Rahasia Panjang Umur Manusia Tertua di Dunia

Discussion in 'Entigapedia' started by RoLLin, Aug 20, 2013.

Discuss Rahasia Panjang Umur Manusia Tertua di Dunia in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. RoLLin 1 SD Level 2

    Messages:
    207
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    43
    [​IMG]

    Pria yang disebut tertua di dunia asal Bolivia, Carmelo Flores, berbagi rahasia soal usia panjangnya yang pada bulan lalu genap berusia 123 tahun. Flores mengaku untuk bisa hidup panjang, dia mengikuti pola diet penduduk Andean yang bermukim di Gunung Andes.

    Flores kerap mengkonsumsi butir gandum quinoa, jamur yang tumbuh di pinggir sungai dan secara konsisten mengunyah daun khas Amerika Selatan bernama coca.

    "Rasa kentang dicampur dengan quinoa sangat lezat," kata Flores.

    Selain itu rahasia di balik usia panjangnya terletak pada kebiasaan makan yang tidak pernah mengkonsumsi nasi atau mie. Daging yang dia konsumsi hanya sebatas daging kambing dan babi.


    Namun khusus untuk babi, dia mengaku terpaksa jarang mengkonsumsinya kendati sangat menyukai daging itu. Khusus untuk minuman, sejak usianya mulai beranjak senja, Flores mulai berhenti mengkonsumsi alkohol.


    [​IMG]

    Air yang dia minum pun langsung meluncur dari puncak Gunung Illampu yang ditutupi salju. Illampu diketahui merupakan salah satu gunung tertinggi di Bolivia.


    Flores juga suka melakukan aktivitas fisik, walau itu hanya terbatas pada jalan kaki sambil menggembala hewan-hewan peliharaannya.

    "Saya sering berjalan dan pergi keluar dengan hewan-hewan ini," kata Flores.

    Dengan seabrek tips itu, Flores mengaku jarang mengalami sakit yang serius. Jarak pandang matanya pun mulai terbatas seiring dengan usia lanjut.

    "Tapi saya masih bisa melihat walau samar-samar. Namun saya dapat melihat Anda datang," ujar Flores kepada media yang ingin mewawancarainya dan jauh-jauh datang dari kota La Paz.

    Namun menjadi orang dengan usia tertua kadang tidak selalu menyenangkan. Flores mengungkap dia harus melihat orang-orang di sekitarnya satu demi satu pergi dan meninggal dunia.

    "Saya tidak tahu sampai kapan saya hidup di dunia ini, karena itu semua ada di tangan Tuhan," kata dia.

    Kehadiran Flores membuat pemerintah dan warga Bolivia merasa bangga. Pemerintah mengaku telah mengkonfirmasi usia Flores walau dia tidak memiliki sertifikat kelahiran.

    Namun Flores memiliki sertifikat baptis yang menyebut tanggal kelahirannya terjadi pada 16 Juli 1890. Tanggal serupa juga tertera di dokumen identitas nasionalnya.

    Badan pencatat sipil Bolivia telah mengkonfirmasi bahwa dokumen itu sah. Hal itu ditunjukkan oleh Direktur organisasi tersebut, Eugenio Condori.

    Mengetahui hal ini, pemda Bolivia kemudian berencana untuk menganugerahinya gelar "Warisan Hidup Kemanusiaan" pada tanggal 26 Agustus mendatang.

    Nama Flores berpotensi besar tercatat dalam Guiness World Rercords, karena saat ini orang tertua di dunia dan masih hidup berusia 115 tahun. Dia merupakan perempuan Jepang bernama Misao Okawa dan telah berusia 115 tahun.

    Sebelumnya pemegang rekor usia tertua adalah perempuan Prancis bernama Jeanne Calment of France yang berusia 122 tahun 164 hari. Namun dia telah meninggal pada tahun 1997 silam.




    sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page