Review Harold | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 16, 2015.

Discuss Review Harold | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,763
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    16/02/2015

    Bagi kamu yg sempat merasakan masa kecil di tahun 80-an / 90-an, kamu tentunya ingat masa-masa di mana setiap pagi di hari Minggu / sore sepulang sekolah kamu akan duduk manis untuk menantikan tayangan kartun di televisi lokal. Mulai dari tayangan Looney Tunes, Tom & Jerry, sampai ke kartun super konyol seperti Animaniacs. Semua tayangan tersebut punya kesamaan, semuanya memiliki adegan yg sebenarnya terhitung sadis tapi disajikan dengan sangat komikal sehingga membuatnya menjadi tidak terlalu seram seperti seandainya adegan tersebut terjadi sungguhan.

    Selain itu masa tersebut juga dipenuhi dengan berbagai game yg memaksa kamu untuk melatih tangan & mata, serta menghafalkan desain level agar bisa menyelesaikan level lebih baik dari sebelumnya. Tingkat kesulitan yg tinggi ini tidak hanya melatih kecekatan serta kreatifitas, tapi juga cukup melatih mental kamu dalam menghadapi cobaan yg berat.

    Lalu kenapa tiba-tiba saya membahas nostalgia dua hal yg berbeda ini? Itu karena kedua perasaan nostalgia yg saya bahas, baik tentang game klasik maupun kartun-kartun konyol, akan dapat kamu temukan dalam game indie buatan developer Moon Spider Studio, Harold.
    Genre Lama, Rasa Baru
    [​IMG]

    Dulu saya sempat menyinggung Harold dalam artikel game platformer yg patut kamu tunggu kehadirannya. Di artikel yg ditulis akhir 2013 itu saya menyebutkan bahwa keberadaan Harold cukup diragukan karena developernya yg cukup jarang memberikan update tentang game yg mereka kerjakan. Namun tiba-tiba saja pertengahan Februari ini, Harold muncul di Steam eksklusif untuk Windows PC saja.

    Menyebut Harold sebagai platformer mungkin tidaklah terlalu tepat, karena di game ini tujuan kamu adalah untuk memenangkan lomba balap lari. Uniknya, kamu tidak akan mengendalikan si pelari, tapi malah mengendalikan malaikat yg akan melindungi si pelari / mencelakakan pelari lainnya agar pelarimu menang.

    Diceritakan kamu adalah Gabe, seorang malaikat jenius yg tengah menghadapi ujian kelulusan sekolah untuk malaikat. Sialnya bagi Gabe, dia kebagian tugas untuk memenangkan Harold yg sangat ceroboh & lemah di sebuah kontes lomba lari, sedangkan kawan malaikat lainnya dia mendapatkan pelari-pelari yg bisa diandalkan. Sebagai Gabe, kamu akan membantu Harold untuk melompat, membuka jalan penuh jebakan, serta memberikannya semangat agar bisa berlari kencang untuk sementara waktu. Selain dari hal-hal barusan, Harold akan bergerak sendiri menuju garis finis.
    Latihan Otot Dan Kesabaran
    [​IMG]

    Cukup sulit untuk membiasakan diri dengan kontrol di Harold. Karena setiap kamu melihat Harold yg tengah berlari, dijamin kamu akan cukup sering menahan analog karena berpikir kamu tengah mengendalikan dia & bukannya mengendalikan objek-objek yg ada di sekitarnya. Tapi, meskipun kamu telah menguasai kontrolnya, jangan berpikir bahwa Harold akan menjadi pengalaman bermain yg mudah, karena game ini dijamin akan tetap membuatmu menjambak-jambak rambut karena kesal, sekaligus membuat tanganmu super pegal mengkoordinasikan jalur paling optimal untuk Harold.

    Tiap levelnya kamu akan disajikan dengan tiga mode berbeda yaitu practice, race, & challenge. Dalam practice, kamu akan diberikan kesempatan untuk latihan melewati seluruh rintangan yg ada di setiap level. Masing-masing rintangan ini memiliki tiga buah bintang yg dapat kamu kumpulkan & menjadi indikator seberapa sukses kamu melewati rintangan tersebut. Setelah menyelesaikan latihan barulah kamu bisa mengikuti balapan utama di level bersangkutan melalui mode race.

