Review Dungeon Boss | Tech in Asia Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 16, 2015.

Discuss Review Dungeon Boss | Tech in Asia Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,754
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Perjalanan saya dalam mencariRPG terbaik untuk platform mobile seakan tanpa akhir. Hampir semua RPGstrategi yg saya mainkan hanya berbeda di kulit luarnya saja, namun memilikirasa yg sama.Tetapi,Dungeon Boss merupakangamebergenre strategi yangseakan mengambil reseptidak biasa dalam lautan mobileRPG free-to-play yg membanjiri pasar akhir-akhir ini.

    Mengapa saya katakan tidak biasa? Saat pertama kali memainkangameini, saya tidak disambut dengan cerita latar kerenbesertadialog konstruktif yg biasa kita temui digameserupa sepertiSummoners Wars, Brave Frontier, maupunHello Hero.Bahkan, saya baru dimintauntuk memasukkan username pada saat saya mencapai level sepuluh (nanti akan dibahas lebih lanjut).

    Satu-satunya yg menyambut saya di awal permainan adalah seorang karakter wanita tanpa nama yg bertugas memandu sayaseiring dengan permainan. Hal yg lucu di sini adalah walaupun bergenre RPG, saya tidak merasa menjalankan peran karakter apapun diDungeon Boss.

    Bagi saya yg tidak terlalu memusingkan jalan cerita yg kadang tidak penting, hal ini merupakan langkah yg tepat yg diambil oleh Bossfight Entertainmentselaku pengembang. Tapi bagi kamu yg memperhitungkan jalan cerita dalam memilihgameuntuk dimainkan, mungkinDungeon Bossbukan untuk kamu.

    [​IMG]

    Walaupun saya katakan berbeda,Dungeon Bosspadadasarnya tetap memiliki gameplayyang miripdengangamestrategimobileserupa. DiDungeon Boss,ada beberapa objektif yg harus kamu lakukan. Pertama adalah mengumpulkan herountuk dimainkan, kedua adalah menaklukan area dengan membasmi musuh ditiap level, & yg terakhir adalah melindungi harta kamu sekaligusmembajak harta pemain lain dalam fitur My Dungeon.
    Semua Hero Berharga
    Ada satu hal yg saya suka dari Dungeon Bossyaitu bagaimana para pemain dituntut untuk menghargai setiap hero yg mereka miliki. Dalam artian, kamu tidak dapat mengorbankanhero yg lemah untuk untuk menaikan level hero andalanmu. Semua hero yangtelah memenuhi syarat yg ditentukan dapat melakukan ritual Ascend yg akan merubah tampilan hero kamu menjadi lebih keren. Selain itu, kemampuan hero juga akan turut bertambah.

    [​IMG]

    Setiap hero memiliki traitsatau kemampuan khusus yg membedakannya dari hero lain. Satu hero memiliki traitsyang membuat dia akan selalu mendapat giliran pertama dalam menyerang. Hero lain memiliki traitsyang akan membuat diaimun dari debuff. Setiap hero juga memiliki jurusspesial dengan efekunik sehingga tiap formasi hero yg kamu gunakan akan membawa hasil yg berbeda di tiap pertandingan.

    Jadi, kamu tidak perlu takut untuk menginvestasikan banyakitemuntuk meningkatkan kemampuan seorang hero, karenasetiaphero memiliki potensi yg sama untuk menjadi yg paling kuat.
    ProgresDungeon yg Datar & Membingungkan
    Dungeon Bossmemiliki banyak area yg bisa ditaklukan. Satu area memiliki beberapa level yg harus dimenangkan sebelumkamu bisa pindah ke area selanjutnya. Setiap kamu menyelesaikan satu level, kamu akan dihadiahi bermacam-macam itemyang berguna. Kamu juga memiliki kesempatan untuk meraih tokenyang gunanya untuk membuka hero baru.

