Review Gunbrick | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 13, 2015.

Discuss Review Gunbrick | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,719
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    13/01/2015

    Nitromemerupakan salah satu developerindie yang dikenal lewat berbagai gamebuatan mereka yg belumpernah mengecewakansaya sebelumnya. Melaluigamebuatan mereka seperti 8Bit Doves, Platform Panic, & sederet judul lainnya, developer sekaligus penerbit asal Inggris iniselalumembuat saya sibuk berkutat di depan layar, termasuk ketikamenjajalgame terbaru mereka, Gunbrick, yg dirilis Kamis lalu.

    Seperti penjelasan Glenn di bulanNovember lalu, Gunbrick merupakan gameterbaru Nitrome yg sempatmenggoda kita lewat tampilan tiga videoteaserbergaya iklan televisinya yg misterius. Setelah dikaitkan dengan pengalaman saya selama mengulasgame ini, rupanyacuplikan videotersebut merupakan upaya Nitrome untuk menghidupkan dunia yg kamu jelajahi diGunbrick. Mulai dari distrik kota yg riuh, zonaindustriyang membahayakan, hingga wilayah pembangkit listrik yg eksotis, semuanya tersaji dengan tampilan yg sangatmendetail di sini.

    Sedikit informasi buat kamu,Gunbrickadalahremake dari game Flash buatan Nitrome berjudul serupa yg dirilis padatahun 2012 silam. Meski dari tampilannya terlihat jelas bahwaGunbrick versi 2015 terkesanjauh lebih menawan dibandingkansebelumnya, tapi yangjelas mekanisme permainanyang kamu hadapi disini kurang lebihnya masih sama sepertiGunbrick versi Flash.

    [​IMG]

    Dalam Gunbrick kamu menghadapipuzzle-platformeryang sangat menantangdengan memanfaatkan keduasisi dari kendaraan kotakyang kamu punya. Sekedar informasi, Gunbrick sendiri merupakan nama kendaraan aneh yg akan kamu kendalikan di sepanjang petualanganmu di game ini. Berhubung tidak ada roda di antara keempat sisinya, otomatis kamu akanmenggerakkan gunbrick dengan cara menggelindingkannya lewatsapuanjaridi atas layar.

    Uniknya, kendaraan gunbrick ini mempunyaiperisai yg terletak padabagianatas sertapistolblasteralaMega Man yang menempeldi bagian bawah. Memanfaatkan penggunaan ke dua sisi ini merupakan kunci untuk melewati rintanganpuzzle yg kamu temui sepanjang aksimu menggelinding diGunbrick.Bagian perisai bisa digunakan untuk menghalau pantulan laser & jebakan lubang api yg terdapat di dalam game.Sedangkan pada bagian pistolnya, kamu bisa melontarkan gunbrick ke arah yg berlawanan (seperti terbang & melompat) maupun menyerang musuh / bos di level tertentu.
    [​IMG]Uh … oh bagaimana ini

    Dalam petualanganmu diGunbrick,tugas kamu adalah menggelindingkan gunbrick hingga mencapai kotak finisyang terdapat di setiapakhir level. Menuntun gunbrickmelewati rintangan yg kamuhadapimerupakan bagianpuzzle yg harus kamu pecahkan.Di sinikamu dituntut untuk jeli memperhitungkanbagian sisi mana kotak ituakan mendarat, & memanfaatkan kombinasi perisai & pistol blaster-nya gunamelewati rintanganlevel yg ada.

    Sepanjang upayamu menggelinding untuk mencapai kotak finistadi, kamu diberikan sejumlahcheckpointyang membantumu terus melanjutkan permainanhinggapuzzle yg kamu hadapi akhirnya sukses diselesaikan.Gunbrick tidak menyediakan batasan nyawa / konsekuensi permainan yg cukup berat untuk memacumubermain denganbaik di sini. Sebagai gantinya, jika kamu stagnan dalam penyelesaianpuzzle tertentu, maka tidak ada upaya lain selain mengunggah screenshot kamu ke forum yg disediakan Nitrome / bertanya kepada pemain lain yg telah sukses melewatinya.
    [​IMG]Dalam sebuah pertempuran melawan bos, kamu diterjunkan ke dalam arena gladiator melawan sebuah Gunbri…er… Saw-brick

    Terus terang, rintangandesain level yg sayatemui diGunbrickbisa dibilang sangatlah menantanghingga saya pun dibuat memeras otak selama belasan menit untukbisa menyelesaikannya. Dalam setiaplevel, kamu diwajibkan jeli dalam memperhitungkan banyaknya jumlah perputaran sisi yg kamu lakoni agar bagian perisai maupun pistol kendaraanmu bisa berada di posisi yg tepat di saat yg tepat.Entah itu di saat kamu menggunakan perisai untuk menangkis proyektil musuh, / memakainyaagar kamu amanmenggelinding di antara pola tembakan laser hingga sampai tujuan.

