MMO Fun: Crafting Bikin sendiri, lebih oke

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Aug 20, 2014.

Discuss MMO Fun: Crafting Bikin sendiri, lebih oke in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,764
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Ada beberapa cara gamer MMO untuk memperoleh equipment & peralatan tempur mereka. Salah satunya adalah dengan crafting, alias bikin sendiri. Well, fitur crafting ini bisa kalian jumpai di hampir semua MMORPG. Bisa dikatakan juga, crafting adalah fitur yg membuat gamer betah untuk mencoba.

    Sejumlah barang bisa dibuat dalam fitur crafting ini. Yah, dari mulai equipment, weapon, akesori, hingga ke item-item seperti potion. Setiap game memiliki mekanisme crafting mereka sendiri, tapi biasanya sih syaratnya & cara kerjanya sama: miliki resepnya, kumpulkan bahan, kemudian buat deh.

    Ada resep yg sudah tersedia dari sananya. Jadinya kalian cukup memilih barang apa sih yg mau dibuat, lalu cari resepnya deh, & beres. Tapi ada pula game yg membutuhkan kalian mencari sendiri resepnya. Entah harus beli di NPC, or dari drop item monster, or hadiah dari quest. Nah, setelah resep sudah ada, kini giliran mengumpulkan bahan-bahannya. Bahan untuk crafting biasanya bisa didapatkan dengan beberapa cara: hunting & collecting. Ada beberapa resep yg cukup rumit, sehingga memerlukan bahan yg agak sulit juga. Setelah semua bahan terkumpul komplit, barulah bisa dilakukan proses crafting.

    [​IMG]

    Sejumlah gamer juga saling membagikan ilmu crafting mereka. Banyak banged kok walktrough & tips crafting yg bertebaran di internet. Dari mulai daftar bahan yg diperlukan, hingga lokasi di mana harus berburu material.
    Saya pribadi sebetulnya sangat menyukai fitur crafting. Selain sebagai ajang coba-coba, crafting ini juga menantang saya untuk menghasilkan item baru yg wah. Saya suka mencoba untuk menciptakan item yg baru, or ga ada di toko NPC. Sering kali item yg dijual di NPC tidak teralu oke, apalagi jika dibandingkan dengan item crafting buatan sendiri yg cukup susah.

    Kegiatan mengumpulkan bahan untuk crafting juga merupakan tantangan sendiri, lho. Ada bahan yg susah untuk dikumpulkan, misalnya drop item rare (langka) dari monster. Ada pula yg nyarinya gampang, tapi ngumpulinnya bikin bosen. Misalnya aja harus dipanen dulu dari sawah, or harus mancing ikan di sungai, hingga melakukan farming monster untuk mendapatkan bahan yg banyak.

    Buat gamer yg niat & punya otak bisnis yg encer, menjual item crafting juga bisa mengeruk keuntungan banyak. Soalnya jika item crafting kalian cukup sulit, harganya pasti naik melambung tinggi. Gamer bisa rela merogoh kocek mereka, untuk memperoleh pe&g langka elemen air, yg sudah kalian crafting dengan susah payah. Setelah crafting selesai, kemudian buka toko di kota, lalu tunggu calon pembeli melakukan transaksi.

    [​IMG]

    Gimana gamer, apakah crafting adalah kegiatan favorit kalian?




    sumber gambar: http://www.whatmmorpg.com/comics/73/
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page