Pentagon Nyatakan Siap Perang Siber

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Apr 24, 2015.

Discuss Pentagon Nyatakan Siap Perang Siber in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,471
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Pentagon Nyatakan Siap Perang Siber

    Perang siber or cyberwar adalah sesuatu yg tidak terelekkan lagi. Semua itu tidak terlepas dari semakin terkoneksinya semua aspek kehidupan manusia ke dunia Internet. Departemen Pertahanan AS alias Pentagon baru-baru ini menyatakan bahwa mereka siap untuk melakukan perang siber. Peperangan itu siap mereka jalankan untuk melindungi kepentingan negara AS di dunia maya.

    Untuk pertama kalinya, Pentagon secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka telah mengembangkan strategi khusus untuk melakukan penyusupan pada pusat komando musuh. Pada halaman 33 dari daftar strategi perang yg dipaparkan oleh Pentagon, mereka menyatakan bahwa militer AS mempunyai wewenang untuk melumpuhkan kapabilitas & kemampuan pusat komando serta persenjataan musuh.

    Strategi perang siber itu dipresentasikan pertama kali oleh Menhan AS Ash Carter di Silicon Valley. Presentasi itu disampaikan oleh Menhan Carter di tengah anak-anak muda yg menjadi otak berkembangnya perusahaan teknologi AS. Salah satu perusahaan teknologi yg menjadi tamu di acara tersebut adalah Facebook yg diwakili oleh COO mereka, Sheryl Sandberg.

    Dalam kesempatan itu, Menhan Carter membuka niatan baik Pentagon untuk melakukan transparansi dalam kebijakan strategi perang siber mereka. Menhan Carter menyatakan bahwa Pentagon ingin menunjukkan bahwa strategi perang siber itu memang bertujuan menjaga keamanan nasional. Selain itu, Menhan Carter mengajak serta para awak Silicon Valley untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

    Seperti biasa, Silicon Valley menunjukkan sikap dingin mereka. Menhan Carter pun dalam konferensi persnya mengatakan, Pentagon sudah merasa akan menerima sambutan dingin seperti ini.

    Komunitas Silicon Valley masih mempertanyakan sikap pemerintah AS tentang kasus kebocoran data Edward Snowden. Mereka mengatakan bahwa mayoritas perusahaan teknologi masih takut untuk bekerja sama dengan pemerintah AS pasca terbongkarnya fakta tentang mata-mata NSA.

    Perusahaan teknologi masih khawatir pemerintah AS akan tetap melakukan mata-mata. Hal ini tidak terlepas dari tuntutan pangsa pasar mereka di luar wilayah AS yg menginginkan a&ya perlindungan privasi. Menhan Carter secara diplomatis mengatakan, Persoalan seperti ini bisa diselesaikan dengan dialog. Tapi kita harus ingat, keamanan siber adalah tanggung jawab bersama.

    Sikap terbuka yg ditunjukkan oleh Pentagon itu tidak dapat dilepaskan dari komitmen Presiden Obama untuk memerangi kejahatan siber. Sejumlah perusahaan AS dicurigai menjadi korban mata-mata negara Tiongkok. Belakangan ini, peretas asal Rusia berhasil menyusup ke jaringan komputer Gedung Putih. Terang saja hal itu membuat Presiden Obama berang. Sang presiden pun langsung melontarkan ancaman bahwa negara AS tidak akan segan memberikan sanksi pada negara orpun perusahaan yg memata-matai negaranya.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenPentagon Nyatakan Siap Perang Siber diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page