Review BADLAND 2 | Tech in Asia Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 28, 2015.

Discuss Review BADLAND 2 | Tech in Asia Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,757
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    BADLAND merupakan salah satu kisah sukses sebuah gameyang berawal dari platform mobile. Walau dirilis sebagai game premium, BADLAND hingga kini telah diunduh lebih dari tiga puluh juta kali, memperoleh beragam penghargaan bergengsi, hingga mendapatkan porting ke console maupun PC. Kini setelah menunggu selama dua tahun, akhirnya Frogmind selaku developer kembali merilis sekuelnya yg berjudul BADLAND 2.

    Saya sangat bersemangat ketika mendengar Frogmind akhirnya merilis BADLAND 2. Apakah iterasi kedua yg hadir pertama kali di iOS akan mampu kembali memukau para pemainnya? Mari simakulasan saya di bawah ini!
    Hidup, Terbang, Mati, Ulangi
    [​IMG]

    BADLAND 2 masih mengajak saya untuk mengendalikan seekor makhluk bersayap dengan bentuk mirip bola kapas. Ia dapat terbang, berguling, berubah bentuk, hingga membelah diri membentuk klona (clone) dalam usahanya mencapai titik finis di setiap level. Namun, perjalanan yg ia tempuh tidaklah mudah.

    Hutan yg diarungi oleh sang makhluk penuh rintangan & jebakan. Saya dituntut untuk gesit bermanuver menghindari segala potensi bahaya, sambil menjaga agar pergerakan sang makhluk tidak tertinggal laju kamera.

    Tantangan yg sedemikian sulit serta laju kamera yg terkadang seakan tidak sabar menunggu tersebut membuat saya kerap mengulang permainan. Tidak jarang saya mendapati sang makhluk mati terjebak perangkap, hidup kembali di titik terdekat, terbang sebentar melintasi hutan, hanya untuk mati lagi oleh jebakan lainnya.

    Pengalaman ini membuat saya teringat dengan film Edge of Tomorrow. Entah berapa kali pengulangan harus saya lakukan sampai akhirnya sukses melewati sebuah level. Walau terkadang tingkat kesulitan yg ada akan sangat menantang, namun semuanya sepadan dengan kepuasan yg diperoleh saat tiba di garis finis.
    Sulit, namunBisa Diselesaikan
    [​IMG]

    Seperti yg telah saya sebutkan tadi, beberapa tantangan dalam BADLAND 2 bisa jadi sangat sulit. Untungnya kesulitan ini didesain dengan baik, sehingga membuat saya rela untuk mengulangnya berkali-kali hingga akhirnya berhasil.

    Hal pertama yg membuat saya gigih adalah jumlah titik respawn yg sangat banyak di dalam game. Apabila sang makhluk mati di tengah perjalanan, ia akan kembali hidupdi titik yg tidak terlalu jauh dari tempat kematiannya. Hal ini membuat saya tidak perlu mengulang dari jauh hanya untuk mencoba kembali di tempat yg sulit.

    Hal kedua yg saya suka adalah, walau semustahil apa pun sebuah tantangan terlihat, ada satu cara paten yg dapat membuat sang makhluk melewatinya dengan selamat. Biasanya hal tersebut membutuhkan logika & ketelitian, sehingga membuat momen”aha!” ketika menemukannya terasa spesial.
    Roller Coaster Penuh Kejutan
    [​IMG]

    Impresi lain yg saya dapatkan ketika bermain BADLAND 2 dapat disamakan dengan menaiki roller coaster. Frogmind secarabrilian kembali menghadirkan dinamika level dengan memasang mekanisme jebakan imajinatif, penuh kejutan, & juga membuat saya geregetan sepanjang permainan.

    Elemen-elemen perangkap yg hadir di setiap level didesain dengan cerdas, hingga seolah-olah saya tidak pernah menemukan sebuah susunan yg sama persis di dua level berbeda. Kecepatan terbang sang makhluk di setiap level juga dibuat dinamis, terkadang cepat, sesekali lambat, membuat tensi saya naik turun persis seperti naik roller coaster.

    Tidak hanya jebakan & kecepatan, Frogmind juga membuat saya sulit merasa bosan. Selalu saja ada mekanisme gameplay baru yg ditambahkan ke dalam level. Hadir juga mekanisme yg tidak ada di game orisinalnya, seperti penyembur api, sinar mematikan, & lainnya.

