Review Clash of Hero | Tech in Asia Games

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 18, 2015.

Discuss Review Clash of Hero | Tech in Asia Games in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,761
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG] [​IMG]
    Di luar sana ada banyak sekali developer yg “terinspirasi” dengan desain karaktergame populer yg kemudian mereka hadirkan ke dalam bentuk game mobile. Sebut sajagame seperti House of Heroes, Heroes Charge, Dot Arena, & beberapa judul lainnya yg tak bisa saya sebutkan satu per satu.

    Walau terkesan seperti suatu pembiaran atas tindakan menjiplak karakter buatan developer game lain, saya tak memungkiri bahwa hal semacam ini cukup sering dilakukan beberapa developer game mobile, sehingga seolah menjadi hal yg sudah cukup biasa bagi saya pribadi.

    Clash of Hero sendiri bisa dibilang merupakan salah satu dari sekian game mobile yg berkiblat kepada desain karaktergame populer dari Blizzard Entertainment. Game strategi buatan Ezhero Studio ini memilikigameplay yg sudah sangat begitu umum. Lantas apakah game ini pantas untuk menggantikan game strategi/RPG yg ada di smartphone kamu? Simak terus ulasannya berikut ini.
    Permainan yg Sangat Mainstream dengan Desain Karakter ala “World of Warcraft“
    [​IMG]

    Begitu kamu mulai menyelami permainan, gameplay Clash of Hero kurang lebih sama dengan permainan turn-based strategy yg mengandalkan serangan otomatis seperti Heroes of Dragon Age. Game ini didominasi dengan serangan karakter yg berjalan serba otomatis

    Di sini, kamu diberikan lima slot untuk memasang beberapa tipe hero yg sekilas mirip sekali dengan beberapa hero dalam cerita World of Warcraft. Mulai dari Paladin yg fisiknya mirip sekali dengan Arthas, Warlock berperawakan seperti Guldan versi World of Warcraft, & masih ada banyak lagi lainnya.
    [​IMG]Rexxar dari Warcraft 3 apakah itu kamu?

    Masing-masing hero tadi memiliki karakteristik yg membedakan peran mereka di tengah medan pertempuran. Sebagai contoh, karakter dengan tipe hero STR (strength) cenderung efektif diletakkan di posisi terdepan karena berfungsi sebagai tanker dengan jumlahhealth yg lumayan banyak.

    Sebaliknya dua karakter hero lain seperti AGI (agility) & INT (intelligence) perlu diletakkan di barisan terbelakang karena mereka rentan terhadap serang lawan

    Kontrol permainan hanya akan diberikan ketika tiba giliran mereka untuk menggunakan skill yg mereka punya, yaitu ketika meteran momentum serangan karaktermu penuh. Sepanjang pertarungan berlangsung, sebenarnya tidak banyak yg bisa kamu lakukan di sini selain mengamati & memilih serangan spesial dari masing-masing karakter. Mulai dari sekedar melakukanhealing, melemparbola api, sihir, & bermacam serangan berbasis elemen lainnya.

    [​IMG]

    Model permainan semacam ini mengingatkan saya akan gameplay Etherlords yg pernah saya ulas pada September 2014 kemarin. Tantangan game ini baru akan mulai terasa di saat kamu menghadapi pertarungan bos yg lumayan sulit.

    Terus terang tidak ada hal baru yg membuat gameplay Clash of Hero begitu berkesan di mata saya. Penilaian saya atas game sendiri sebetulnya terbantu berkat keberadaan visual efek 2D yg tak begitu memberatkan GPU smartphone, sehingga ringan untuk dijalankan di perangkat Android kelas low end. Itupun selama kamu tersambung dengan koneksi internet yg sangat lancar tentunya.
    Pilihan Mode Permainan dengan Gameplay yg Seragam[​IMG]Grinding, level up, & ulangi lagi terus hingga kamu beranjak bosan

    Sebuah game mobile yg mengandalkan gameplay sederhana semacam ini tentunya tidak akan lengkap seandainya kamu hanya menyelesaikan rangkaian misi single player saja. Oleh karena itulah Ezhero menyelipkan beberapa pilihan mode permainan lain yg secara bertahap akan kamu buka seiring dengan berjalannya permainan.

    Di sini kamu bisa melakukan rangkaian misi raid yg akan memberimu hadiah karakter hero baru, lalu berlanjut melakoni duel melawan pemain lain lewat fitur Arena yg baru terbuka setelah menyelesaikan campaign kedua. Terlepas dari keberadaan dua variasimode tadi, inti dari permainan Clash of Hero tetaplah sama sehingga tak begitu memberikan dampak yg begitu signifikan.

    Terus terang Clash of Hero bukanlah game yg sempurna di mata saya. Sepanjang progres bermain hingga level karakter saya mencapai angka dua puluh, tidak banyak interaksi chat antar pemain di sini, karena terputusnya koneksi server player chating. Hal tersebut menjadikan saya kesulitan untuk bergabung dengan Guild, sehingga Clash of Hero terkesan “kosong” pada bagian sisi interaksi antar pemain.
    IAP, Jalan Pintas dari Aktivitas Grinding yg Melelahkan
    [​IMG]

    Berbicara soal IAP, Clash of Hero menawarkan pembelian paket koin emas yg sebenarnya bisa kamu kumpulkan secara gratis lewat aktivitas grinding permainan yg melelahkan. Bila kamu enggan melewati rutinitasgrinding yg melibatkan banyak waktu & tenaga (alias stamina), kamu bisa saja membeli paket IAP dengan kisaran harga terendah Rp15.000 untuk mendapatkan sedikitnya 60 gold secara instan.

    Koin emas tersebut berfungsi untuk mendapatkan summon karakter baru yg tingkat kelangkaannya akan selalu diacak oleh komputer. Untuk bisa menarik undian summon karakter dengan kemungkinan hero berkualitas, setidaknya kamu memerlukan sedikitnya 268 koin.

    Seandainya kamu menginginkan penawaran IAP yg lebih “efisien”, kamu bisa membeli status karakter VIP seharga Rp57.000. Paket ini akan memberimu 200 koin, plus 100 koin ekstra selama 30 hari, sehingga menjadi penawaran yg cukup spesial bagi kamu yg ingin berkomitmen memainkan Clash of Hero.
    Kesimpulan
    Secara keseluruhan, Clash of Hero adalah sebuah game mobile yg mencoba untuk sukses dengan mengombinasikan desain karakter ala Warcraft dengan permainan strategi/RPG yg generik. Saya sendiri tidak ambil pusing dengan kemiripan karakter semacam ini, tohClash of Hero adalahgame gratis yg bisa dibilang cukup menarik untuk dimainkan.

    Namun bila suatu hari nanti Blizzard merasa terganggu dengan kemiripan karakter yg ada & meminta Ezhero menarik Clash of Hero dari peredaran, besar kemungkinan kamu akan kehilangan sebagian besar waktu & uang yg kamu curahkan untuk game ini. Jadi perkara kamu berniat untuk memainkannya / tidak, sekarang saya kembalikan lagi ke kamu semuanya.
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Clash of Hero EZHERO STUDIO - Aug 11, 2015 Genre: Strategy Size: 98M Installs: 10,000 - 50,000 Gratis Download [​IMG][​IMG] jQuery(document).ready(function() { mixpanel_track('Baidu Article Widget', { 'page name' : document.title, 'url' : window.location.pathname }); });
    Reviewini ditulis atas kerja sama Tech in Asia denganMobomarket. Terlepas dari hal itu, ulasan di atas tetap dibuat seobjektif mungkin sesuai standar editorial Tech in Asia.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page