Perbandingan Pemesanan GO-JEK Lewat LINE dan Aplikasi

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 26, 2016.

Discuss Perbandingan Pemesanan GO-JEK Lewat LINE dan Aplikasi in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Pada tanggal 12 Januari 2016 lalu, lewat pengumuman di berbagai akun media sosial yg mereka miliki, GO-JEK kembali meluncurkan sebuah fitur baru. Kali ini, mereka bekerja sama dengan jejaring sosial asal Jepang yg cukup populer di tanah air, yaitu LINE. Dengan kerja sama tersebut, pengguna GO-JEK kini bisa memesan layanan GO-RIDE (pengantaran orang) lewat aplikasi LINE. Saat ini, layanan tersebut bahkan sudah bisa digunakan di seluruh daerah di mana GO-JEK beroperasi.
    Baca juga:GO-JEK Perkenalkan Layanan GO-TIX & Perbarui Tarif GO-RIDE

    Saya adalah seorang pelanggan GO-JEK, sekaligus pengguna LINE yg cukup aktif. Karena itu, kerja sama dua layanan tersebut membuat saya ingin langsung mencobanya. Di hari yg sama ketika diluncurkan, saya pun mencoba menggunakan layanan tersebut, mengikuti langkah-langkah yg disebutkan di situs resmi GO-JEK.
    SMS konfirmasi yg tak kunjung sampai
    Hal pertama yg harus saya lakukan adalah mencari akun resmi GO-JEK di LINE dengan ID @gojekindonesia, lalu menambahkannya sebagai teman. Setelah itu, saya pun mendapat sebuah pesan berupa gambar dari akun resmi GO-JEK tersebut, yg harus saya tekan untuk masuk ke halaman pendaftaran. Di halaman pendaftaran, saya diminta untuk memasukkan e-mail & nomor telepon. Saya pun memasukkan e-mail & nomor telepon yg pernah saya gunakan ketika mendaftar di aplikasi GO-JEK.
    [​IMG]Proses pendaftaran aplikasi GO-JEK di LINE

    Setelah memasukkan e-mail & nomor telepon, saya diminta untuk memasukkan kode konfirmasi yg dikirimkan lewat SMS. Beberapa menit menunggu, SMS yg ditunggu tak kunjung tiba. Saya pun meminta agar kode verifikasi tersebut dikirimkan kembali dengan menekan tombol yg tersedia di halaman konfirmasi tersebut, namun lagi-lagi tidak ada SMS yg masuk.

    Keesokan harinya, saya mencoba untuk kembali mendaftar. Mungkin saja kemarin saya salah memasukkan nomor telepon. Setelah melakukan pendaftaran & memastikan nomor yg saya masukkan benar, lagi-lagi tidak ada SMS yg masuk.

    Saya pun bertanya-tanya, apa mungkin saya tidak mendapat SMS konfirmasi karena saya menggunakan e-mail & nomor telepon yg telah terdaftar di aplikasi GO-JEK? Saya pun coba mencari jawaban ke akun Twitter resmi GO-JEK, yaitu @gojekindonesia, & saya menemukan jawaban yg membingungkan.
    [​IMG]Awalnya, GO-JEK tidak menerima nomor telepon yg sudah terdaftar (kiri), tapi kemudian membolehkannya (kanan)

    Pada tanggal 12 Januari 2016, admin @gojekindonesia mengatakan kalau nomor telepon yg sudah terdaftar di aplikasi GO-JEK, tidak bisa didaftarkan pada aplikasi LINE. Namun keesokan harinya, sang admin menjawab kalau pendaftaran GO-JEK di LINE bisa menggunakan nomor telepon yg sama.

    Saya mengambil kesimpulan kalau pihak GO-JEK langsung mengubah aturan dari yg sebelumnya tidak boleh menggunakan nomor telepon yg telah terdaftar, menjadi boleh. Hal ini mereka lakukan sehari setelah mereka meluncurkan fitur tersebut.

    Lalu bagaimana dengan kondisi saya yg belum mendapatkan SMS konfirmasi? Ternyata ada juga yg mengeluhkan hal serupa di Twitter resmi @gojekindonesia.
    [​IMG]Keluhan terkait SMS konfirmasi yg belum terkirim, beserta tanggapan admin @gojekindonesia

    Saya pun mengikuti arahan admin Twitter @gojekindonesia untuk mencoba meminta SMS konfirmasi secara berkala, namun tidak juga berhasil. Bahkan saya mencoba mendaftar dengan e-mail & nomor telepon milik saudara saya, namun cara tersebut pun gagal.