    Yang hilang dariDungeon Bossadalah esensi dalam menaklukan sebuah area. Tidak ada tujuan yg jelas dalam menyelesaikan level-level yg adaselain untuk mendapatkan item baru & melawan musuh yg lebih kuat. Hal ini selalu membuat saya bertanya-tanya, setelah ini apa?

    [​IMG]

    Memang di akhir tiap level terdapatbos yg akan menjatuhkan peti berisi itemberharga. Tetapidi sebuah area & di tengah level, saya kadang juga menemukan bos besar berbentuknaga yg sebenarnya tidakberbeda kekuatannya dengan bos biasa. Untukgameyang tidak punya jalan cerita, kemunculan bos nagaini jelas membuat saya bingung.
    Jadi yg Terbaik di Level Kamu
    Seperti yg saya katakan sebelumnya, dilevel sepuluh saya baru diminta untuk memasukkanusernameyang diinginkan.Pada level yg sama, fitur My Dungeon juga barudibuka. My Dungeon adalah tempat di mana kamu bisamembuka dungeon sendiri yg berfungsi sebagai tambang gold yg merupakan mata uang di game.

    Di sini kamu harus menjagagold yg kamu miliki dari serangan pemain lain, sekaligus melakukan penyerangan terhadapdungeon pemain lain. Selain hadiah berupa gold,terdapat klasemen untuk setiap level pemain. Tiga pemain terbaik dilevel yg sama dalam suatu periode akan mendapatkan hadiah menarik seperti token & gem. Jadi kamu tidak usah khawatir harus melawan pemain level tinggi untuk menjadi juara.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Bicara soal gem, bukangame free-to-playnamanya kalau tidak ada mikrotransaksi IAP di dalamnya.Dungeon Bossmemiliki gem sebagaialat tukar khusus untuk mendapatkan hero baru, membeli macam-macam item,dan mengakses fitur-fitur khusus.

    Tapi dari pengalaman selama saya bermain,banyak caramendapatkan gem,antara lain menyelesaikan quest,menaklukan level di area, & melakukan login setiap hari. Jadi, adanyaIAP tidak serta-merta membuat permainan menjadi berat sebelah.
    Porting yg Buruk
    Seharusnya saya membahas grafis & tampilanDungeon Boss sejak awal, tetapi karena suatu alasan khusus, saya memutuskan untuk menuliskannya secara panjang lebar di sini. Singkat kata, Dungeon Bossmerupakangamedenganportingyang buruk. Perlu diperhatikan bahwa saya tidakmempermasalahkan keputusan pengembang untuk melakukan portingdari iOS ke Android. Yang jadi masalah adalah eksekusinya.

    Pertama, di sepanjang permainan,frame rate saya selalu jatuh & tidak stabil. Kedua, resolusigametidak dioptimalkan dengan baik sehingga terlihat sangat buruk di layar tablet Android saya. Dari gameplay yang saya saksikan di YouTube, versi iOS tidak mengalami masalah yg serupa.

    Saya hanya berharap pihak pengembang mau mengeluarkan sedikit usaha untuk mengoptimalkan performaDungeon BossdiplatformAndroid. Masalah kecil lain yg saya alami adalah energi yg terlalu sedikit danpenggunaan energi yg besaruntuk memainkan tiap level membuat jalan permainan sedikit terganggu.
    Kesimpulan
    Dungeon Bossadalahgameyang menyenangkan yg membuat saya betah memainkannya. Desain heroyang unik & keren, IAP yg tidak memberatkan, serta sistem PVP yg baik membuat Dungeon Boss menjadi salah satu RPGstrategi yg patut diperhitungkan.

    Hanya saja performagameuntukplatform Android yg kurang baik menurut saya adalah faktayang cukupuntuk membuat saya berhenti bermain.Mungkin, sampai pihak pengembangmengoptimasiDungeon BossuntukAndroid, pencarian saya belum berakhir.
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Dungeon Boss Big Fish Games - Aug 28, 2015 Genre: Role Playing Size: 35M Installs: 500,000 - 1,000,000 Gratis Download [​IMG][​IMG]

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page