Photo Mode: Serunya Jeprat-Jepret a la Gamer

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 9, 2015.

Discuss Photo Mode: Serunya Jeprat-Jepret a la Gamer in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,716
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Banyak gamer yg masih sering salah ngartiin perbedaan antara "ngambil" screenshoot (SS) dalam game dengan mengabadikan momen pada sikon tertentu dalam game melalu fitur photo mode. Fitur photo mode ngga sama dengan sekedar ngambil SS karena keduanya adalah hal yg berbeda. Sesuai dengan namanya, photo mode adalah proses dimana gamer berperan layaknya seorang fotografer yg mencoba mengabadikan sebuah momen penting dalam adegan sebuah game dengan nerapin ilmu-ilmu yg ngga jauh beda dengan ketika seorang fotografer mencoba mengabadikan sebuah (momen) obyek di dunia nyata. Untuk memaksimalkan fitur photo mode sehingga bisa menghasilkan kualitas gambar SS yg ngga kalah artistik dengan hasil fotografi beneran, dibutuhin kepekaan citarasa seni dari para gamer, khususnya seni fotografi. Seperti diantaranya pemilihan angle foto yg pas, pengaturan posisi pengambilan foto dengan pemilihan proporsi obyek foto dalam frame gambar, pengaturan pencahayaan, pengaturan bukaan (DOF), penggunaan fitur zoom (FOV), penggunaan filter, pemilihan besar frame, & sebagainya.

    Berbagai fitur fotografi yg ada pada photo mode layaknya kamera asli tentunya bikin gamer yg sekaligus penggemar seni memotret ini ngerasa dimanjain. Terlepas dari apapun genre gamenya, selama punya fitur photo mode pasti ngga bisa lepas dari inceran para gamer yg juga penggemar fotografi. Mungkin ngga semua gamer nganggep fitur photo mode adalah fitur yg wajib diaplikasikan dalam tiap game (yang fokus nonjolin aspek grafis), tapi bagi developer harus lebih peka bahwa keberadaan fitur photo mode sangat berpengaruh terhadap kesuksesan pemasaran sebuah game.

    PHOTO MODE: SOLUSI ALTERNATIF PENYALURAN HOBI GAMER PENGGEMAR FOTOGRAFI


    Bisa bebas jeprat-jepret kamera dengan lensa 14500mm f/1.0 berkemampuan shutter speed 1/8000? Fotografer mana yg ngga mau? Kita tahu kalo seringkali rata-rata hobi para kaum Adam terkenal ngga murah. Ngga terkecuali dengan hobi fotografi. Untuk beli perangkat kamera terkini dengan variasi lensa & aksesorisnya dibutuhin biaya yg ngga sedikit. Makin tinggi performa & spesifikasi perangkatnya jelas harganya juga ikut menjulang. Ngga tiap orang mampu ngeluarin anggaran buat nyalurin hobi fotografi hingga ratusan juta rupiah. Tapi buat para gamer penggemar fotografi bisa nyicipi kamera canggih lengkap dengan spesifikasi lensa di atas dalam fitur photo mode dalam sebuah game seharga satu game original aja yg ngga nyampe sejuta.



    Salah satu contoh fitur photo mode dengan kelengkapan seperti kamera DSLR canggih ada dalam game Gran Turismo 5 & 6. Kedua game Polyphony Digital ini punya fitur photo mode keren dimana buat gamer pecinta otomotif sekaligus fotografi bisa nyalurin hobinya buat mengabadikan momen-momen keren dalam game sehingga terciptalah kualitas momen SS sekelas hasil jepretan kamera DSLR asli. Fitur photo mode dalam kedua game Gran Turismo ini terbilang cukup lengkap dengan cara penggunaan yg lebih simpel. Ditambah dengan tenaga render dari engine game Gran Turismo, momen SS yg terekam berasa seolah-olah kita ngambil foto langsung dari lintasan.

    PHOTO MODE: CARA MENGAPRESIASI KINERJA VIDEO GAME ARTIST


    Kelengkapan fitur photo mode dari tiap game pastinya ngga sama. Ada yg punya fitur lengkap layaknya kamera DSLR seperti dalam video game Gran Turismo 5 & 6, tapi ada juga yg fiturnya simpel banget. Kalo menurut gue pribadi, kelengkapan fitur photo mode adalah hal opsional yg ngga terlalu wajib dimiliki setiap video game. Tapi justru keberadaan fitur photo mode inilah yg gue rasa wajib ada selama memang bisa diaplikasikan ke dalam game. Kenapa? Fitur photo mode bisa jadi sebuah jawaban sebagai salah satu cara untuk mengapresiasi hasil kerja keras para video game artist, baik itu 3D model artist, texture assets artist, lighting artist, & sebagainya.

