Penyerang Semakin Cerdik Manfaatkan Spam

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Oct 10, 2016.

Discuss Penyerang Semakin Cerdik Manfaatkan Spam in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,113
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Penyerang Semakin Cerdik Manfaatkan Spam

    [​IMG]

    Bagi sebagian orang, spam amat mengganggu. Mereka yg memiliki email dari Google ataupun Yahoo acapkali menemukan spam yang menawarkan berbagai macam produk tidak jelas. Beruntunglah bagi mereka yg menggunakan kedua email di atas. Baik Google ataupun Yahoo telah menggunakan spam blocker untuk mencegah masuknya surat pada inbox yang dinilai tidak perlu. Setidaknya menurut penelitian, spam blocker saat ini sudah mampu menghalau 99 persen junk email yang masuk pada kotak surat.

    Namun demikian, pengguna email khususnya yg memiliki gawai elektronik tipe iPhone harus berhati-hati. Pasalnya, seorang hacker di Perancis mampu mengembangkan sebuah metode khusus yg dapat melewati spam blocker. Seperti yg diberitakan oleh media lokal setempat, terjadi sebuah insiden di mana 5.000 pengguna iPhone di Perancis harus kehilangan akun mereka pada bulan Oktober tahun lalu. Teknik melewati spam blocker tersebut dinamakan para peneliti dengan sebutan Snowshoe.

    Peneliti menyatakan bahwa tujuan dari penyebaran spam tersebut hampir serupa dengan spear-phising, namun caranya sedikit berbeda. Spear-phising pada umumnya menargetkan sasaran spesifik untuk mencari informasi tertentu. Terlebih lagi, spear-phising pada umumnya selalu menempelkan fail tertentu agar pengguna yg tidak waspada mengunduh malicious file. Beberapa program anti-virus ada yg sudah dapat mendeteksi fail tersebut sebagai virus & secara otomatis langsung menghapusnya.

    Sedangkan pada teknik Snowshoe ini sedikit berbeda. Penyerang diketahui menggunakan sebuah server terproksi yg berada di Belgia. Mereka memanfaatkan layanan cloud computing untuk menutupi jejaknya. Mereka kemudian menyebarkan spam dengan menyamarkan alamat pengirim sehingga dapat melewati spam blocker. Karena mampu melewati spam blocker, maka email tersebut akan masuk ke dalam inbox.

    Isi dari email tersebut bertujuan untuk memancing pengguna iPhone untuk mengganti nama akun & kata sandinya. Biasanya pada email itu berisi tautan yg mengarah pada situs palsu. Dengan memanfaatkannya, penyerang berhasil mencuri 5.000 akun beserta kata sandinya. Kini para peneliti sedang melakukan penelitian bagaimana cara menanggulangi Snowshoe. Setidaknya 80 persen arus lalu lintas email di Internet didominasi oleh spam email yang sangat meresahkan.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenPenyerang Semakin Cerdik Manfaatkan Spam diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page