    [​IMG]

    Pada mulanya saya merasa kewajiban latihan dulu sebelum mulai balapan adalah hal yg menyebalkan & tidak penting. Namun seiring semakin jauh saya bermain Harold, semakin terasa juga pentingnya mode ini demi mempersiapkan dirimu menghadapi balapan yg jelas jauh dari kata mudah.

    Mode terakhir yaitu mode challenge baru terbuka jika kamu telah memenangkan balapan. Dalam mode ekstra ini Harold akan berada dalam keadaan ngebut non-stop & tugas kamu hanyalah membantu dia untuk mengumpulkan bintang yg tersebar di level tanpa jatuh sama sekali.

    Pada mulanya saya hendak mengkritisi tingkat kesulitan tinggi yg ada di Harold, namun ketika saya berhasil menyelesaikan tantangan yg sempat membuat saya hampir stres, perasaan puas & bangga jelas mengisi diri saya. Mungkin perasaan puas yg ada tidak akan seperti yg kamu rasakan ketika menamatkan game seperti Dark Souls II / Binding of Isaac, tapi tetap saja perasaan tersebut cukup menyenangkan.
    Hiburan Mata Dan Telinga[​IMG]Kesialan apa lagi yg akan menimpa Harold tiba-tiba ya? Dijamin kamu tidak akan menduganya

    Kita sudah membahas gameplay yg sepertinya memang tidak akan sesuai dengan selera gamer kasual. Lalu bagaimana dengan kualitas audio & visual game ini? Untuk urusan ini tidak perlu diragukan lagi karena Harold jelas menyajikan presentasi luar biasa yg membuat perasaan pegal & stres memainkannya terasa terbayar oleh animasi-animasi yg sangat keren & lucu, beserta musik epik yg mengiringinya (walaupun musik epik hanya akan muncul kalau progres di balapan kamu bagus).

    Animasi & gaya gambar Harold sangat mengingatkan saya akan film animasi buatan Disney / animasi-animasi klasik lainnya. Cerita disampaikan dengan animasi yg bisa dibilang cukup simpel tapi tetap enak dilihat. Sedangkan ketika balapan, baik sebelum mulai ataupun di tengah-tengah balapan, animasi yg kamu lihat jelas merupakan suguhan papan atas yg jarang ditemukan di game buatan developer AAA sekalipun.

    Serunya lagi, ketika balapan tiap level akan memiliki jalur pintas rahasia yg bisa Harold temukan. Setiap kali kamu mengakses jalur pintas rahasia tersebut, animasi singkat yg sangat lucu & berkualitas disajikan dengan begitu apiknya, membuat ketegangan ketika balapan kendur sementara … sebelum menegang kembali begitu Harold kembali ke trek beberapa meter di depan pelari lainnya.
    Kesimpulan
    [​IMG]

    Setelah memainkan Harold beberapa lama, saya sempat dibuat berpikir bahwa sepertinya game ini lebih cocok untuk hadir dengan kontrol layar sentuh seperti di tablet. Dengan begitu game bisa dibilang jadi lebih mudah & nyaman untuk dimainkan. Tapi kemudian saya ingat, untuk beberapa game tingkat kesulitan yg tinggi justru mungkin merupakan poin bagus tersendiri. Lagi pula, jika tidak dimainkan di layar besar, game ini jelas akan kehilangan pesona utamanya sebagai sebuah game dengan kualitas animasi yg keterlaluan bagusnya.

    Secara keseluruhan pengalaman yg disuguhkan Harold cukup menyenangkan. Kamu memang akan dibuat cukup stres dengan tingkat kesulitan yg dimiliki game ini, tapi begitu kamu menikmati sajian animasi berkualitas di dalamnya, segalanya langsung terasa menyenangkan. Bahkan rasanya membeli Harold untuk kualitas visualnya saja bukanlah hal yg buruk menurut saya (asalkan kamu beli ketika diskon). Jika kamu butuh hiburan dalam bentuk tantangan sulit sambil memanjakan mata kamu, Harold jelas bukan sebuah game yg boleh dilewatkan begitu saja.

    Steam Link: Harold, Rp. 101.999
    Review OverviewGraphic5Gameplay3.5Value3.54Good
    Pros: Kualitas animasi & visual yg keterlaluan bagusnya | Konsep yg tidak baru tapi tetap menyegarkan | Tantangan cukup tinggi bagi penggemar game susah

    Cons: Tema layaknya game kasual, namun tingkat kesulitan yg jauh dari istilah kasualTagsArcade

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page