Review Hand of Fate | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 26, 2015.

Discuss Review Hand of Fate | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,716
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    26/02/2015

    Terkadang muncul sebuah game yg sangat unik cara bermainnya & akan membuat kita semua lupa waktu ketika memainkannya. Tidak jarang game seperti ini muncul secara tiba-tiba tanpa ada animo besar-besaran yg dibangun sebelum perilisannya. Secara tidak terduga game seperti ini muncul di email redaksi N3 bersamaan dengan perilisan game dengan animo besar, tapi bisa sukses membuktikan dirinya sebagai game yg lebih superior dibanding game dengan nama besar lainnya. Kali ini game yg sukses memberikan kesan tersebut adalah sebuah game indie asal Australia, Hand of Fate.

    Hand of Fate merupakan sebuah game yg bisa terwujud berkat kesuksesannya di Kickstarter, meskipun jelas di Kickstarter pun game ini tidak sepopuler game lain seperti Broken Age ataupun The Banner Saga. Bahkan sebelum perilisannya pun terhitung baru satu kali N3 memberitakan tentangnya. Meskipun begitu, Hand of Fate mampu memberikan kepuasan bermain yg tidak kalah dengan game bernama besar lainnya.

    [​IMG]

    Dalam Hand of Fate, kamu akan bermain permainan kartu magis dengan seorang yg sangat misterius. Mulai dari menu utama sampai ke bagian inti dari gameplay, yg kamu lihat hanyalah pemandangan si kakek misterius di depan meja. Hal ini betul-betul memberikan kesan yg unik ketika memainkan Hand of Fate. Ditambah lagi si kakek misterius tersebut akan sering sekali mengeluarkan komentar-komentar membahas tentang pola bermain kamu seperti pilihan gaya bermain / waktu kamu bermain (termasuk jika kamu meninggalkan game terlalu lama karena tengah sibuk dengan handphone, dia akan mengomentarinya), membuat karakter tersebut seakan-akan betul hidup di depan pemainnya.

    Game ini sendiri mengusung gameplay yg bisa dibilang cukup unik. Penjelasan mudahnya, Hand of Fate adalah sebuah board game yg digabung dengan game action. Di sini kamu akan disajikan dengan dua jenis kartu, kartu equipment & kartu encounter. Kartu equipment adalah daftar benda-benda yg mungkin muncul di permainan untuk melengkapi persiapan karaktermu, sedangkan kartuencounter akan tersebar di game dalam wujud jalan yg harus kamu lalui.

    [​IMG]

    Setiap kartu encounter akan memiliki cerita & misi sendiri yg disajikan dalam bentuk teks. Ada encounter yg akan menyuruh kamu mengadu nasib dengan cara memilih kartu yg benar, bertarung melawan musuh dalam tampilan gameplay yg berbeda, serta bertualang menghindari jebakan demi mendapatkan harta. Segala aktivitas ini akan memberikan kamu berbagai kartu ekstra yg dapat membantu / malah semakin menyusahkan petualanganmu. Cukup sulit memang menjelaskan gameplay dari Hand of Fate dengan tertulis, tapi jika kamu langsung mencoba memainkannya, dijamin kamu akan cepat mengerti peraturan dasar game ini.

    Di atas saya sempat menyinggung misi dari kartu encounter yg akan membawa kamu ke gameplay yg nampak berbeda. Dalam Hand of Fate, kamu bisa saja bertemu dengan kartu yg akan membawa kamu ke pertarungan melawan musuh. Ketika ini terjadi, kamu akan disajikan dengan grafis 3D di sebuah dunia fantasi yg sangat mengingatkan saya kepada seri Fable. Gameplay pertarungan Hand of Fate juga bisa dibilang sangat seru, jika kamu cukup familier dengan gaya pertarungan di seri game Batman Arkham, dijamin kamu akan cukup biasa dengan pertarungan di game ini.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Selain kartu encounter yg membawa kamu ke medan pertempuran, akan ada juga kartu encounter yg membawa kamu ke tempat penuh dengan jebakan dengan harta yg menanti. Jika kamu menemukan kartu ini, kamu akan disajikan dengan tampilan & kontrol yg mirip seperti ketika pertarungan terjadi, bedanya objektif kamu bukanlah menghabisi lawan tapi mencapai ke peti harta sambil menghindari jebakan-jebakan yg ada.

