Photogrammetry: Landasan Pembuatan Aset Tekstur Game Resolusi Tinggi

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 29, 2014.

Discuss Photogrammetry: Landasan Pembuatan Aset Tekstur Game Resolusi Tinggi in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Photogrammetry: Landasan Pembuatan Aset Tekstur Game Resolusi Tinggi.

    Tiap orang punya pan&gan & penilaian yg berbeda tentang apa yg mereka lihat. Di dunia ini kita kenal suatu obyek yg dikategorikan jadi beberapa dimensi. Setiap benda dimensi terbentuk dari unsur-unsur yg berbeda, seperti partikel atom misalnya. Cara manusia melihat segala macem benda dimensi di alam semesta ini juga unik. Dan banyak dari cara pan&g ini dipake untuk menggambarkan seperti apa cara manusia melihat benda dimensi di sekitarnya.

    Seperti contohnya prinsip sumbu (x, y, z) untuk menentukan apakah sebuah benda merupakan benda 2 dimensi or 3 dimensi. Perpotongan sumbu-sumbu inilah yg akan membentuk koordinat titik letak sebuah partikel berada. Perpotongan sumbu-sumbu yg rapat & saling berdekatan ini terlihat di mata manusia sebagai sebuah bi&g 2 dimensi. Kerapatan koordinat yg membentuk sebuah obyek dengan bi&g yg bisa dilihat dari berbagai sudut pan&g, menciptakan benda dimensi yg disebut benda 3 dimensi.

    Sebagai ilustrator, gue juga menganut prinsip yg sama dimana benda-benda 3 dimensi yg dilihat dengan mata kita ini tersusun atas kumpulan koordinat-koordinat yg membentuk partikel rapat & berwujud sebagai 3 dimensi. Lokasi koordinat-koordinat tak kasat mata yg dilihat oleh mata kita inilah yg jadi acuan ketika seorang seniman akan memindahkan obyek 3 dimensi yg dilihatnya ke dalam kertas gambar dengan skala & proporsi yg tepat.

    PENERAPAN PRINSIP PHOTOGRAMMETRY DALAM INDUSTRI VIDEO GAME

    Prinsip kerja yg sama juga berlaku pada salah satu teknologi komputasi model yg ada di industri video game, yaitu Photogrammetry. Kalo dari namanya, penjelasan arti dari photogrammetry udah cukup jelas. Photogrammetry merupakan gabungan dari Photography & Geometry. Jika ditelaah lebih lanjut, photogrammetry adalah metode dimana kita bisa menentukan hitungan proyeksi geometri dari teknologi fotografi. Obyek-obyek 3 dimensi yg tertangkap oleh lensa kamera akan dianalisa & dihitung letak-letak koordinat pembentuknya sehingga didapat model komputasi 3D yg tepat sesuai benda aslinya. Prinsip inilah yg dimanfaatin oleh para developer game 3D untuk menciptakan environment & tekstur obyek 3D dalam game yg mirip sesuai benda aslinya. Dengan pengaturan pencahayaan yg tepat, celah perbedaan antara dunia maya & dunia nyata makin mengecil karena hampir ngga ada be&ya. Sebut aja seperti game Crysis, Grand Theft Auto, Metal Gear Solid V, Battlefield, & game Triple-A serupa.

    *fotomapping track GT6 Kaz film

    Penggunaan ilmu photogrammetry ini yg jadi landasan bagi para develooper untuk memilih metode pembuatan tekstur obyek dalam game dalam kualitas resolusi tinggi. Seperti contohnya bekas Studio Bondi yg bikin game detektif yg punya detil ekspresi wajah karakter fenomenal sekelas L.A. Noire, or Kojima Pro. dengan Metal Gear Solid V yg manfaatin teknologi motion capture serupa, or Polyphony Digital dengan Gran Turismo 5 & 6 mereka yg punya detil lintasan balap yg persis banget dengan versi lintasan asli di dunia berkat metode photo-mapping-nya. Semua pembuatan obyek in-game dengan tekstur kualitas tinggi itu berdasar pada pemahaman ilmu photogrammetry.

