Review Harvest Moon: Seeds of Memories | Tech in Asia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 19, 2016.

Discuss Review Harvest Moon: Seeds of Memories | Tech in Asia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Setelah penantian panjang oleh banyak gamer di seluruh dunia, khususnya di Indonesia, akhirnya Harvest Moon: Seeds of Memories rilis untuk perangkat iOS. Tentunya banyak gamer di Indonesia yg menantikan game ini karena teringat popularitasHarvest Moon: Back to Nature yg hadir di PlayStation.

    Hadirnya seri terbaru Harvest Moon di smartphone ini menjadi angin segar bagi kamuyang ingin bernostalgia. Dapat dikatakan bahwa Harvest Moon: Seeds of Memories adalah game Harvest Moon pertama di perangkat mobile yang memiliki fitur gameplay yang lengkap,tidak sepertiHarvest Moon: Frantic Farmingyang dirilis tahun 2009 silam danberupa game puzzle.
    Plot yg Familier
    [​IMG]

    Sesuai dengan janjinya, Natsume benar-benar menghadirkan Harvest Moon: Seeds of Memories dengan gameplay yang akan mengingatkan kamudengan seri Harvest Moon terdahulu. Kamudiminta untuk memilih karakter utama, laki-laki / perempuan, miripdengan Harvest Moon: Boy and Girl. Selanjutnya, kamuakan diminta untuk memasukkan namasertatanggal kelahiran karaktermu sesuai keinginan.

    Kisah Harvest Moon: Seeds of Memorieshampir sama dengan Harvest Moon: Back to Nature, yakni tentang menyelamatkan perkebunan. Kurcaci kecil akan mengajak karakter utama untuk merawat kebun beserta isinya dengan tujuan mengembalikan ingatan warga akan adanya perkebunan. Alasan sederhana inilah yg membuat karakter utama setujuuntuk tinggal & merawat kebun.

    Dari cerita awal ini, sudah tampak bahwa plot pada Harvest Moon: Seeds of Memories tidak sedalam Harvest Moon: Back to Nature yg mengandalkan kedekatan emosional karakter utama dengan sang kakek, sertakeinginan untuk mencari tahu teman masa kecil yg sempat terlupakan. Tokoh utama kali ini tidak jelasasal-usulmaupun motivasinya, bahkan serta-mertabersedia menerima tawaran kurcaci yg tidak dapat dilihat oleh orang awam.
    Navigasi Layar Sentuh yg Mudah
    [​IMG]

    Natsume berhasil memanfaatkan fitur layar sentuh yg membuat game ini cocok dimainkan di smartphone. Kamuakan diajak bernostalgia menanam berbagai macam sayur mayur, buah-buahan, bunga, & juga pohon yg nantinya dapat berbuah.

    Tidak hanya membajak & menyiram saja,gamerjuga dapat menambahkan pupuk untuk meningkatkan kualitas tanaman. Pilihan pupuknya pun beragam, sehingga perlu jeli untuk memilih yg terbaik.

    [​IMG]

    Selain itu, tidak lupa juga pengalaman untuk merawat ayam, sapi, domba, & kuda. Hal yg menarik yg dapat ditemukan oleh gamer nantinya adalah kuda yg dirawat dengan baik dapat ditunggangi & dapat dibawa pergi ke luar perkebunan. Tentunya, hal ini akan semakin menghemat waktu.

    Adapun, game ini menerapkan juga sistem waktu yg bergerak cepat di luar ruangan, namun waktu akan berhenti saat memasuki ruangan. Selebihnya, cara berkebun & beternak hampir sama denganHarvest Moon:Back to Nature.
    Misi untuk Menjalin Hubungan
    [​IMG]

    Selain menjalankan perkebunan, akan ada misi untuk menjalin hubungan dengan warga desa, terutama untuk calon kekasih. Kedekatan dengan warga / calon kekasih dapat dilihat dari not balok yg perlahan-lahan berubah warna dari gelap menjadi merah. Semakin banyak not balok yg terisi, semakin dekat karakter dengan warga.