    Satu hal yg sangat menarik dari sistem kartu encounter ini adalah bagaimana game mampu menyampaikan cerita dengan sangat baik melalui elemen gameplay & beberapa baris teks saja. Jika kamu familier dengan board game, mungkin kamu sudah cukup sering menyaksikan teknik bercerita seperti ini. Tapi kalau kamu tidak familier, dijamin kamu akan dibuat takjub dengan bagaimana game bisa memberikan kejutan cerita melalui kombinasi-kombinasi kartu yg tersebar dalam game. Sebagai contoh, jika dalam satu sesi permainan kamu mengaktifkan sebuah kartu, kemudian kamu mengaktifkan kartu lainnya yg sepertinya tidak berhubungan, bisa jadi game akan memunculkan kartu rahasia baru yg berisi cerita menarik untuk diikuti beserta bonus-bonus untuk sesi permainan yg tengah berlangsung.

    [​IMG]

    Meskipun memiliki konsep yg sangat menarik, Hand of Fate mungkin tidak cocok untuk semua orang karena tingkat kesulitan yg dimilikinya. Game dimulai dengan kesulitan yg sangat rendah, namun seiring berjalannya permainan lonjakan tingkat kesulitan akan semakin terasa. Hal ini semakin diperparah dengan fakta bahwa terkadang kesulitan ini bukan ditentukan oleh kemahiran bermain kamu, tapi ditentukan oleh keberuntunganmu.

    Meskipun keberuntungan sangat mempengaruhi kesuksesanmu dalam bermain Hand of Fate, bukan berarti game ini hanya mengandalkan hal tersebut saja. Karena tidak jarang juga kamu menemukan masalah di game ini akibat salah pilihan, kurang persiapan, tidak punya strategi ketika mengatur deck sebelum sesi permainan, / karena kamu kurang mahir mengontrol karaktermu ketika tengah bertarung.

    Selain tingkat kesulitan yg tinggi, kekurangan Hand of Fate lainnya terletak pada lambatnya game ini berjalan. Saya tidak membicarakan soal frame rate / hal teknis, tapi saya membicarakan tentang banyaknya langkah yg harus kita lakukan untuk mencapai menu tertentu di dalam game. Jika game ini mudah, itu bukanlah masalah. Tapi mengingat Hand of Fate sangatlah susah & kamu akan mengulangi berbagai kejadian dalam game berkali-kali, rasanya pengurangan langkah-langkah untuk mencapai hal tertentu akan sangat dihargai.

    [​IMG]

    Hand of Fate juga memiliki interface yg kurang baik. Contohnya seperti ketika kamu tengah menyiapkan deck sebelum memulai petualangan, desain interface dibuat terlalu banyak gaya & jelas mengorbankan fungsionalitas sehingga menyusun deck pun jadi lebih ribet dari yg seharusnya. Masalah terlalu banyak langkah & interface yg kurang nyaman ini sebenarnya tidak terlalu merusak kualitas bermain. Tapi jika kamu adalah orang seperti saya yg setiap kali mati selalu tidak ragu untuk mengulang belasan kali sampai akhirnya menyerah hanya untuk kembali beberapa jam kemudian, masalah di atas jadi terasa lebih merepotkan.

    Secara keseluruhan Hand of Fate jelas merupakan sebuah game yg cukup berkualitas. Meskipun game ini memiliki beberapa kekurangan yg sangat mengganggu, pengalaman saya secara keseluruhan memainkan game ini sangatlah memuaskan. Jika kamu berminat, kamu bisa mendapatkan Hand of Fate dengan harga yg cukup murah untuk Windows PC, Mac, Linux, PS4, / Xbox One.

    Steam Link: Hand of Fate, Rp. 169.999

    PlayStation Network (US): Hand of Fate, $19,99 (sekitar Rp. 250.000)

    Xbox Marketplace: Hand of Fate, $26,95 (sekitar Rp. 350.000)
    Review OverviewGraphic4Gameplay4.5Value44.5Excellent
    Pros: Gameplay yg amat sangat menarik | Cara penyampaian cerita yg bagus | Penuh tantangan & bikin penasaran

    Cons: Terlalu susah & terlalu tergantung kepada keberuntunganTagsAction Card Role Playing

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page