Pemerintah Akan Terapkan Aturan Keamanan E-Commerce

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, May 28, 2015.

Discuss Pemerintah Akan Terapkan Aturan Keamanan E-Commerce in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Pemerintah Akan Terapkan Aturan Keamanan E-Commerce

    Tak lama lagi, pemerintah Indonesia dalam beberapa waktu ke depan akan menerapkan standar keamanan untuk transaksi e-commerce. Hal itu disampaikan Menkominfo Rudiantara dalam sesi konferensi pers terkait acara Cyber Security Symposium yg akan diadakan pada tanggal 3-4 Juni mendatang. Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa transaksi e-commerce pada tahun ini mencapai 18 miliar dolar AS.

    Transaksi yg mencengangkan tersebut menurut Rudiantara diiringi pula oleh kejahatan siber yg semakin meningkat pula. Kementerian Komunikasi & Informatika se&g mematangkan sebuah draft dengan Kementerian Perdagangan terkait e-commerce tersebut, jelas Rudiantara.

    Dalam pointers-nya, Rudiantara menegaskan bahwa pada tahun 2016 ini ritel Internet Indonesia akan mengalami momen big bang. Setidaknya industri ini akan bernilai 10 miliar dolar AS yg sebelumnya hanya 3 miliar dolar AS di tahun 2014, kata Rudiantara dalam pointers-nya. Selain itu, jumlah pembeli daring di Indonesia akan tumbuh dari 5,9 juta di tahun 2014 menjadi 8,7 juta pengguna di tahun 2016.

    Rudiantara pun menuturkan bahwa perbankan pun akan saling berkompetisi untuk mewujudkan suatu sistem pembayaran digital sendiri untuk memudahkan transaksi daring tersebut. E-money & perangkat tukar digital lainnya akan berkembang pada skala yg sebagaimana belum pernah dijumpai sebelumnya, imbuh Rudiantara.

    Ia pun kemudian melanjutkan bahwa perkembangan ini justru akan mengiringi pertumbuhan & berkembangnya modus kejahatan baru. Konsekuensinya mengancam roda perekonomian Indonesia, tegas Rudiantara. Menurutnya, peretasan terhadap data nasabah perbankan beberapa kali sering terjadi & ini merisaukan para pengguna layanan perbankan di Indonesia.

    Situs Internet milik pemerintah sempat diretas & jika serangan melanda situs yg menyediakan layanan publik vital, bukan tidak mungkin serangan siber itu akan merugikan khalayak luas, kata Rudiantara. Di sisi lain, produk hukum yg tersedia saat ini bersifat reaktif sehingga sulit untuk mencegah ancaman yg rentan muncul.

    Total pendapatan e-commerce di tahun lalu berjumlah 150 triliun rupiah. Sebuah angka yg fantastis di mana perkembangan teknologi seperti telepon pintar & tablet ikut mendorong pertumbuhan tersebut.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenPemerintah Akan Terapkan Aturan Keamanan E-Commerce diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page