Pulau Bungin - Pulau Terpadat di Dunia

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Aug 22, 2015.

Discuss Pulau Bungin - Pulau Terpadat di Dunia in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,102
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]Pulau Bungin di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, punya julukan sebagai pulau terdapat di dunia. Di pulau ini nyaris tidak ada lahan kosong, seluruh daratannya dipenuhi rumah-rumah penduduk.

    Kepadatan penduduk pula membuat Pulau Bungin tidak memiliki garis pantai, karena sepanjang pesisir pulaunya seluruhnya dibangun menjadi tempat tinggal. Pulau ini memiliki luas 8,5 hektar dengan jumlah penduduk 3.400 jiwa.

    Jarang warga Bungin yg merantau, & mereka kebanyakan memilih menikah & tetap tinggal di Bungin. Kondisi ini yg membuat Pulau Bungin semakin kelebihan beban & kehabisan lahan.

    Seperti yg dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Satu-satunya lahan terbuka yg luas di Bungin adalah halaman Masjid setempat. Bahkan saking sesaknya, sama sekali tidak ada kebun & sangat jarang pepohonan tumbuh. Karena tidak ada dedaunan untuk pakan, sampai-sampai kambing di Bungin punya kebiasaan makan kertas & plastik.

    [​IMG]

    Warga yg hendak membangun rumah baru, harus mereklamasi pulau dengan menguruk lautan dengan karang. Akibat bertambahnya rumah, ukuran Pulau Bungin pun semakin bertambah luas dari waktu ke waktu. Akibat lahan yg terbatas, ada beberapa keluarga yg terpaksa harus hidup dalam satu atap.

    [​IMG]Warga yg mereklamasi laut untuk membangun rumah



    Masyarakat Bungin mayoritas keturunan Suku Bajo, dari Sulawesi, yg dikenal sebagai suku pengembara laut & penyelam ulung. Sejak bayi, anak-anak Bungin sudah dikenalkan pada dunia bahari melalui Upacara Toyah.

    Dalam ritual Toyah, bayi dipangku 7 perempuan secara bergantian yg duduk di atas ayunan. Ayunan diibaratkan seperti gelombag lautan yg akan dihadapi sang anak saat besar nanti ketika menjadi pelaut.

    Sejak kecil, anak-anak Bungin sudah mahir bermain di lautan & menyelam untuk berburu ikan. Mereka lazim bermain perahu di laut tanpa pengawasan orangtua. Bocah-bocah usia sekolah dasar sudah mampu mencari uang jajan dengan berburu ikan hias di laut.

    Mayoritas penduduk Bungin bekerja sebagai nelayan. Sebagian mencari ikan dengan cara menyelam & memanah. Ada juga yg memiliki keramba, serta mencari lobster & teripang.

    [​IMG]

    [​IMG]Jalan yg dibangun dengan mengurug laut oleh warga untuk menghubungkan pulau bumin dengan daratan utama

    Baca juga mengenai pulau kecil yg diperebutkan oleh empat negara disini

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Pulau Bungin - Pulau Terpadat di Dunia diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Pulau Bungin - Pulau Terpadat di Dunia.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page