MMORPG Fun - Belajar dari Adventure Time

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Apr 9, 2015.

Discuss MMORPG Fun - Belajar dari Adventure Time in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,719
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Adventure Time merupakan serial kartun dari Cartoon Network. Menceritakan petualangan absurd dari Fin The Human, & Jake The Dog, di dalam dunia ala post-apocalyptic bernama Land of Ooo. Walaupun terlihat ga jelas, serial ini sebetulnya menyimpan banyak pesan positif bagi penontnnya.

    Nah, apa kaitan Adventure Time dengan game online? Well, terselip di dalam salah satu episode Adventure Time, sebuah pesan baik bagi gamer online, untuk menghindari kecanduan yg pada akhirnya hanya merugikan diri sendiri. Episode bernama Dungeon Train ini memiliki 4 pesan yg dapat dipetik oleh kalian. Yuk simak penjelasannya di bawah ini

    Jangan jadikan MMO sebagai pelarian dari masalah

    Dalam episode ini, Finn diceritakan tengah menghadapi permasalahan tipikal remaja pria. Well, karena kesalahannya sendiri, Finn harus berpisah dengan kekasihnya yakni Flame Princess. Sebagai ABG yg baru masuk masa puber, hal ini membuat sang jagoan Ooo sekalipun bisa begitu terpukul. Untungnya, sahabat sekaligus kakak tirinya, Jake The Dog, tak sengaja membawa Finn ke dalam gerbong kereta yg terus berputar tanpa henti bernama Dungeon Train. Di dalamnya Finn & Jake disambut oleh ratusan monster, plus berbagai harta karun setelah mereka berhasil mengalahkan monster-monster tersebut. Konsep Dungeon Train sendiri mirip dengan berbagai RPG & MMORPG modern. Sayangnya Finn malah jadi teralu terhisap dalam kegiatan hunting & looting monster di sana, karena dia merasa hanya hal inilah yg dapat menyembuhkan luka hatinya akibat diputuskan oleh Flame Princess.


    Awalnya tak ada yg salah saat bermain Dungeon Train... sampai Finn menjadikannya pelarian atas masalahnya

    Well, pernahkah kalian berada dalam masalah, kemudian menjadikan game online sebatas pelarian, & gerbang kebebasan yg semu? Sayangnya kebebasan itu tidaklah bertahan selamanya, & ga bakal menyelesaikan masalah apapun yg kalian hadapi. Well, itulah yg dilakukan Finn; lari dari masalahnya, & menenggelamkan dirinya ke dalam obsesi baru yg tak sehat. Walaupun dia mendapatkan banyak loot item bagus di Dungeon Train, itu ga menyelesaikan masalahnya dengan Flame Princess. Sobat gamer, jika kalian pernah menghadapi masalah, apapun itu, jangan jadikan game online sebagai pelarian sementara. Hadapilah masalah kalian terlebih dahulu, kemudian selesaikanlah secara bertahap.

    Tidak bermain kelewat batas

    Having fun dalam MMO sah-sah aja kok. Bisa menghilangkan stress akibat ulangan numpuk, tugas dari dosen, ataupun deadline kerjaan dari boss/klien. Sekedar ngerefresh pikiran yg suntuk, dengan sesi gaming seru adalah hal yg fine. Begitu juga dengan Finn yg bermain dalam Dungeon Train, guna bersenang-senang sejenak, & membebaskan pikirannya dari pikiran buruk akibat pristiwa putusnya dia dengan Flame Princess.


    Bermain game boleh-boleh saja, tapi ingat batas

    Awalnya tidak ada yg salah saat Finn memutuskan untuk hepi-hepi. Tapi yg menjadi masalah baru adalah saat kegiatan yg awalnya tak berbahaya ini, malah jadi kelewat batas. Finn sampai hampir melupakan makan, karena teralu tenggelam dalam aksinya menebas monster-monster di setiap gerbong Dungeon Train. Ingat, bermain game online sampai belasan jam, sampai lupa makan, lupa istirahat, bahkan lupa tidur, tidak akan berakhir dengan baik. Bisa-bisa kesehatan kalian yg terganggu, & ujung-ujungnya malah merugikan diri sendiri. Jangan pernah memaksakan diri, hanya karena game online.

