Review Horizon Chase | Tech in Asia Games

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 20, 2015.

Discuss Review Horizon Chase | Tech in Asia Games in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,758
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Pertemuan perdanasaya dengan game balapan adalah dengan Out Run di sebuahpusat perbelanjaan. Saya yg masih kecil sangat terpesona dengan setir yg bisa diputar-putar serta aksi kebut-kebutan yg ditampilkan dengan grafis piksel khas mesin arcade di era awal 90-an.

    Kekaguman terhadap Out Run menjadi pemicu kecintaan saya terhadap genre racing.Saya tidak bosan-bosannya memainkan game balapan lain seperti Hang On, Out Runners,atauTop Gear.

    Kini sekitar tiga dekade sejak game balapan diciptakan, sekelompok developer game asal Brazil merilis sebuah karyayang mencoba menggugah perasaan nostalgia terhadap jenis game yg saya cintai hingga kini. Apakah niat itu dapat tersampaikan dengan baik melalui gameperdana mereka yg berjudul Horizon Chase ini?

    [​IMG]

    [​IMG]
    Surat Cinta kepada Penggemar Game Balapan Klasik
    Dari deskripsi yg ditulis oleh Aquiris Game Studio, Horizon Chase adalah sebuah surat cinta yg ditujukan kepada para penggemar game balapan di era awal 90-an. Semua elemen di dalam game ini terinspirasi dari seri klasik yg mereka cintai.

    “Kami sangat ingin bermain game racing klasik yg simpel namun mengasyikkan, dengangrafis yg cerah & indah, serta dilengkapi musik energik. Sayangnya kami tidak menemukan game di pasaran yg memenuhi kriteria tersebut, sehingga kami memutuskan untuk membuat versi kami sendiri,” ungkap Direktur Bisnis Aquiris Sandro Manfredini.

    Kecintaan tersebut tercermin di semua elemen yg ada pada Horizon Chase. Saya yg telah memainkannya beberapa saat pun ikut jatuh hati terhadap karya perdana Aquiris Game Studio di platform mobile.
    Balapan Simpel yangMengasyikkan
    Salah satu daya tarik pada game racing klasik adalah gameplaysimpel yangtetap terasa seru. Pemain hanya dibekali setir, pedal gas, serta rem. Tuas persneling yg ada pun biasanya hanya memberikan pilihan kecepatan rendah / tinggi.

    Walaupun kendali mobil tersebut sangat jauh dari realisme mengemudi sungguhan, para pemain tetap dapat terhibur dengan gameplay yg dinamis serta memiliki tempo cepat. Adrenalin para pemain ikut terpacu melihat mobil yg melesat cepat pada lintasan dengan pemandangan yg berkelebat di sekitarnyasaat berpacu dengan waktu.

    Horizon Chase menghadirkan sensasi mirip dengan yg telah saya jabarkan di atas. Mobil di dalam game dapat dikendalikan dengan mudah sambil melewati lintasan yg bergerak cepat. Saking simpelnya gameplay di sini, saya rasa semua kalangan umur pun dapat menguasai & menikmatinya tanpa masalah.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
    Beragam OpsiPengendalian untuk Semua Jenis Gamer
    Mengendalikan mobil di Horizon Chase tidak memerlukan keterampilan khusus layaknya pembalap profesional. Aquiris telah merancang skema kemudisesimpel mungkin agar sesuai dengan tema game balapan klasik.

    Saya hanya dihadapkan pada dua tombol virtual untuk menyetir mobil ke kanan & ke kiri. Pedal gas & tombol nitro untuk mempercepat laju terletak berdekatan dengan kendali horizontal mobil. Melepas pedal gas akan mengaktifkan rem mobil secara otomatis.

    Bila kendali ini tidak sesuai dengan gaya menyetir kamu, Horizon Chase telah menyediakan tujuh skema kemudilainnya. Beberapa di antaranya bahkan menghilangkan tombol virtual & memanfaatkan sensor akselerometer yg tertanam di perangkat. Bila kamu memiliki aksesoris controller Bluetooth eksternal, maka kamu juga bisa menggunakannya di game ini.

