Review Apotheon | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 24, 2015.

Discuss Review Apotheon | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,766
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    24/02/2015

    Selain Kick & Fennick, bulan ini ada lagi game indie baru yg dirilis & langsung digratiskan untuk pelanggan PS+. Game yg saya maksud adalah Apotheon buatan Alien Trap Games. Sebelumnya saya pernah membahas game ini dalam daftar game platformer yg wajib kamu tunggu, & baru setahun sesudah diumumkan,game ini baru tersedia untuk kita mainkan. Melalui grafisnya yg sangat unik, Apotheon dijamin akan langsung memikat perhatianmu. Tapi jangan salah, karena selain grafis yg unik, game ini juga memiliki cerita & gameplay yg amat sangat seru.

    Seperti yg bisa kamu lihat di screenshot yg tersebar di artikel ini, Apotheon mengusung gaya grafis yg terinspirasi dari lukisan tradisional Yunani. Gaya gambar yg unik ini akan menghiasi seluruh bagian game baik cut scene maupun gameplay, menambah jajaran game dengan grafis unik seperti Okami yg bergaya lukisan Jepang / Child of Light yg bergaya lukisan klasik barat.
    [​IMG]Iya, kamu bisa berburu di sini!

    Selain gaya gambar, Apotheon juga mengusung cerita yg sangat kental dengan unsur-unsur mitos Yunani. Kamu akan sering menemukan nama-nama seperti Zeus, Hera, Artemis, Apollo, & lain-lain dalam game ini. Sebagai salah satu mitos dengan konsep paling menarik, kisah mitos Yunani dalam Apotheon dijamin akan menyajikan kamu dengan kisah petualangan epik antara manusia & dewa-dewa.

    Di sini kamu akan mengendalikan Nikandros, seorang manusia yg hidup di bumi yg telah dilupakan para dewa. Akibat tindakan para dewa yg memutus hubungan dengan bumi ini, penduduk bumi hidup dengan serba berkesusahan. Matahari tidak bersinar, pertanian selalu gagal, & hewan buruan pun tidak ada yg menunjukkan diri mereka. Untuk menghilangkan kutukan ini, Nikandros pergi ke puncak gunung Olympus, tempat para dewa tinggal, & berhadapan dengan masing-masing dewa yg bertanggung jawab atas kesialan yg ditimpa para manusia.
    [​IMG]Dan juga bisa berenang!

    Apotheon mengusung genre metroidvania di mana kamu akan disajikan dengan dunia 2D side-scrolling & kamu bebas untuk menyelesaikan misi utama serta misi sampingan tergantung urutan yg kamu mau. Di antara setiap level bos-bos yg tersebar, terdapat kota yg sangat luas yg bisa kamu jelajahi. Kamu bisa membunuh penduduk kota dengan membabi buta, membayar denda kepada penjaga setelah membunuh seenaknya, mencuri benda berharga, kembalimembayar denda kepada penjaga, berbelanja perlengkapan, & masih banyak lagi.

    Lebih hebatnya lagi, di kota yg sangat luas, kehidupan berjalan dengan begitu aktifnya (jangan kaget kalau kamu tiba-tiba bertemu segerombolan satir mabuk di tengah kota). Namun sayangnya keaktifan kota ini harus dibayar dengan frame rate yg tidak stabil. Meskipun game dijalankan di PS4, masalah teknis seperti ini tetap saja muncul & cukup mengganggu kenyamanan bermain.

    Selain eksplorasi yg menarik, Apotheon juga memiliki bagian pertarungan yg sangat seru. Game ini sangat mengingatkan saya akan seri Dark Souls yg memaksa pemainnya untuk bermanuver dengan cara berguling, rajin menangkis dengan tameng, serta tidak ragu-ragu untuk menerjang lawan dengan senjata.
    [​IMG]Bukan Shadow of the Colossus
    [​IMG]Apotheon memiliki banyak bos menarik

    Game memiliki banyak sekali pilihan senjata yg bisa kamu gunakan, mulai dari pedang, pisau, kapak, tombak, panah, botol-botol berisi racun / peledak, & lain-lain. Variasi senjata ini semakin dibuat menarik dengan kemampuan karaktermu untuk menggunakan senjata dengan normal / memilih untuk menggunakannya dengan cara melempar senjata tersebut ke musuh. Tapi hati-hati juga, karena senjatamu punya batas kegunaan. Jadi jangan sampai seluruh senjata kamu hancur & kamu hanya disisakan dengan tangan kosong saja.

    Sejauh ini semua terdengar begitu luar biasa bukan? Jangan keburu senang dulu, meskipun memiliki gameplay yg sangat solid, Apotheon memiliki beberapa kendala teknis yg cukup mengganggu. Selain frame rate yg tidak stabil, game ini juga memiliki kontrol yg aneh. Akan sangat sulit sekali mengendalikan arah serangan / pertahananmu karena kontrol yg tidak nyaman tersebut. Ditambah lagi game ini memiliki gravitasi yg sangat aneh. Terkadang kamu bisa saja menyerang (atau diserang) lawan & terpental dengan sangat jauh melebihi batas wajar, mengingatkan saya akan game dengan gravitasi gila seperti Goat Simulator.
    [​IMG]Ikon & teks yg kecil membuat game susah dimainkan

    Terakhir yaitu urusan grafis. Tidak perlu dijelaskan lagi, seperti yg saya singgung di atas & seperti yg bisa kamu lihat di screenshot yg tersebar di sini, Apotheon memiliki grafis yg sangat unik & enak dilihat. Game ini betul-betul menyajikan visual yg dijamin akan membuat kamu penasaran untuk menjajalnya. Pokoknya kalau urusan visual, jangan ragukan Apotheon. Walaupun harus saya akui Apotheon memiliki desain interface yg kurang nyaman untuk dilihat karena ukuran ikon & teksnya yg terlalu kecil.

    Apotheon tersedia untuk Windows PC, Mac, Linux, & PS4. Jika kamu berminat kamu bisa mendapatkan game ini dengan harga yg cukup murah. Tidak sampai di situ saja, jika kamu berlangganan PS+, kamu berkesempatan untuk mendapatkan Apotheon secara cuma-cuma sampai minggu depan. Jadi tunggu apalagi? Segera jajal game yg sangat unik secara visual & sangat seru untuk dimainkan ini.

    Steam Link: Apotheon, Rp. 115.999

    PlayStation Store (US): Apotheon, $14,99 (sekitar Rp. 190.000)
    Review OverviewGraphic4.5Gameplay4.5Value4.54.5Excellent
    Pros: Grafis dengan gaya visual yg sangat unik | Cerita mitos Yunani yg sangat menarik untuk diikuti | Gameplay Metroidvania yg seru dengan berbagai tempat & rahasia untuk dijelajahi | Cara bertarung yg seru dengan pilihan senjata & cara menggunakannya yg bervariasi

    Cons: Kontrol bagian mengarahkan senjata kurang nyaman | Frame rate tidak stabil di PS4 sekalipun | Hukum fisika aneh dengan gravitasi tidak masuk akal layaknya Goat Simulator (tidak selalu terjadi sih) | Interface susah dilihat karena teks & ikon yg terlalu kecilTagsAction Platformer

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page