    Setelah selesai melewati sebuahlevel, penguasaanmu dalam menggelindingkan gunbrick tadi akan diuji lagi dengan kehadiran elemenlingkungan baru yg lebih variatif dilevel berikutnya.Mulai dari langit-langit magnet yg membuat gunbrick kamu menempel di permukaan vertikal, panel surya yg memantulkan laser, tombol switch,hingga keberadaan ranjau yg siap meledak. Semua ini mewarnai perjuanganmu untuk menyelesaikan puluhan level yg ada dalamGunbrick.

    [​IMG]

    Tak cukup sampai di situ saja, setiap menyelesaikan zona wilayahyang adadiGunbrick kamu akan dihadapkan pertarungan bos yg membutuhkanteknik penyelesaianpuzzlesupaya bisa mengalahkannya. Masing-masingbos tadi membutuhkan minimal tiga kali tembakan tepat di bagiankhusus yg menjadi kelemahannya. Tantangannya sekarang, kamu harus mencari posisi yg tepat agar tembakanmu bisa tepat mengenai bagian khusus tadi,mulai dari terbang & menggelinding di atas kobaran api yg menyala, hingga berlindung di bawah perisaimu gunamenunggu waktu yg tepat untukmenyerang.

    Intinya, semua rintanganyang kamu hadapi diGunbrick akan membuatmu merasa sedikit lebih pintar setelah berhasil menyelesaikannya. Dan percayalah, begitu kamu sukses menyelesaikan bagian yg sulit tadi, jerih payah kamupasti terbayarkan dengan senyuman kecil di mulutmu.
    [​IMG]Begitu kamu sukses menyelesaikan sebuah level & logo ini muncul di layar.. kamu akhirnya bernafas lega

    Dari segi presentasi grafis, Gunbrick memiliki tampilan piksel yg sangat atraktif untuk sebuahgame mobile. Seperti yg saya singgungdi paragraf kedua tadi, setiap objek yg kamu lalui memiliki detail yg terlihat menarikuntuk diamati. Tak hanya itu, bagian latar & lingkungan d sekitarmu juga dihiasi dengan animasi yg cukup oke, sehingga tampilanGunbrick terlihat sangat meriah apalagi ditambah dengan musikchiptune yg mantap.

    Sayangnya Nitrome tidak menyediakan variasimode lain di luar permainansingle player. Jadi apabila kamu telah berhasil melewati puluhan level yg ada di Gunbrick, kemungkinan besar kamu akan mengulanginya lagi dari awal untuk membukaachievement tersembunyi yg disediakan oleh Nitrome

    Secarakeseluruhan, Nitrome bisa dibilang telah berhasil memberikannafas baru bagi Gunbricksebagaigame mobileyang sukses membuatotak & mata sayasibuk menyelesaikan rintangan yg mereka berikan.Jadi, apabila kamu mencari sebuahgame puzzle seru dengan tampilan piksel 2D mewah yg menarik untuk dilihat, makaGunbrickmerupakanrekomendasi saya yg wajib untuk kamu mainkanbulan ini.

    Apple App Store Link: Gunbrick, Rp. 35000


    Google Play Store Link: Gunbrick, Rp. 38.450
    Review OverviewGraphic4Gameplay4.5Value44.5Excellent
    Pros: Aksi puzzle platformer yg seru sekaligus menantang | Desain level yg terus menguji seberapa jago kamu menggelindingkan kotak gunbrick | Grafis piksel yg luar biasa meriah | Presentasi musik chiptune yg terdengar oke di telinga

    Cons: Variasi mode yg sedikit untuk harga yg lumayan mahalTagsArcade Platformer Puzzle

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page