Refleksi Dari Insiden Sony

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Feb 20, 2015.

Discuss Refleksi Dari Insiden Sony in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Refleksi Dari Insiden Sony

    Insiden Sony Pictures yg terjadi di penghujung 2014 kemarin menjadi sebuah babak baru dari hancurnya sebuah reputasi perusahaan akibat serangan siber. Serangan tersebut bukan yg pertama kalinya dihadapi oleh Sony. Sistem jaringan Sony sudah beberapa kali terkena serangan DDoS sehingga tidak bisa diakses oleh para penggunanya. Kejadian ini menjadi refleksi juga bagi perusahaan di Indonesia bahwa mereka pun bisa mengalami hal yg sama. Yoko Acc, salah satu pakar keamanan informasi di Indonesia menyatakan bahwa ia sangat yakin kejadian peretasan Sony Pictures ini bisa terjadi di Indonesia. Saya sangat bisa terjadi, mas, ujarnya via pesan singkat pada CISO Magazine.

    Yoko menyatakan bahwa berbicara mengenai peretasan karena kepentingan bisnis, hal ini sudah terjadi di Indonesia. Hanya saja beberapa perusahaan menutupi masalah mereka, ujarnya. Berdasarkan pengamatannya, Yoko mengaku bahwa hanya sedikit perusahaan yg berani mempublikasikan masalah peretasan yg mereka alami. Terkait dengan insiden Sony tersebut, Yoko mengatakan bahwa belum tentu peretas di Indonesia melakukan hal yg sama seperti pada Sony. Sejauh ini para peretasnya lebih berfokus untuk mencari profit pada perusahaan kompetitor, ujar Yoko.

    Terkait dengan peningkatan kepedulian keamanan informasi di tiap-tiap perusahaan, Yoko mengatakan bahwa perusahaan di Indonesia belum dapat memberikan ketergantungan yg tinggi terhadap aspek tersebut. Yoko mengatakan, Walaupun Sony dihajar habis-habisan, reputasi mereka tetap bagus. Penjualan game-nya pun tetap naik. Hal ini tidak terlepas dari pangsa pasar Sony sendiri yg tidak pernah mati, ujar Yoko. Untuk menjaga reputasi perusahaan dari dampak peretasan, peran CISO memang dibutuhkan. Namun Yoko mengatakan bahwa tidak semua perusahaan memiliki CISO & tidak semuanya memprioritaskan keamanan informasi.

    Hikmah yg dapat diambil dari insiden Sony ini adalah perusahaan-perusahaan di Indonesia perlu membangun sistem keamanan yg baik untuk mencegah terjadinya insiden serupa. Yoko secara pribadi mengatakan bahwa masih banyak perusahaan di dunia or mungkin di Indonesia yg masih belum waspada bahwa diri mereka diserang. Mereka pun masih belum sadar bahwa dampak peretasan ini bisa berakibat buruk pada reputasi mereka, kata Yoko. Umumnya ketika masalah sudah muncul, barulah mereka biasanya sadar, imbuhnya.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenRefleksi Dari Insiden Sony diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page