Pakistan Mulai Kembangkan Keamanan Siber

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Feb 20, 2015.

Discuss Pakistan Mulai Kembangkan Keamanan Siber in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Pakistan Mulai Kembangkan Keamanan Siber

    Kabar terbaru dari Pakistan muncul tatkala negara tersebut secara terbuka menyatakan akan mengembangkan keamanan siber mereka. Senator untuk bagian pertahanan yg bernama Mushahid Hussain mengatakan bahwa saat ini adalah waktu yg tepat bagi Pakistan untuk membangun keamanan sibernya. Ancaman & risiko siber saat ini dinilai Mushahid sudah semakin kompleks & pemerintah Pakistan pun sebaiknya sudah mulai bergerak ke arah tersebut. Mushahid memaparkan gagasan tersebut pada peluncuran buku berjudul Cyber Security karya Dr. Tughral Yamin di National University of Science and Technology (NUST), Pakistan.

    Sembari mengapresiasi karya Dr. Tughral tersebut, Mushahid memaparkan beberapa idenya tentang pembangunan keamanan siber di Pakistan. Dia menjelaskan bahwa Senator di Pakistan sendiri sudah menyadari pentingnya keamanan siber ini sejak tahun 2012 yg lalu. Ia pun mengatakan bahwa saat ini Pakistan harus mengembangkan kepedulian keamanan informasi, membentuk satuan tugas anti kejahatan siber, membangun CERT, kerja sama antar negara dalam bi&g keamanan siber, menyebarkan siaran pers pada media tentang pembangunan security awareness di Pakistan & menyusun un&g-un&g keamanan siber di Pakistan. Mushahid memaparkan bahwa gagasan tersebut masih harus didiskusikan dengan pemerintahnya.

    Di antara semua gagasan tersebut, Mushahid menekankan pemerintah Pakistan untuk segara menyusun legislasi un&g-un&g keamanan siber, pembangunan CERT & aturan main antar negara khususnya India dalam menjaga hubungan bilateral yg baik. Hingga kini, Pakistan & India masih sering bersaing baik dari segi ekonomi maupun militer. Dalam isun keamanan siber ini, Mushahid sangat menekankan kerja sama bilateral dalam keamanan siber khususnya India. Ia tidak ingin isu-isu peretasan di antara keduanya mengarah menjadi perang siber. Melalui kerja sama tersebut, Mushahid mengharapkan dapat tercapai kata sepakat dalam menjaga lingkungan siber yg baik antara Pakistan & India.

    Mushahid sendiri mengakui bahwa kepedulian keamanan siber di Pakistan masih sangat rendah. Terlebih lagi ia sangat khawatir jika melihat dokumen Snowden bahwa NSA melalukakan berbagai macam aktivitas mata-mata ke sejumlah negara seperti Pakistan, Rusia & Iran. Ia pun bangga NUST dapat menjadi pionir di Pakistan untuk membangun keamanan sibernya. Terlebih, Mushahid berharap NUST dapat menjadi tulang punggung untuk menjaga keamanan siber Pakistan.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenPakistan Mulai Kembangkan Keamanan Siber diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page