Liga Spanyol PROFIL: Kuasai 20 Persen Saham Atletico Madrid, Siapa Itu Wang Jianlin?

Discussion in 'Bola' started by Bola, Jan 22, 2015.

Discuss PROFIL: Kuasai 20 Persen Saham Atletico Madrid, Siapa Itu Wang Jianlin? in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,952
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Wang Jianlin baru saja merogoh kocek sedalam €45 juta untuk mengakusisi 20 persen saham Atletico Madrid, tetapi mayoritas fans Los Colchoneros tak tahu banyak soal investor baru klub yang berasal dari Tiongkok itu.

    Jadi, siapa sebenarnya Wang Jianlin?

    Dengan estimasi kekayaan mencapai $19 miliar menurut Forbes, pria 60 tahun ini membangun usahanya di bidang real estate, dengan mayoritas sahamnya di Wanda Commercial Properties ditaksir berada di kisaran $15 miliar. Dia menempati urutan kedua dalam daftar orang terkaya Tiongkok.

    Lahir dari lingkungan miskin di Provinsi Sichuan, Wang mengabdi selama 16 tahun di dunia militer sebelum mendapat pekerjaan di sebuah bisnis properti di kota pelabuhan Dalian. Ini sekaligus menandai titik balik dalam kehidupannya. Ia sukses membalikkan peruntungan perusahaan yang tadinya kerap menelan kerugian. Perusahaan itu, Dalian Wanda, tumbuh luar biasa pesat dan kini menjadi raksasa di bidang properti.

    Sekarang ini Wanda Group memiliki properti di berbagai penjuru dunia, termasuk 5.000 bioskop dan 346 sinema, berkat saham mayoritas yang dipunyainya di AMC Entertainment, plus hotel-hotel mewah di seantero Tiongkok serta usaha karaoke terbesar di Negeri Tirau Bambu, Superstar.

    Wang berniat memperluas jaringannya lebih jauh dan sesungguhnya tidak mengherankan kalau ia memilih menanamkan investasi di Atletico. Kota Madrid bukan tempat asing baginya. Sebelumnya ia telah mengambil alih kepemilikan salah satu gedung tertinggi di ibu kota Spanyol itu, Edificio Espana, dengan nilai sekitar €256 juta.

    [​IMG]

    Sang konglomerat juga dikenal sebagai penggemar karya seni. Ia membeli salah satu karya Pablo Picasso, Claude and Paloma, seharga $28,2 juta di New York pada 2013, dan kabarnya kerap menyanyikan musik populer Mongol dalam rapat direksi Wanda Group.

    Yang terpenting bagi Atleti tentunya adalah fakta bahwa ia fan sepakbola.

    Wang-lah yang mengeluarkan uang untuk mendatangkan mantan pelatih Spanyol, Jose Antonio Camacho, untuk menukangi timnas Tiongkok dan kini menebus 20 persen saham Atletico. Kesepakatan tersebut dituntaskan dengan jajaran direksi klub di Beijing pada Rabu (21/1) pagi waktu setempat dan diliput secara langsung oleh lebih dari 400 jurnalis dari seluruh Asia.

    "Kami senang dengan kemungkinan berkontribusi kepada pertumbuhan Atletico Madrid dengan basis fansnya yang solid dan sebuah brand yang meluas dengan cepat di skala internasional," ujar Wang.

    "Ini adalah langkah mayor bagi klub dalam upaya membangun sebuah brand global utama yang akan menyediakan sumber daya finansial untuk tetap kompetitif di Eropa dan memberikan pengalaman menarik untuk fans kami," timpal CEO Atleti, Miguel Angel Gil Marin.

    Saat ini pasukan Atleti besutan Diego Simeone bersandar pada kekuatan taktik dan intensitas tinggi dalam permainan mereka untuk menutup gap kualitas di segi amunisi dari duo besar Real Madrid dan Barcelona. Namun, dengan suntikan dana dari Wang, sang juara bertahan pantas berharap dapat membangun skuat yang levelnya setara dengan Real dan Barca dan akhirnya mengukuhkan keberadaan "tiga besar" di La Liga.

    liga spanyol table, klasemen, seri b, malam ini, terkini, divisi 2, PROFIL: Kuasai 20 Persen Saham Atletico Madrid, Siapa Itu Wang Jianlin?
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page