceh diyakini sebagai cikal bakal masyarakat Tapaktuan,” jelasnya.

    Tak lama berselang setelah kejadian itu, Syech Tuan Tapa menghilang di sebuah lokasi. Oleh masyarakat Tapaktuan, lokasi tersebut diyakini sebagai makam Tuan Tapa. Letaknya di depan Masjid Tuo di Kelurahan Padang, Kecamatan Tapaktuan. Hingga kini, makam tersebut masih ramai dikunjungi.

    Selain tapak raksasa, tak jauh dari sana juga terdapat batu di tengah laut yg diyakini sebagai kopiah Tuan Tapa yg kini sudah menjadi batu. Kopiah itu terlepas saat pertarungan terjadi. Tongkat yg sudah menjadi batu pun ada di sana.

    Berjarak lima kilometer dari lokasi tapak, ada karang berbentuk hati di Desa Batu Itam & sisik naga di Desa Batu Merah. Menurut cerita, bekas potongan tubuh naga jantan yg kalah bertarung. Ada juga karang berbentuk layar kapal di Pantai Batu Berlayar, Desa Damar Tutong, Kecamatan Samadua, Aceh Selatan, yg terletak sekitar 20 kilometer dari tapak kaki raksasa. Konon karang itu sisa kapal raja & permaisuri Kerajaan Asralanoka yg hancur ketika pertempuran. Sekarang banyak wisatawan yg berkunjung ke sini ….

    Baca juga mengenai mitos raksasa-raksasa dari seluruh dunia disini & juga legenda raksasa yg ada di kepulauan salomo disini

    Originally posted 2015-10-24 20:22:16. Republished by Blog Post Promoter

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Misteri Tapak Kaki Raksasa di Aceh diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Misteri Tapak Kaki Raksasa di Aceh.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page