Review Hero Emblems | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 24, 2015.

Discuss Review Hero Emblems | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,764
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    24/01/2015

    Beberapa minggu yg lalu saya sempat membuat preview untuk Hero Emblems dari developer HeatPot Games yg berlokasi di Taiwan. Kala itu saya sangat terpukau dengan game ini & memutuskan untuk terus memainkannya & ternyata semakin lama saya bermain game ini semakin menunjukkan taringnya. Oleh karena itu saya merasa harus membuat ulasan agar kamu mengetahui Hero Emblems lebih dalam lagi & yg lebih penting bisa ikut merasakan sensasinya sama seperti saya.

    Saya menyarankan kamu membaca terlebih dahulu preview yg sudah saya buat sebelum mulai membaca review ini. Alasannya karena saya tidak akan lagi membahas mengenai mekanik Hero Emblems karena sudah tersedia di sana. Ulasan ini akan lebih membeberkan sebenarnya apa inti dari Hero Emblems & kenapa kamu harus mencobanya.

    [​IMG]

    Hero Emblems bercerita tentang sebuah perjalanan para kesatria yg dilatih oleh seorang guru untuk menyelamatkan sebuah kerajaan. Para monster & kekuatan jahat menyerang kerajaan tersebut yg menyebabkan sang raja terkapar karena pengaruh magis. Kesatria tersebut diharuskan untuk mencari obat yg sebenarnya malah membawa mereka ke cerita lainnya yg lebih dalam dengan penuh intrik & lika-liku.

    Cerita dalam Hero Emblems sebenarnya mengarahkan game ini dari yg kelihatannya (dari screenshot)merupakan game match-3 puzzlebiasa menjadi sebuah layaknya sebuah adventure RPG. Unsur cerita dalam game sendiri tidaklah dibuat dengan monoton. Justru sebaliknya sang developer memasukkan juga unsur humor yg cukup segar & membuat game ini menjadi jauh lebih berwarna.

    [​IMG]

    Lain soal cerita, saat menjajal game ini dalam kurun waktu yg lebih lama, core gameplay yg merupakan match-3 puzzle pun tidak nampak sebagai sebuah inti permainan. Saya lebih merasa unsur match-3 puzzle hanyalah sebuah pembungkus yg manis dibalik genre strategi yg menurut saya merupakan inti dari Hero Emblems. Dengan absennya timer, maka kamu tidak perlu buru-buru mencocokkan setiap tile yg ada, tetapi sebaliknya, kamu bisa dengan santai mencari tile yg tepat untuk dicocokkan agar sang musuh bisa kamu hajar dengan jumlah damage yg besar.

    Sistem battle secara turn based antara kumpulan kesatria kamu dengan para musuh juga akan membuat kamu berpikir, berapa sisa langkah yg bisa kamu gunakan sebelum musuh menyerang. Dengan informasi tersebut maka kamu bisa memutuskan apakah kamu akan menyerang / malah memperkuat pertahanan & juga mengembalikan darah yg terkuras akibat diserang musuh. Saya sendiri berkesimpulan game ini bukanlah berfokus untuk mencocokkan 3 buah tile yg sama saja, tetapi lebih kepada mencari jumlah tile yg lebih banyak untuk dicocokkan agar bisa menghasilkan damage yg lebih besar / juga mencari serangan combo agar musuh bisa lebih efektif dikalahkan.

    Ada hal lainnya yg juga membuat game ini semakin menarik yaitu hadirnya pertempuran melawan bos. Namun sebelum melawannya, kamu akan bertemu dengan para serdadunya yg akan membuat kamu cukup kerepotan. Oleh karena itu skill & juga persediaan potion yg cukup dibutuhkan agar kamu bisa bertahan mengalahkan bos & lanjut ke misi serta cerita selanjutnya.

    [​IMG]

    Bicara soal skill, di sinilah peran RPG dalam Hero Emblems bermain. Setiap kesatria yg ada memiliki status masing-masing & kamu bisa menaikkan status mereka dengan cara membeli sebuah emblem. Selain emblem, mereka juga bisa menggunakan skill khusus seperti misalnya menebas musuh dengan pedang berpetir ketika kamu bisa mencocokkan empat tile / lebih. Untuk membeli emblem & juga skill tentu saja dibutuhkan uang yg tidak sedikit. Untuk menyiasatinya, kamu bisa grinding dengan cara berjalan-jalan di sekitar map untuk bertemu dengan musuh secara acak layaknya bermain Pokemon.

    Well, karena Hero Emblems adalah game berbayar maka kamu pasti bertanya kenapa harus ada grinding? Sejujurnya, saya sendiri juga tidak tahu. Mungkin hal tersebut bagian dari unsur RPG yg melekat pada dirinya. Tapi bisa saya bilang, proses grinding dalam game ini cukup menyenangkan & proses mendapatkan uang juga tidak terlalu berat. Kesimpulannya grinding dalam Hero Emblems cukup seimbang.

    [​IMG]

    Secara keseluruhan, Hero Emblems menjadi suguhan yg sangat segar yg kaya akan genre campur aduk seperti adventure, RPG, & strategi dalam bungkus match-3 puzzle. Hal tersebut semakin diperkuat dengan kehadiran map yg luas, grafis & animasi yg cukup menawan, & juga playtime yg cukup panjang tetapi tetap dapat dinikmati kapan pun kamu mau.

    Maka tidak salah kalau Hero Emblems saya ibaratkan seperti gado-gado bon bin yg mempunyai banyak campuran sayurdanwalaupun bukan jenis makanan baru, tetapi rasanya masih menggugah selera makan. Klasik, tetapi dengan eksekusi sempurna. Tentu saja game ini sangat wajib kamu coba, sama seperti gado-gado bon bin!

    Apple App Store Link: Hero Emblems, Rp. 45000
    Review OverviewGraphic4Gameplay5Value4.55Excellent
    Pros: Campuran adventure, RPG, strategi dalam balutan match-3 puzzle | Eksekusi game dengan sempurna | Selingan humor yg membuat game tidak monoton | Map yg luas & playtime yg cukup lama tapi tetap bisa dimainkan kapanpun | Sistem skill yg cukup banyak untuk tiap kesatria

    Cons: Bisa bikin ketagihan XDTagsAdventure Puzzle Role Playing Strategy

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page