    Kemarin, tanggal 25 Januari 2016, saya iseng untuk mencoba kembali mendaftarkan e-mail & nomor telepon di LINE. Walau sebenarnya sudah cukup putus asa setelah sebelumnya selalu gagal, namun kali ini ternyata saya berhasil mendapat SMS konfirmasi tersebut. SMS tersebut berisi enam angka yg harus saya masukkan ke dalam halaman konfirmasi. Entah mengapa, saya merasa begitu bahagia ketika melihat enam angka tersebut, yg baru hadir tiga belas hari setelah saya pertama kali mendaftar.
    Cara memesan GO-JEK lewat aplikasi LINE
    [​IMG]

    Tak menunggu waktu lama, begitu berhasil memasukkan kode konfirmasi, saya pun langsung mencoba menggunakan aplikasi GO-JEK di LINE. Untuk memesan GO-JEK, saya cukup mengetik kata “Order”, / menekan tombol Order yg telah disediakan. Kemudian akan muncul gambar yg harus saya tekan untuk masuk ke halaman pemesanan. Dan ternyata, tampilan halaman pemesanannya sangat familier.
    [​IMG]Proses pemesanan GO-JEK via aplikasi LINE

    Halaman pemesanan GO-JEK di LINE ternyata sama persis dengan halaman pemesanan di aplikasi GO-JEK. Kita hanya perlu menentukan titik penjemputan & lokasi tujuan. Karena saya menggunakan e-mail & nomor telepon yg juga saya gunakan di aplikasi GO-JEK, riwayat pemesanan saya pun bisa muncul saat memesan GO-JEK di LINE. Sebagai perbandingan, berikut ini merupakan tampilan halaman pemesanan di aplikasi GO-JEK.
    [​IMG]Proses pemesanan dengan aplikasi GO-JEK

    Tarif yg tertera di aplikasi LINE pun sama dengan tarif yg harus kita bayar bila menggunakan aplikasi GO-JEK. Sayangnya, untuk pemesanan GO-JEK lewat aplikasi LINE, pembayaran hanya bisa dilakukan secara tunai, tidak bisa dengan Gojek Credit. Itulah mengapa di aplikasi LINE tidak ada pilihan cara pembayaran seperti yg ada di aplikasi GO-JEK.

    Setelah melakukan pemesanan, maka secara berurutan akan muncul informasi & nomor pemesanan (booking number), gambar untuk mengakses informasi pengemudi, pemberitahuan kalau pengemudi GO-JEK telah sampai & siap mengantar, serta gambar lain untuk mengakses halaman pemberian Rating. Apabila anda ingin membatalkan pemesanan, cukup ketik “Cancel#booking_number”.

    Bila kita urutkan dari awal membuka aplikasi hingga menyelesaikan pemesanan, ternyata memesan GO-JEK di LINE menghabiskan waktu yg kurang lebih sama dengan memesan lewat aplikasi GO-JEK. Memesan GO-JEK di LINE memerlukan 8 langkah (membuka aplikasi LINE, pilih akun GO-JEK, tekan tombol Order, tekan gambar Order, pilih lokasi penjemputan, pilih lokasi tujuan, tekan Next, tekan Order).

    Adapun bila kita menggunakan aplikasi GO-JEK, hanya perlu tujuh langkah (membuka aplikasi GO-JEK, menutup halaman promo, memilih layanan GO-RIDE, pilih lokasi penjemputan, pilih lokasi tujuan, tekan Next, tekan Order apabila membayar dengan uang tunai).
    Kesimpulan
    Sampai saat ini, aplikasi GO-JEK baru tersedia untuk pengguna Android & iOS. Oleh karena itu, menurut saya, sebenarnya pemesanan GO-JEK di LINE ini lebih berguna untuk pengguna sistem operasi lain, seperti Windows Phone & BlackBerry.

    Namun ternyata, yg bisa memesan GO-JEK lewat aplikasi LINE lagi-lagi hanya para pengguna Android & iOS, yg sebenarnya masih bisa memesan GO-JEK dengan aplikasi resminya. Hal ini menjadi mubazir karena seperti ada dua aplikasi yg berbeda untuk satu layanan yg sama.

    GO-JEK sendiri seperti kurang efisien dalam merancang aplikasi LINE mereka. Untuk masuk halaman pemesanan saja, kita harus menekan layar sebanyak dua kali, yaitu pada tombol Order & gambar Order yg muncul setelahnya. Halaman pembayaran yg muncul sebelum kita menekan tombol Order pun terkesan tidak berguna, karena untuk pemesanan via LINE hanya tersedia pembayaran dengan uang tunai.

    Apabila GO-JEK bisa menghilangkan langkah-langkah yg tidak perlu tersebut, memesan GO-JEK lewat LINE akan jadi lebih menarik karena prosesnya lebih cepat dibandingkan ketika kita memesan lewat aplikasi resmi GO-JEK.

    Plus
    • Tahap-tahap pendaftaran & pemesanan yg mudah dimengerti.
    • Pengguna LINE tidak perlu lagi mengunduh aplikasi GO-JEK.
    • Apabila langkah-langkah yg tidak perlu dihilangkan, pemesanan via LINE bisa jadi lebih cepat dibanding pemesanan via aplikasi GO-JEK.

    Minus
    • Proses pengiriman SMS konfirmasi yg lama.
    • Belum bisa digunakan oleh pengguna Windows Phone & BlackBerry.
    • Terlalu banyak langkah yg sebenarnya tidak berguna.
    • Hanya bisa digunakan untuk layanan GO-RIDE.
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] LINE: Free Calls & Messages LINE Corporation - Oct 29, 2015 Genre: Communication Size: Varies with device Installs: 100,000,000 - 500,000,000 Gratis Download [​IMG][​IMG]
    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page