OJK Ingatkan Masyarakat Bahaya Phising

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Mar 13, 2015.

Discuss OJK Ingatkan Masyarakat Bahaya Phising in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,148
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. OJK Ingatkan Masyarakat Bahaya Phising

    Bahaya ancaman phising tidak hanya berlaku di luar negeri saja. Ancaman ini ternyata menimbulkan banyak masalah pula di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan sebuah pernyataan resmi tentang bahaya phising yg mungkin mengancam masyarakat Indonesia. Dalam situsnya OJK mengatakan bahwa masyarakat perlu berhati-hati menggunakan fasilitas internet banking, mengingat mulai munculnya modus kejahatan phishing or bentuk penipuan yg dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi penting seperti kata sandi, dengan menyamar sebagai orang or bisnis terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik (email) or pesan singkat (SMS).

    Anggota Dewan Komisioner OJK bi&g Edukasi & Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono dalam pernyataan resmi di situs OJK mengharapkan masyarakat mematuhi informasi pengamanan yg telah diberikan oleh masing-masing bank, saat menggunakan fasilitas internet banking. Masyarakat hendaknya tidak bertransaksi menggunakan komputer yg digunakan di tempat umum. Komputer yg digunakan untuk bertranskasi perlu di-upgrade dengan antivirus secara berkala, mengganti PIN or password, serta tidak mudah memberikan data pribadi & nama ibu kandung, kata Kusumaningtuti.

    Berdasarkan informasi yg dipaparkan oleh OJK dalam siaran persnya mengatakan bahwa beberapa bank sudah berhasil memblokir karena kerjasama antarbank yg segera melakukan pemblokiran baik pada rekening pengirim, maupun rekening penerima. “OJK meminta setiap bank segera merespons identifikasi satu bank lainnya jika patut diduga a&ya kejahatan internet banking. Hal ini penting agar bank masih bisa menyelamatkan &a nasabah & bank tidak menjadi korban karena kejahatan ini,” ujar Kusumaningtuti.

    Tidak hanya itu saja, OJK pun mengaku bahwa lembaga tersebut sudah seringkali menerima keluhan dari masyarakat bahwa banyak sekali tawaran investasi bodong yg mana perusahaan investasi tersebut tidak mempunyai izin dari OJK. Penawaran gencar menggirimkan SMS blast, email, & website untuk suatu penawaran yg sebenarnya sudah dinyatakan sebagai kejahatan ponzi scheme.

    Otoritas Jasa Keuangan pun memberikan beberapa rekomendasi pada nasabah terkait penawaran investasi yg tidak jelas. OJK meminta masyarakat senantiasa waspada, berhati-hati & bersikap rasional dalam menyikapi penawaran seperti itu. Penawaran tersebut memang belum dapat dipastikan sebagai perbuatan melawan hukum, namun masyarakat perlu memperhatikan a&ya potensi kerugian di kemudian hari di balik janji keuntungan yg ditawarkan. Karakteristik penawaran tersebut antara lain ditandai dengan ciri-ciri:
    Menjanjikan imbal hasil yg tidak wajar & kebebasan finansial;
    Merupakan gerakan bersifat global & melibatkan jutaan partisipan di seluruh dunia;
    Bersifat berantai, member get member, namun tidak terdapat barang yg menjadi obyek investasi;
    Sistem tidak transparan & tidak ada pihak yg memastikan transparansinya;
    Memberi kesan seolah-olah aman & bebas risiko;
    Tidak memiliki izin usaha & tidak ada otoritas yg mengatur & mengawasi.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenOJK Ingatkan Masyarakat Bahaya Phising diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page