Opera Max Aplikasi Penghemat Data dan Daya Smartphone

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 2, 2015.

Discuss Opera Max Aplikasi Penghemat Data dan Daya Smartphone in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,761
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Selain menggencarkan produk browser, Opera juga memperluas portofolionya dengan menghadirkan aplikasi smartphone. Opera Max, resmi meluncur Selasa (1/12), diklaim dapat mengompresi pemakaian data hingga 50 persen sekaligus menghemat daya baterai smartphone.

    Saat acara peluncuran yg diadakan di Jakarta, Ivollex Hodiny, Growth Director untuk Asia Opera Software, mengatakan bahwa infrastruktur di Indonesia menyebabkan koneksi data mobile yg kurang stabil. Sehingga kompresi data dibutuhkan untuk memaksimalkan koneksinya.

    [​IMG]

    Cara pakai aplikasi Android ini cukup mudah, bahkan Opera Maxbekerja secara otomatis. Kita dapat melihat seberapa besar data yg dihemat, baik itu saat terkoneksi dengan paket data / Wi-Fi, serta aplikasi apa saja yg kompatibel dengan Opera Max. Pada tampilan menu bar smartphone akan terlihat ikon “kunci” yg menandakan kompresi data sedang berlangsung.

    Sayangnya, Opera Max belum dapat digunakan untuk menghemat data saat bermain game. Arjun Bhatt, Director of Partner Marketing Opera Software, mengatakan bahwa kompresi pada game belum dapat dilakukan. Alasannya, karena adanya enkripsi data pada game.

    Karena lalu lintas data & perilaku online pengguna terekam oleh aplikasi ini, muncul kekhawatiran mengenai privasi yg mungkin saja bisa dicuri. Disinggung hal tersebut, Ivollex meyakinkan kalau perihal keamanan data telah disebutkan pada Terms & Conditions.
    Perilaku penggunaan data masyarakat Indonesia
    Pada kesempatan yg sama, Ivollex juga memaparkan perilaku penggunaan data di dalam negeri. Berdasarkan data dari MillwardBrown, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu selama 54 menit setiap harinya. Lalu, sebanyak 52 persen konten video yg dikonsumsi diakses melalui paket data.

    Ivollex juga mengungkapkan bahwa nantinya tren ini akan makin meningkat. Sebab, menurut data dari Redwing yg dirilis September 2015, diperkirakan tren konsumsi data terbesar di Indonesia pada2018 akan berasal dari konten video.

    Data dari server Opera Max juga mencatat, selain konten video, dengan total 31 persen, konten yg juga paling sering diakses pengguna di Indonesia adalah media sosial & mobile browser, dengan angka masing-masing yg imbang di 28 persen.
    Indonesia sudahjadi salah satu negara dengan pengguna terbesar
    [​IMG]

    Pihak Opera menyebutkan, walau baru diperkenalkan secara resmi, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan pengguna Opera Max terbesar. Rupanya, berdasarkan data dari AppAnnie, Opera Max telah tersedia sejak Februari 2015 & telah diunduh sebanyak 5 juta kali.

    Negara lain yg pengguna smartphone-nya banyak menggunakan aplikasi ini antara lain India, Brasil, Rusia, Bangladesh, & Nigeria. Namun, Ivollex enggan menyebut total pengguna Opera Max di seluruh dunia.

    Menjadi aplikasi non-browser pertama dari Opera, strategi yg diterapkan pada Opera Max berbeda dengan produk Opera lainnya. Salah satu strategi yg diterapkan adalah bekerja sama dengan beberapa vendor besar, sehingga Opera Max menjadi aplikasi bawaan smartphonekeluaranpara vendor itu.

    Ke depannya, Opera ingin semakin memperluasportofolio produknya, denganfokus pada pasar smartphone. Namun Ivollex belum mau menyebutkan kepastian rencana langkah Opera untuk tahun 2016.

    Baca juga: Lirik Potensi Developer Lokal, Opera Gandeng Telkomsel, Indosat, & XL Luncurkan Subscription Mobile StoreSaat ini memang belum ada aplikasi dengan fungsi kompresi datayang bisa diandalkan. Kebanyakan aplikasi untuk meningkatkan kinerjasmartphone yg tersedia biasanya hanya sebatas membersihkan cache, seperti CleanMaster & MobileSecurity dari Avast!.

    Coba aplikasi Opera Max melalui:
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Opera Max - Data savings Opera - Nov 20, 2015 Genre: Tools Size: 6.8M Installs: 1,000,000 - 5,000,000 Gratis Download [​IMG]
    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page