    Berbicara tentang hal baru, kini perjalanan sang makhluk akan sesekali membawanya berubah menjadi bola yg bergulir di permukaan hutan. Bentuk baru ini memerlukan pengendalian yg berbeda serta memberikan variasi yg menyenangkan, sehingga semakin menjauhkan BADLAND 2 dari kesan monoton.
    Bersaing dengan Pemain Lain Lewat Mode Asynchronous Multiplayer
    [​IMG]

    Mode multiplayer kembali lagi dalam BADLAND 2. Bedanya, bila dalam BADLAND orisinal saya dapat bermain bersama beberapaorang sekaligus, kini BADLAND 2 lebih mengutamakan mode asynchronous multiplayer melalui sistem leaderboard secara online.

    Saya dapat berlomba-lomba memperoleh hasil terbaik dalam berbagai kriteria yg ditetapkan game. Kategori yg ada meliputi waktu tercepat untuk menyelesaikan level, jumlah klona terbanyak yg dapat diselamatkan, hingga waktu terlama untuk bertahan hidup dari kepungan perangkap.
    Terpesona oleh Dunia yg Keji
    [​IMG]

    Masih sama dengan tampilan penuh pesona yg saya temukan pada BADLAND orisinal, sekuel keduanya kali ini juga menampilkan kualitas serupa. Pemandangan latar cerah & penuh warna tampak kontras dengan levelBADLAND yg ditampilkan menggunakan siluet. Perpaduan dua gaya tersebut seakan mampu menutupi realita bahwa hutan pada BADLAND merupakan dunia yg sebenarnya keji.

    Pemandangan sang makhluk tergencet batu, meleleh karena cairan panas, tercabik gerigi tajam, / terpanggang sinar mematikan, semuanya merupakan momen yg saya sering lihat sepanjang game. Kekejian ini terasa berkali lipat saat saya menyaksikan satu per satu klona tumbang di tengah kepungan perangkap mematikan.

    Meskipun demikian, kejamnya dunia BADLAND memiliki kemampuan untuk menghipnotis para pemainnya agar terus berusaha mencapai garis finis. Saya tidak pernah bisa berhenti menatap nasib buruk sang makhluk berkat tampilannya yg begitu memukau.
    Kesimpulan: Sekuel yg Terasa Seperti Expansion Pack
    [​IMG]

    BADLAND 2 masih menghadirkan dunia yg memesona. Semua aspek dalam game ini terpoles dengan baik, mulai dari visual, kontrol, maupun gameplay. Pengalaman yg dihadirkan cukup sepadandengan banderol premium yg ditetapkanoleh Frogmind.

    Namun, kemiripan gameplaypada sekuelnya ini berpotensi menjadikan para pemain lama tidak menemukan hal yg benar-benar baru. Frogmind seolah-olah belum menemukan formula untuk membawa seri BADLAND ke level yg benar-benar berbeda.
    Gameplay tersebut membuat kami berpikir bahwaBADLAND pertama adalahgame platformer terbaik pada tahun 2013 lo!

    Beberapa fitur yg terdapat pada BADLAND pertama juga belum ada saat ini. Editor level maupun multiplayer lokal masih absen di perilisan perdana BADLAND 2. Namun, Frogmind berjanji akan terus menghadirkan update yg akan menambah jumlah level maupun fitur-fitur lainnya, seperti yg selama ini mereka lakukan di BADLAND orisinal.

    Kalau kamu pernah memainkan BADLAND pertama & berharap mendapatkan lebih banyak level, / belum pernah memainkan seri BADLAND sebelumnya, maka saya pikir kamu akan mendapatkan hiburan menarik dari BADLAND 2. Tapi kalau kamu mengharapkan sesuatu yg benar-benar baru, mungkin BADLAND 2 pada saat ini belum akan memenuhi harapanmu.

    Apakah kamu berminat untuk memainkan BADLAND 2? Bagaimana pendapatmu tentang game orisinalnya? Sampaikan melalui komentar di bawah.
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] BADLAND 2 Frogmind - Dec 17, 2015 Genre: Games, Entertainment, Action, Adventure Size: 118.73 MB Installs: N/A Rp. 75.000 Download [​IMG]

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page