Nasihat Startup dari Ben Horowitz

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 23, 2015.

Discuss Nasihat Startup dari Ben Horowitz in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,755
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Ben Horowitz merupakan seorang venture capitalist terkenal di Silicon Valley, Amerika Serikat. Ia merupakan pendiri dari LounCloud & Opsware, perusahaan penyedia layanan komputasi awan pertama di dunia pada tahun 1999. Sekarang ia merupakan venture capitalist di Andreessen Horowitz.

    Disamping itu Ben juga sering menjadi pembicara pada acara-acara yg berkaitan dengan startup & entrepreneur. Terkadang pernyataan yg dilontarkan Ben tidak biasa, terdengar kontroversial, tapi sangat masuk akal & menjadi populer di dunia startup. Sebagai contoh berikut adalah salah satu pernyataan Ben saat menjadi pembicara di Universitas Columbia.

    Jangan ikuti passion kamu. Apa yg kamu ambil dari dunia, kurang penting dibandingkan apa yg bisa kamu berikan ke dunia. Jadi ikutilah berkontribusi. Cari apa keahlian kamu, lalu kontribusikan untuk membuat dunia yg lebih baik.

    Beberapa waktu lalu, Ben melakukan sesi tanya jawab langsung di Product Hunt, situs yg memungkinkan orang-orang mencari produk-produk baru. Beberapa pertanyaan & jawaban pada sesi tersebut merupakan nasihat yg bermanfaat bagi startup.

    Berikut adalah lima nasihat dari Ben:

    Q: Nasihat apa yg akan kamu berikan kepada startup yg membuat para investor berpikir bahwa nasihat itu merupakan ide yg gila?

    [​IMG]

    Pernyataan di atas bukan berarti kamu harus menutup telinga menerima masukan dari pengguna, tapi yg lebih penting adalah memutuskan apa yg tepat untuk produk kamu.

    Q: Apa kemampuan, teknis, / pola pikir yg harus dimiliki oleh entrepreneur baru yg dapat mempengaruhi kesuksesan mereka?

    [​IMG]

    Hal terpenting adalah fokus terhadap product-market-fit. Cari produk yg bisa diadaptasi dengan cepat, / sesuatu yg bisa dijual berulang-ulang dengan cepat. Hal lain, seperti budaya & manajemen, merupakan hal penting kedua.

    Q: Apa cara terbaik bagi pebisnis pemula untuk bisa dekat dengan VC?

    [​IMG]

    Mendirikan perusahaan / bergabung ke sebuah startup & belajar bagaimana rasanya mendirikan sebuah perusahaan. Hampir tidak ada jalan lain lagi untuk belajar.

    Q: Apakah seorang entrepreneur dilahirkan / dibuat?

    [​IMG]

    Untuk bisa menjadi seorang entrepreneur, kamu harus siap menjadi orang yg sangat rentan & berpikir sepenuhnya untuk diri kamu sendiri.

    Q: Banyak orang yg mengatakan bahwa era bubblenilai valuasi sebuah startup yg sangat tinggi, walau belum memiliki keuntunganperusahaan teknologi akan terjadi lagi, khususnya di Silicon Valley. Jadi apa pendapat kamu tentang fenomena tersebut? Apakah akan terulang lagi seperti apa yg terjadi pada tahun 2001?

    [​IMG]

    Nilai valuasi semakin meningkat di beberapa sektor perusahaan teknologi di pasar private, tapi mereka telah melakukan perbaikan nilai valuasi dengan cepat. Sebagai contoh, perusahaan perangkat lunak awalnya mendapat nilai valuasi yg terlalu tinggi.

    Kemudian setelah beberapa dari mereka exit dengan nilai jual yg lebih rendah dari putaran investasi terakhir mereka, pasar private kemudian melakukan koreksi.

    Intinya adalah kecenderungan era bubble itu akan terjadi akan semakin kecil. Karena ekosistem sudah semakin paham akan nilai valuasi dari sebuah startup teknologi. Jadi bubble bukan menjadi isu lagi untuk startup.

    Baca juga: 10 Aturan Sukses dari Steve Jobs(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page