    PRINSIP KERJA PHOTOGRAMMETRY

    Belum lama ini game berjudul The Vanishing of Ethan Carter yg dirilis untuk platform PC juga nerapin ilmu photogrammetry buat menghasilkan tampilan aset dengan tekstur resolusi tinggi dalam gamenya. Ada penjelasan tentang rumus hitungan photogrammetry yg bisa kalian baca disini. Tapi kalo kalian milih pemahaman yg lebih ramah otak, dengan baik hati developer game The Vanishing of Ethan Carter yaitu The Astronauts, ngejelasin proses penggarapan game mereka dengan prinsip photogrammetry.

    Ada 3 langkah dasar dalam proses pembuatan aset dengan tekstur ber-resolusi tinggi yg mereka lalui:
    Pemotretan aset di lapangan
    Photo scanning
    Pemasangan tekstur pada aset model 3D

    Biarpun dari tahap-tahap di atas kelihatannya gampang, tapi proses pematangan foto tekstur & pemindahannya ke dalam obyek model 3D dalam game ngga sesimpel itu.

    Pemotretan Aset di Lapangan


    Pada tahap ini, tim fotografer ngumpulin obyek-obyek di alam yg nantinya bakal dipake ke dalam game The Vanishing of Ethan Carter. Teknik pemotretan obyek alam dengan foto ber-resolusi tinggi ini beda dengan teknik fotografi pada umumnya. Ada berbagai aspek fotografi penting yg justru sifatnya bertolak-belakang dari teknik yg dipake dalam pemotretan tekstur obyek ini, seperti diantaranya aspek Depth of Field (DOF), Shutter speed, & ISO settings.

    Proses pemotretan obyek di alam terbuka ini umumnya fokus manfaatin pencahayaan alami. Kebayg banget kan susahnya nyari waktu & kondisi cuaca yg pas buat dapet kualitas foto yg bagus?

    Photo Scanning



    Di tahap kedua semua foto yg udah terkumpul mulai dikumpulin & diseleksi per kategori obyek buat diedit secara digital dengan software photoscan, seperti salah satunya aplikasi Agisoft PhotoScan yg dipake oleh developer The Vanishing of Ethan Carter. Software photoscan ngga serta-merta menyulap seluruh aset foto jadi 3D model sempurna dengan segampang itu. Butuh pengolahan lebih lanjut dari 3D artist buat menghaluskan permukaan-permukaan aset model 3D yg hilang or transformasi teksturnya kurang halus. Kalo ngga hasilnya bisa separah ini.



    Pemasangan Tekstur pada Aset Model 3D



    Di tahap ketiga ini merupakan tahap penyempurnaan akhir dimana semua aset foto tekstur ber-resolusi tinggi bisa dimanfaatin secara maksimal pada obyek in-game nantinya. Kalo sang developer ngga ahli bikin model dengan jumlah polygon obyek yg rendah tapi tetep efektif, sekaligus kurang cekatan dalam mengolah data-data foto ber-resolusi tinggi yg notabene udah pasti makan space di HDD bergiga-giga ini, mungkin ukuran gamenya bakal membengkak dipenuhi aset-aset grafis yg sebenernya ngga perlu. Belum lagi nanti pengaruhnya juga bakal berimbas di system requirement gaming platform yg kelewat tinggi & ngga bisa dijangkau semua kalangan gamer.

    Ngelihat sekilas proses pengolahan data photogrammetry di atas yg kelihatannya mungkin simpel tapi dibutuhin ketelitian & ketelatenan dalam penggarapan, ngga heran aja kalo game The Vanishing of Ethan Carter dibandrol dengan harga yg mungkin bagi sebagian gamer terbilang agak mahal mengingat durasi gameplay yg relatif singkat (sekitar 4-5 jam). Tapi sisi positifnya adalah perkembangan teknik & metode photogrammetry yg lebih maju turut berkontribusi pada lahirnya video game dengan aset berkualitas tekstur tinggi yg udah pasti bakal memanjakan mata para gamer graphic freak.

    Pengen ngerti lebih lengkap tentang proses photo scanning dengan prinsip photogrammetry & nyicipin aset mentah game The Vanishing of Ethan Carter? Kalian bisa kunjungi situs resmi postingan blog dari The Astronauts di theastronauts.com.

    image source: theastronauts.com

    Sumber

    Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode.

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Photogrammetry: Landasan Pembuatan Aset Tekstur Game Resolusi Tinggi.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page