Mod Berbayar di Steam Menuai Banyak Masalah

Discussion in 'Submitted Articles, Guides & Reviews' started by Lebowski, Apr 27, 2015.

Discuss Mod Berbayar di Steam Menuai Banyak Masalah in the Submitted Articles, Guides & Reviews area at Nyit-Nyit.Net

  1. Lebowski 2 SD Journalist

    Messages:
    342
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    44
    Game:
    Tidak Ada
    Region:
    Banyumas
    [​IMG]
    Perencanaan Valve mengenai kebijakan game mod dianggap kurang matang.

    Terobosan Valve mencetuskan menjual game mod di Steam kini menuai berbagai masalah. Paling baru, adalah protes dari pengguna Steam. Sejak semula, mereka memandang bisnis ini akan mengurangi kreatifitas para Modder. Pasalnya pembagian keuntungan 75:25 persen antara Modder dan Valve, membuat para Modder hanya mengekploitasi game. Para Modder dianggap hanya mencari keuntungan, tanpa menghadirkan sesuatu yang baru.

    Dilansir dari PC Game[/}, seorang Modder menjual mod-nya seharga US$ 35, yang hanya berfungsi menambah jumlah apel saja dalam game The Elder Scrolls V: Skyrim. Tak hanya sampai disitu, masalah hak cipta juga menghadang Valve.


    Masalah ini timbul ketika sebuah mod yang diunggah ke Steam digunakan di mod lain, tanpa sepengetahuan dan seijin pembuat mod. Mod tersebut merupakan garapan Chesko dan aqqh, berupa animasi memancing di game The Elder Scrolls V: Skyrim. Sayangnya, mod buatan mereka menggunakan mod yang dibuat Fore tanpa seijinnya.

    [​IMG]
    Persoalan hak cipta mengintai kebijakan anyar Valve ini, terlihat dari kisruh The Elder Scrolls V: Skyrim, yang dijadikan game mod pertama di Steam.

    Segera, Chesko dan aqqh menghapus mod kontroversial tersebut. Dilansir dari Ubergizmo, mereka melakukan pembelaan dengan menyatakan jika hal tersebut diperbolehkan oleh Valve.

    “Saya telah bertanya kepada Valve, apakah memperbolehkan menjual mod yang mengandung mod lain atau tidak? Mereka memperbolehkannya asalkan gratis,“ begitu yang mereka tulis.

    Menanggapi hal tersebut, Valve langsung memberikan pengumuman di situs Steam Workshop. Pihaknya menghimbau agar siapapun yang melihat mod yang mengandung konten mod lain, untuk segera melapor. Valve akan menindaklanjuti dengan menghapusnya. Valve juga menyatakan mengizinkan para Modder menggunakan konten mod lain, asalkan telah mengantongi ijin pembuatnya.

    Sumber Artikel http://teknologi.metrotvnews.com/re...d-berbayar-di-steam-menemui-masalah-hak-cipta

    Courtesy Images diambil dari http://www.kotakgame.com/berita/det...-Valve-Menuai-Protes-dari-Para-Pengguna-Steam
     
    Last edited by a moderator: Apr 28, 2015

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page