    Fun yg bertanggung jawab

    Finn yg teralu tenggelam dalam Dungeon Train melupakan tugas utamanya sebagai pahlawan Ooo. Well, dalam dunia Adventure Time, Finn dengan sangat bangga menyebut dirinya pahlawan Ooo yg pemberani. Dia berkali-kali menghadapi penjahat seperti Ice King yg kambuhan menculik putri-putri di seantero Ooo, / menyelamatkan warga Candy Kingdom dari berbagai bahaya. Tetapi kesibukan barunya di Dungeon Train inilah yg menjadi batu sandungan tugas kepahlawanan Finn. Dia bahkan tidak begitu menggubris nasihat Jake, saat mengajaknya berhenti bermain di Dungeon Train, & kembali pulang ke rumah mereka.


    Jake mulai mempertanyakan obsesi Finn atas Dungeon Train, yg menjurus ke hal yg tak sehat

    Nah sobat gamer, bersenang-senang itu memang wajar kok, & tidak dilarang sama sekali. Asalkan kalian selalu ingat tugas utama kalian. Entah sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan, ataupun freelancer. Prioritaskan apa yg menjadi hal utama dalam hidup kalian, & jangan sampai game online membuat semua tugas & pekerjaan kalian berantakan, karena selalu ngegerinding sampai lupa waktu misalnya. Well gamer, selesaikanlah semua pekerjaan kalian terlebih dahulu, & silahkan ngegame sampai puas setelahnya. (asal jangan lupa batas ya)

    Sayangi diri sendiri, & orang lain di sekitarmu

    Nah ini nih poin yg paling kuat dalam episode Dungeon Train, & termasuk cukup emosional banged. Pada suatu titik, akhirnya Finn menjadi kelewat terobsesi dengan Dungeon Train, & memutuskan untuk tidak pergi dari sana. Jika terus begini, Finn selamanya bisa terjebak di dalamnya, & tetap berkeliling-keliling terus tanpa tujuan yg jelas hingga akhir hidupnya. Yang lebih menyakitkan adalah saat Jake akhirnya tetap menemani Finn, karena dia tak ingin adik tirinya itu sendirian di sana. Rasa sayang Jake yg membuatnya rela berkorban demi keegoisan Finn itu sendiri. Cukup menyedihkan sebetulnya.


    Titik balik Finn, yg menyadari kekhilafannya, saat melihat Jake tetap menemaninya di Dungeon Train sampai mereka tua

    Well gamer, mungkin banyak yg mengira bahwa kecanduan game online hanya merusak si gamer itu sendiri. Hal itu benar. Namun kenyataannya tidak hanya si gamer saja yg dirugikan, begitu juga dengan orang-orang lain disekitarnya yg mencintai & menyayangi dirinya. Entah itu orang tua, saudara, pacar, hingga pasangan. Well, orang-orang terdekat itu jelas tak akan bahagia, melihat si gamer tenggelam dalam candu yg ga sehat. Jika kalian merasa kegiatan gaming online kalian terlampau intens, sampai agak merenggangkan hubungan dengan orang di sekitar.. well, mungkin itulah saatnya untuk kembali merangkul mereka, orang-orang terkasih itu. Tetaplah ingat mereka sebagai bagian dari hidup kalian.

    A really good ending

    Dungeon Train memiliki ending yg bahagia lho. Setelah semua perjuangan penuh emosi tersebut, Finn akhirnya mencapai titik baliknya. Dia menyadari dirinya sudah teralu terjerumus, saat dia tak sengaja melukai Jake. Finn akhirnya tersadar, & meminta maaf kepada Jake. Dia berjanji tak akan bermain teralu berlebihan, & akan kembali ke kehidupannya yg semula. Namun, dia tetap akan kembali ke Dungeon Train.. mungkin sesekali. Jake memegang janji Finn, & memberikannya restu.

    Intinya, apapun yg kelewat batas bisa sangat berbahaya, termasuk saat kalian sudah tenggelam dalam game. Di saat inilah, kontrol diri amat diperlukan. Jangan jadikan game sebagai pelarian, bermain dalam batas yg wajar, bermain secara bertanggung jawab, & sayangi diri sendiri serta orang lain di sekitarmu. Tak ada yg salah dengan ngegaming kok, asal lakukan dalam batas kewajaran. Seperti ending episode Dungeon Train, tetaplah ngegaming, namun ingatlah hal-hal penting lainnya. Kegiatan gaming tetap oke, urusan real life lainnya juga oke.

    Oh ya, yg ga kalah penting adalah selalu memegang janji kalian. Seperti Finn yg menepati janjinya kepada Jake, untuk tidak bermain teralu berlebihan.


    Finn meminta maaf, & berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yg sama. Jake menerima janjinya, & sekaligus memaafkannya

    Happy gaming!

    Sumber

    cheat game online terbaru, cheat game online MMORPG Fun - Belajar dari Adventure Time, apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page