Preview SimCity BuildIt | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 17, 2014.

Discuss Preview SimCity BuildIt | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,715
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    17/12/2014

    Update 17 Desember 2014

    Akhirnya yg dinantikan telah tiba! Game simulasi di mana kamu bisa menjadi gubernur & membangun kota sendirisudah hadir di Apple App Store & Google Play dengan harga gratis. Dari pengalaman yg pernah saya mainkan sewaktu soft launching, SimCity BuildIt sangat membuat saya ketagihan & IAP yg ditawarkan pada awal-awal permainan tidak mengikat sama sekali.

    Kamu bisa langsung download SimCity BuildIt melalui tautan di bawah ini & juga langsung membaca preview yg sudah pernah saya buat melalui artikel asli di bawah. Selamat membangun kota impian kamu!

    Apple App Store Link: SimCity BuildIt, Gratis

    Google Play Store Link: SimCity BuildIt, Gratis

    Artikel Asli 28 November 2014

    Seperti yg sudah pernah dibahas sebelumnya, saat ini EA tengah menguji pasar untuk game mereka yg akan datang yaitu SimCity BuildIt. Dan seperti yg sudah saya janjikan, saya akan memberikan preview agar kamu mendapatkan gambaran yg lebih jelas mengenai game ini. Setelah memainkannya 3 hari berturut-turut, saya siap memberikan sedikit ulasan. Mari kita mulai saja.

    SimCity BuildIt adalah SimCity versi PC yg EA keluarkan khusus untuk pengguna mobile. Bukan, versi ini bukan port dari versi PC yg memang sudah melegenda sejak akhir tahun 1980an sampai 2000. Walaupun dibuat khusus untuk pengguna mobile, tetapi mekanisme yg dipakai masih mirip-mirip seperti SimCity versi PC.

    [​IMG]

    Kamu sendiri akan berperan sebagai seorang gubernur yg bertugas untuk membangun sebuah kota dari yg sepi penduduk menjadi megapolitan. Untuk memenuhi tujuan tersebut, kamu harus mulai membangun semua infrastruktur agar lahan kosong bisa penuh dengan penduduk & kota yg lengkap. Langkah pertama yg harus kamu lakukan adalah membangun pabrik agar bisa menghasilkan besi / kayu yg digunakan untuk membangun perumahan.

    Sebelum melangkah terlalu jauh, ada satu peraturan yg harus dipenuhi yaitu semua yg kamu bangun harus menempel dengan jalan. Jadi sebelum kamu bertindak untuk mewujudkan kota yg kamu impikan, jangan lupa untuk membangun jalan terlebih dahulu. Untungnya jalan ini bisa dengan gratis kamu bangun dengan cara swipe di layar membentuk jalur yg kamu kehendaki.

    [​IMG]

    Menjadi seorang gubernur yg mengurusi kota tidaklah semudah yg kamu kira. Sangat banyak urusan yg harus kamu selesaikan agar warga kamu tidak marah-marah. Setelah perumahan jadi & mulai banyak warga yg tinggal di kota tersebut, kamu harus menyediakan berbagai kebutuhan pokok mereka seperti listrik, air, pemadam kebakaran, taman kota, pengolahan air kotor, & masih banyak lainnya.

    Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, tentu saja kamu butuh uang yg tidak sedikit. Lalu bagaimana untuk memperoleh uang? Tenang, ada banyak cara. Salah satunya dengan cara melakukan upgrade perumahan agar lebih besar lagi. Cara lainnya bisa dengan menjual hasil yg dihasilkan pabrik ke pemain lain seperti besi, kayu, plastik, & lainnya. Atau cara terakhir yaitu dari pajak yg dibayarkan warga kepada kamu. Pajak ini bisa kamu ambil setiap hari & mekanismenya cukup menarik. Jika warga suka dengan kepemimpinan kamu, maka jumlah pajak yg akan kamu terima akan semakin besar, demikian sebaliknya.

    Cara agar para penduduk menyukai kamu adalah dengan memberikan kebutuhan mereka. Tetapi karena uang kamu juga terbatas, maka kamu harus pintar-pintar memilah kebutuhan mana yg krusial harus segera diwujudkan / mana yg masih bisa ditunda. Di SimCity BuildIt, kamu juga mengenal sistem zona di mana daerah industri harus jauh dari zona perumahan. Begitu juga dengan tempat pengolahan limbah, pembangkit listrik, / lainnya yg menghasilkan asap kotor. Jika tidak kamu pisahkan, bisa-bisa penduduk tersebut akan meninggalkan kota kamu.

    [​IMG]

    Entah ada sihir apa dalam SimCity BuildIt, saya seperti terhisap oleh sensasinya sehingga tidak bisa berhenti bermain tiga hari berturut-turut. Memang saya penggemar game building simulation, tetapi SimCity BuildIt seakan-akan memberikan segala yg saya butuhkan dibandingkan game simulasi lainnya. Entah karena misi yg tidak pernah habis, progres yg cukup cepat, / memang game ini simply membuat saya terbuai.

    Namun, bukan EA namanya jika tidak memberikan memberi bumbu IAP di dalamnya. Ya, karena banyak misi yg diberikan, kamu akan banyak membutuhkan sumber daya, & untuk membuat sumber daya tersebut ada waktu tunggu yg diterapkan. Walaupun terlihat lebih natural & realistis karena memang pada kehidupan nyata, praktiknya membangun kota tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi pada level-level yg lebih tinggi, kamu akan menemukan masalah yg cukup serius dengan IAP jika tidak mau grinding & sabar menunggu.

    [​IMG]

    Penerapan IAP & waktu tunggu di game ini, sedikit mengingatkan saya akan Real Racing 3. Mulai grafis, core gameplay, & unsur realistisnya sangat bagus, tetapi banyak orang membencinya ketika IAP sudah mulai merasuk ke inti dari permainan. Sama, di SimCity BuildIt juga begitu. Bisa dibilang implementasi IAP pada versi beta ini berpotensi membuat para pemainnya benci. Buat saya sendiri, saya memang sedikit membencinya, tetapi tampaknya saya sudah mulai kebal & acuh tak acuh dengannya. Karena saya menyadari inilah yg dihadapkan pada kita sebagaigamer mobile di tahun 2014.
    Siapa sih yg menciptakan SimCity bisa jadi terkenal sampai seperti sekarang? Ini Dia Orangnya

    Overall, SimCity BuildIt sangat menimbulkan adiksi yg dalam bagi pencinta genre simulasi. Grafis game ini sangat menakjubkan & detail, korelasi antar bangunan saling mendukung, serta keseluruhan sistem gameplay sangat masuk akal. Hanya saja IAP berpotensi menghalangi keasyikan kamu. Belum ada rencana kapan game ini akan melenggang secara luas di seluruh dunia untuk iOS & Android. Dugaan saya, tidak akan lama lagi karena EA sudah mengungkapkan trailer game ini beberapa saat lalu. Jika kamu punya akun Apple App Store New Zealand, kamu bisa mencicipi terlebih dahulu melalui link di bawah ini.

    Apple App Store Link New Zealand: SimCity BuildIt, Gratis
    TagsSimulation

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page