    Untuk meningkatkannya, kamu perlu untuk lebih sering bercakap-cakap & mengetahui kesukaan tiap orang dengan mencoba memberikan barang-barang yg sebagian besar berhubungan dengan profesi / hobi tiap orang. Namun, uniknya, setiap hari tokoh utama hanya dapat memberikan satu barang. Ada dua simbol yg muncul di atas kepala sebagai penanda rasa suka. Pertama, not balok kuning yg berarti menyukai. Kedua, lambang cinta yg berarti sangat menyukai.

    [​IMG]

    Akan ada karakter peramal bernama Tabitha yg dapat memberikan informasi acak tentang kesukaan tiap orang. Ia pun yg nantinya menjadi peramal cuaca menggantikan televisi yg biasanya menyampaikan ramalan cuaca.

    Akan ada misi yg dapat dilihat dalam daftar Memories yg perlu untuk dituntaskan. Totalnya ada 150, mulai dari berkenalan dengan para warga hingga membantu memecahkan berbagai permasalahan. Selebihnya, ada beragam hal yg dapat dikerjakan, mulai dari bercocok tanam, memelihara ternak, memancing ikan, menambang logam, & merawat anjing serta kucing.

    Sedangkan untuk urusan menyimpan progres permainanmu, menyimpan data permainan(save) dapat dilakukan di mana saja, tidak terbatas di tempat tidur. Namun, sayang sekali karena game ini belum menyediakan layanan penyimpanan otomatis (auto-save) yg memudahkan gamer untuk menyimpan data, apalagi mengingat game ini dimainkan di smartphone yg bisa saja penuh notifikasi & distraksi.
    Grafis yg Kaku
    [​IMG]

    Sementara itu, grafis game yg ada bisa dibilang terasa sangat kaku. Tampilannya masih 2D lewat perspektif dari atas. Sangat disayangkan mengingat di era mutakhir dengan perkembangan smartphone sekarang ini seharusnya memungkinkan untuk membuat game dengan grafis 3D, namun tetap meninggalkan kesan lucu khas Harvest Moon.

    Grafis yg kaku ini seolah membuyarkan ekspektasi akan game Harvest Moon yg menggemaskan dengan grafis yg mengingatkan gamer akan anime / manga Jepang..

    [​IMG]

    Peta wilayah pun tergambar kurang proporsional saat berada di dalam & di luar ruangan. Selain itu, akan terasa bahwa beberapa rumah penduduk memiliki desain interior yg sama, terlihat dari penempatan barang-barangnya.

    Secara keseluruhan, total wilayah di game ini termasuk sempit karena hanya mengandalkan tiga latar, yaitu perkebunan, pemukiman, & gunung. Namun, wilayah yg sempit itu memang membuat akses ke mana saja jadi lebih mudah & menghemat waktu.

    Untuk urusan audio, musik latar dibuat dengan aransemen sederhana, namun cukup mampu membangun atmosfer cerita. Akan tetapi, saat pengulangan lagu terdengar perpindahan yg kasar sehingga kurang mengenakkan telinga.
    Kesimpulan: Coba Pikirkan Kembali untuk Membeli
    [​IMG]

    Saat ini, Natsume memang baru merilis Harvest Moon: Seed of Memories untuk perangkat iOS. Namun, mereka berjanji akan merilis untuk perangkat Android beberapa bulan ke depan. Sementara itu, untuk PC & Wii U dikabarkan akan rilis di akhir tahun.

    Harvest Moon: Seeds of Memories di perangkat iOS dapat diunduh dengan harga Rp149.000 & ukuran data sebesar 148 MB. Harganya cukup mahal danbelum sebanding dengan kualitas yg didapat.

    Secara keseluruhan, Harvest Moon: Seeds of Memories belum menjawab harapan saya untuk sebuah Harvest Moon berkualitas di perangkat smartphone. Masih banyak hal yg sebenarnya dapat dimaksimalkan, mulai dari inovasi grafis, plot, hingga gameplay.Gamelegendaris memang dapat dibuat ulang, namun perlu adanya inovasiagar penikmatnya tidak merasa bosan karenamonoton.
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] HARVEST MOON: Seeds Of Memories Natsume Inc. - Jan 13, 2016 Genre: Games, Simulation, Entertainment, Role-Playing Size: 140.85 MB Installs: N/A Rp. 149.000 Download [​IMG]

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page