    Di video game fast pace yg umumnya didominasi genre action, seringkali keindahan aset dunia dalam game sering terlewat dalam waktu singkat. Akibatnya detil keindahan dunia dalam game hasil karya para video game artist ini ngga bisa dinikmati secara maksimal. Dengan adanya fitur photo mode, ini jadi solusi jitu buat para gamer mengeksplorasi dunia digital penuh citarasa seni dalam game dengan leluasa. Banyak SS dengan momen fenomenal yg tercipta oleh tangan-tangan gamer karena ilmu fotografi-nya bisa tersalurkan melalui fitur photo mode.



    Sayangnya meski fitur photo mode udah tersedia dalam video game, ngga semua fitur video game ini dapet dukungan fitur social sharing / fitur ekspor data gambar yg resmi. Mungkin bagi gamer PC, ini bukan masalah besar mengingat ngambil SS di layar monitor PC jauh lebih gampang dibanding ketika main di konsol. Meskipun ada beberapa video game yg punya fitur dukungan ekspor otomatis begitu mengabadikan momen dalam sebuah game langsung ke HDD konsol yg bisa di-copy ke USB drive kapanpun, tapi masih banyak juga hasil jepretan photo mode dalam game yg ngga bisa diekspor & data gambarnya tersimpan di HDD konsol. Satu-satunya solusi adalah pake perangkat video game streamer yg ujung-ujungnya bikin gamer merogoh kocek lagi.

    PHOTO MODE: TRIK PEMASARAN GRATIS UNTUK DEVELOPER


    Selain fitur photo mode menghasilkan jepretan momen-momen SS video game yg memuaskan jiwa fotografer para gamer, hasil-hasil gambar dari fitur photo mode ini juga bisa jadi cara marketing yg cukup viral & tergolong murmer buat para developer. Cukup banyak komunitas pengguna fitur photo mode dari berbagai judul game yg terbentuk & turut punya sumbangsih dalam bikin terkenal video game berfitur photo mode dari mulut ke mulut.

    Dengan alasan inilah paling ngga tiap developer yg belum menambah fitur photo mode ke dalam game mereka, bisa segera mengaplikasikan fitur ini kalo memang genre gamenya kompatibel. Tapi jangan lupa untuk menambah dukungan fitur social sharing baik secara online (upload data gambar ke server game) maupun offline (copy ke perangkat data eksternal yg mempermudah gamer.



    Dukungan fitur photo mode oleh developer ngga berhenti disini aja. Meski berbagai dukungan fitur photo mode yg gue sebut di atas udah diterapin ke dalam game, masih ada masalah terkait kualitas gambar SS yg dihasilkan dari fitur photo mode. Seperti salah satu contohnya video game Dragon's Dogma. Fitur photo mode yg terdapat dalam game Dragon's Dogma terbilang cukup simpel. Pemain diberi kebebasan untuk mengatur fitur zoom & posisi kamera dengan karakter protagonis sebagai pusat orbitnya. Setelah hasil jepretan SS disimpen, secara otomatis data gambar masuk ke dalam folder gambar di HDD konsol. Sayangnya perbandingan antara hasil renderan jepretan saat dalam game dengan gambar yg udah diekspor ke HDD konsol punya kualitas yg jauh berbeda. Data gambar mengalami penurunan kualitas yg cukup drastis jauh dibawah resolusi Standard Definition (SD). Dengan spesifikasi & performa konsol generasi sekarang ini, harusnya udah bukan jadi alasan lagi buat developer untuk mengatasi solusi penurunan kualitas grafis gambar hasil photo mode.



    Sucker Punch Productions sebagai developer game inFAMOUS Second Son berhasil membuktikan bahwa nyelipin fitur photo mode via update patch bukanlah sesuatu yg ngga mungkin. Karena dukungan yg luar biasa dari developer ini, banyak gamer yg mengapresiasi & menyambut kabar ini dengan respon baik. Efeknya udah jelas, popularitas game inFAMOUS Second Son makin melejit & game ini makin tenar di kalangan gamer PlayStation 4.

    Dengan sekian banyak jepretan hasil fitur photo mode yg keren dengan segala efek positif yg dihasilkan, kita berharap aja makin banyak developer yg mempertimbangkan buat menambah fitur ini ke dalam game mereka di masa yg akan datang.



    Look at the camera and say, THIEF!!

    image: flickr.com | thegameeffect.com | xboxlive.com | onesite.com | computerandvideogames.com

    Sumber

    cheat game online terbaru, cheat game online Photo Mode: Serunya Jeprat-Jepret a la Gamer, apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page