Peña de Bernal: Batu tertingi di dunia !

Discussion in 'Entigapedia' started by McozFuerte, Jun 8, 2013.

Discuss Peña de Bernal: Batu tertingi di dunia ! in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. McozFuerte 1 SMP Level 2

    Messages:
    1,363
    Likes Received:
    385
    Trophy Points:
    108
    Game:
    Tidak Ada
    Region:
    Unknown
    [​IMG]

    Sekitar 8.7 juta tahun yg lalu di daerah Mexico tengah-utara sekarang, sepasang lempeng tektonik bertubrukan. Salah satunya tertindih yg lainnya dan masuk dalam lapisan kulit bumi. Hasil dari aktivitas vulkanik membentuk sebuah batu dacite yg mana setelah terjadi pengerasan akhirnya menekan dirinya sendiri menembus lapisan padat bebatuan keluar dari kulit bumi. Aktifitas daerah pergeseran ini membentuk Peña de Bernal yg mana, kalau boleh dibilang, menandai berlalunya waktu dengan baik. Baru-baru ini ditasbihkan sebagai batuan tunggal terbesar di Bumi.


    [​IMG]

    Pengakuan ini memerlukan waktu hampir seabad, yg diperjuangkan oleh pemerintah negara bagian Querétaro. Selama beberapa tahun para ilmuwan meyakini bahwa the Rock of Gibraltar dan batu Afrika Selatan di pegunungan Sugarloaf lebih besar dari batuan tunggal Mexico ini. Akhirnya, the journal Geosphere mengakhiri perdebatan ini dan mengumumkan bahwa Peña de Bernal adalah benar-benar batu tegak tunggal terbesar di dunia.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Yang mengejutkan adalah, betapa lamanya para ahli mengukur ketinggian batu ini. Walaupun pada akhirnya sebuah tim dari National Autonomous University of Mexico merampungkan penghitungan tinggi dari gunung ini untuk terakhir dan selamanya. Dengan tinggi 1.421 kaki ( 433 meter ) dan tentu saja lebih tinggi dari batu di Gibraltar yg bertinggi 1.398 kaki (426m) dan Sugarloaf yg menyusul di tempat ketiga dengan tinggi 1.299 kaki (396m).


    [​IMG]


    [​IMG]

    Jadi , sekarang dunia sudah tahu punya batu tertinggi - sekaligus termuda. Sebelumnya diperkirakan umur batu ini adalah 34 juta tahun, tapi sekarang dipercaya hanyalah 9 juta tahun. Dari situ pasti timbul pertanyaan, bagaimana bisa batuan semuda itu bisa bertahan begitu lama tanpa runtuh. Rahasia dari umur panjang tapi awet itu adalah komposisi silika sekitar 70% lah yang membikin batu ini tahan erosi.


    [​IMG]


    Seperti di belahan dunia lain, legenda juga menyelimuti Peña de Bernal. Banyak orang percaya bahwa di pusat batu ini ada gua amethyst yg berkhasiat menyembuhkan penyakit. Ada juga yang percaya bahwa ada raksasa tidur di pusatnya dan siapapun yang berhasil masuk ke dalamnya akan memasuki sebuah gua , dimana rahasia kehidupan dan alam semesta akan terbuka di depan mereka. Bila kedengarannya seperti film Indiana Jones , maka wajar aja bila ada laporan2 tentang penampakan UFO juga.


    [​IMG]


    Sekarang, minimal misteri geologi telah terpecahkan, lebih baik kita alihkan perhatian ke kota kecil bernama Bernal yang terletak tepat di bayangan batu monumen ini. Penduduknya katanya orang2 yg berumur paling panjang di Mexico, dan banyak dari mereka masih hidup sehat di usia sembilanpuluhan. Mereka meyakini bahwa kekuatan batuan itulah yang bikin mereka berumur panjang.


    [​IMG]

    Kebanyakan penduduk Mexico percaya dengan hal itu dan kota ini ramai sekali tiap akhir minggu oleh pelancong, dengan tujuan memperpanjang umur mereka di dunia ini melalui energi penyembuh dari Peña de Bernal. Meskipun anda ragu akan kekuatan penyembuh batuan itu, Bernal juga dikenal sebagai kota ajaib di Mexico (walaupun diyakini bahwa rekayasa sosial dan budaya lebih dominan daripada kekuatan ghaib ).


    [​IMG]

    Bukti tentang keberadaan ular-ular dari kayangan dan kristal-kristal ajaib tidak ada. Walaupun demikian Peña de Bernal tetaplah batu cantik tegak, terbesar di planet ini – tidak peduli apakah anda percaya perghaiban atau tidak.


    [​IMG]

     
    1 person likes this.

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini
  2. ArulJabbar Pra TK Level 1

    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    33
    wahh Indahnyaa :surprise: >_<
     

Share This Page