Pengamanan Sistem Dari Insider Attack

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Aug 29, 2014.

Discuss Pengamanan Sistem Dari Insider Attack in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,495
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya.

    Serangan dari pihak internal or yg biasa disebut insider attack merupakan bahaya laten yg kerap diabaikan oleh suatu lembaga or perusahaan. Insider attack dapat bersifat sistemastis, masif & tersruktur, karena sebagai pihak yg telah mengetahui cara kerja sistem & password, penyerang dapat menyerang dengan sangat leluasa.

    Menurut Ketua Digital Forensic Analyst Team Puslabfor Mabes Polri, AKBP Muhammad Nuh Al-Azhar, serangan yg hadir dari insider attack sesungguhnya dapat berefek yg lebih parah dibanding serangan melalui outsider attack.

    Serangan yg dilakukan oleh orang dalam (insider attack) lebih berbahaya dibanding serangan yg dilakukan oleh hacker (outsider attack), ungkap Muhammad Nuh.

    Hal senada juga diungkapkan oleh Chief Technology Officer PT Global Innovation Technology, Haley Swarnapati, yg mengungkapkan bahwa 80% pembobolan sistem dilakukan oleh orang dalam. Hal ini diungkapkan oleh Haley saat acara Avnet-IBM Innovation Solution Day, acara ini terselenggara atas kerjasama PT Global Innovation, Avnet & perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, IBM.

    Haley mencontohkan kebocoran yg dialami oleh Angkatan Darat Amerika dilakukan oleh mantan staf lembaga tersebut. Kebocoran yg terjadi kerap kali dikarenakan usaha coba-coba yg dilakukan dengan memasukan password ke dalam sistem bekas tempatnya bekerja.

    Untuk langkah pengamanan dari serangan dengan skema tersebut Haley menyebutkan ada tiga solusi. Solusi pertama adalah dengan memberitahu pekerja password yg digunakan pada sistem yg dijalankan di perusahaan, solusi kedua adalah dengan memberikan akses pada pekerja hanya ketika diketahui oleh pihak lain. Solusi ketiga adalah dengan sama sekali tidak memberikan akses kepada pekerja.

    Ketiga solusi tersebut dimungkinkan dengan perangkat yg dirilis oleh IBM. Untuk solusi pertama IBM menyediakan perangkat IBM Security Identity Manage. Untuk solusi kedua IBM menyediakan perangkat IBM security Access Manage for ESSO & untuk solusi ketiga IBM menyediakan perangkat IBM Security Previleged Identity Manager.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page