MMO Fun - "Halo kk, boleh nanya ga?"

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jun 30, 2015.

Discuss MMO Fun - "Halo kk, boleh nanya ga?" in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,632
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Salah satu hal yg ngebuat game online itu asyik adalah kehadiran interaksi antar pemain. Misalnya saja, saat mengalami kesulitan / bingung, well, kalian bisa menanyakan permasalahan itu ke pemain lainnya. Katanya, malu bertanya sesat di jalan. Apalagi jika masih pemain newbie, alias baru, memang harus rajin-rajin cari info & tidak malu untuk bertanya.

    Ga ada yg salah sih sama bertanya. Tapi kadang kala yg salah adalah bagaimana cara penyampaiannya. Jika yg bertanya sudah ga enak begini, yg ada malah pemain lain jadi jengkel & malas menjawab. Lalu gimana biar pertanyaan yg ingin disampaikan itu, bisa dijawab dengan enak. Bukannya dengan kalimat ketus, / malah makian.

    Sampaikan dengan sopan
    Walaupun kalian tidak bertatap wajah langsung dengan pemain lain saat berinteraksi di dunia online, well, tapi ga ada salahnya untuk tetap bersikap baik & sopan. Termasuk juga saat ingin melayangkan pertanyaan. Ga harus super ribet sampai basa-basi sih, cukup pakai kalimat yg enak dibaca, & tidak membuat orang jadi panasan. Jika yg bertanya sudah menyampaikannya dengan baik, masa iya sih dijawab dengan buruk?

    Sekalipun pemain tersebut tidak tahu jawabannya, well, tidak usah marah / menjawab dengan respon tidak enak. Simpelnya ucapkan terima kasih, & coba bertanya kepada pemain lainnya. Tapi jika kalian sudah bertanya baik-baik, & malah dijawabnya Noob, cari aja sendiri sana.. (atau kalimat sejenis) sebaiknya ga usah ambil pusing. Tinggalin aja & tidak usah dipikirin.

    Sampaikan dengan jelas
    Ada kalanya pemain dewa sulit menjawab pertanyaan newbie, karena pertanyaannya itu tidak jelas. Bukan karena si gamer dewa itu pelit ilmu, / sombong. Yah, tapi karena penyampaian pertanyaannya yg malah menimbulkan pertanyaan baru, karena ga jelas banget. Jadi jangan heran pertanyaan itu ga dijawab sama sekali, & ujung-ujungnya dicuekin.


    Kenapa pertanyaanku belum dijawab, kak?

    Entah karena pertanyaannya tidak komplit, ambigu, / penggunaan kalimat yg membingungkan. Ini malah membuat pertanyaan kalian diabaikan. Gunakan kalimat yg jelas, & jangan sepotong-potong. Kalau bertanya soal lapor quest ke NPC, ya jangan ngawur & malah bertanya soal monster.Yang ga enaknya lagi, sudah pertanyaannya ga jelas, yg bertanya ngotot, & ujung-ujungnya malah dikatain Ih, mentang-mentang dewa, pelit banget..

    Singkat, & tidak ngawur ke mana-mana
    Saya memang suka ngobrol dengan stranger di game online, apalagi jika ada yg bertanya hal-hal terkait game tersebut. Entah itu di mana toko untuk beli equipment, hunting area yg enak, sampai tips untuk leveling. Tapi akan jadi sangat menjengkelkan, jika pertanyaan itu malah melebar ke mana-mana, bahkan meyentuh ranah yg tidak ada kaitannya sama sekali dengan pertanyaan awal. Misalnya aja, awal-awalnya bertanya soal quest. Ujung-ujungnya malah nanya Punya Facebook/Instagram ga, kk? Maaf, biasanya pertanyaan lanjutan begini tidak akan saya ladeni.

    Ada kalanya bukan soal pertanyaan lanjutan tersebut sih yg bermasalah. Tapi lebih kepada gimana durasi pertanyaannya tersebut. Jika sudah teralu lama, & teralu banyak pertanyaan, wah, maaf sekali. Bukannya tidak mau menjawab, tapi cukup sampaikan dengan singkat, tanpa harus ngebuang-buang waktu orang yg ditanyakan.

    Bertanya hal yg sudah jelas
    Mungkin tipe ini pernah beberapa kali kalian jumpai. Well, selalu saja ada gamer yg bertanya hal-hal sepele, yg sebetulnya sudah dicantumkan di dalam permainan. Jawaban dari pertanyaan tersebut, sebetulnya sudah tercantum di dalam permainan. Cuma tinggal dibaca sampai komplit, & taadaa, pertanyaan sudah terjawab.


    "Hah, dia nanya apa?"

    Entah itu karena malas membaca keterangan dalam game, sehingga malah bertanya. Sebetulnya sih ga ada yg salah, sobat gamer. Tapi, apa sulitnya sih untuk membaca sampai tuntas? Misalnya aja bertanya harus lapor ke NPC yg mana jika sudah selesai quest X. Padahal di log quest itu, tercantum jelas nama NPC yg dimaksud.

    Ada yg bilang, malu bertanya sesat di jalan, tapi kebanyakan bertanya malah malu-maluin. Ups. Sebetulnya sih gamer, ga ada yg salah kok dengan bertanya. Kadang kala kita pasti nemuin kesulitan saat bermain, & tidak salah jika mencoba bertanya kepada pemain lain. Tapi tetap harus diungkapkan dengan baik, sehingga maksud pertanyaan kita tersampaikan dengan jelas.

    Well, jika pertanyaannya sudah terjawab, selalu ingat golden rule yakni ucapkan terima kasih. Ga sulit kok.

    Happy gaming!

    Sumber

    cheat game online terbaru, cheat game online MMO Fun - "Halo kk, boleh nanya ga?", apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page