    [​IMG]
    Balapan Keliling Dunia
    Selain tema retro, tema lain yg diusung di Horizon Chase adalah perjalanan keliling dunia. Aquiris telah mendesain delapan stage yg terinspirasi dari delapan negara di berbagai belahan dunia.

    Saya diajak untuk mengarungibermacam negara yg terletak di benua berbeda. Perjalanan menjadi nomor satu membawa saya melintasi trek di Amerika Serikat, Afrika Selatan, Yunani, hingga ke India. Semua lokasi terasa spesial berkat latar belakang yg khas serta penampilan berbagai landmark yg mudah dikenali.

    Setiap negara yg dilewati setidaknya memiliki enam hingga delapan lintasan untuk ditaklukkan. Jumlah lintasan ini sangat banyak, dengan total mencapai 73 trek di keseluruhan game.

    [​IMG]

    [​IMG]
    Bukan Sekadar Balapan Biasa
    Walaupun mekanisme balapan di Horizon Chase terbilang simpel, namun developer telah menyediakan beragam tantangan lain yg lebih dari sekadar menjadi yg terdepan. Saya ditantang untuk mengoleksi item Stamp serta jeriken bensin yg tersebar di lintasan.

    Item Stamp berguna untuk meningkatkan jumlah poin yg diperoleh di setiap akhir balapan. Poin ini berguna untuk membuka lintasan baru yg berada di negara berikutnya. Trek baru tersebut hanyaakan terbuka bila saya telah berhasil mengumpulkan sejumlah poin sesuai dengan yg disyaratkan.

    Laju mobil di setiap lintasan juga dibatasi dengan ketersediaan bensin. Mobil yg saya kendalikan hanya mampu melaju bila masih ada bensin di tangki. Sistemini menghadirkantantangan tersendiri karena memberikan efek balancing kepada mobil-mobil yg ada. Mobil yg cepat biasanya haus bensin, sedangkan mobil yg lambat lebih irit.

    Selain membuka lintasan baru, saya juga ditantang untuk mengoleksi semua jenis mobil beserta upgade yg tersedia di dalam game. Setiap stage memiliki tantangan khusus di luar pertandingan utama yg dapat membuka akses terhadap puluhan jenis mobil serta beragam upgrade untuk meningkatkan performanya.

    [​IMG]
    Penyempurnaan Grafis Klasik
    Aquiris Game Studio tidak serta-merta menggunakan grafis piksel untuk menimbulkan kesan klasik. Mereka memutuskan untuk menggunakan gaya grafis low-poly yg lebih sesuai dengan game modern, & saya rasa ini adalah keputusan yg tepat.

    Dunia Horizon Chase terlihat sangat cerah & dinamis. Walau digambarkan dengan penuh sudut & siku, setiap objek yg terlihat di lintasan tampak meyakinkan dengan jumlah variasi yg sangat banyak. Performa grafis game ini pun patut diacungi jempol karena mampu menghadirkan animasi yg sangat lancar hingga 60 fps.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Pergerakan mobil di lintasan sama sekali tidak mengalami kendala walaupun dijejali dua puluh mobil secara bersamaan. Saking lancarnya grafis di sini, saya merasa sedang mengendarai sebuah mobil di lintasan rollercoaster yg melesat dengan kencang.

    Satu-satunya hal yg agak mengganggu permainan adalah ketika terjadi penurunan frame rate saat efek cuaca hadir. Beberapa lintasan di Horizon Chase melibatkan hujan salju maupun badai petir yg terlihat keren. Sayangnya efek tersebut malah kadang membuat grafis terbebani & terjadi perlambatan animasi.
    [​IMG]
    [​IMG]
    Musik Penuh Energi
    Pihak developer sangat serius menggarap Horizon Chase sebagai representasi game balapan klasik. Sangat serius hingga mereka merekrut komposer musik yg pernah membuat soundtrack pada game serupa di console 16-bit silam.

    Orang yg mereka rekrut adalah Barry Leitch, komposer yg bertanggung jawab atas soundtrack pada seri Top Gear. Berkat dirinya, pengalaman saya mengebut di sini ditemani dengan musik-musik techno yg penuh semangat & terdengar pas dengan tempo cepat pada balapan.

    Walaupun soundtrack di sini terdengar keren, namun jumlah variasi yg ada menurut saya terlalu sedikit untuk dimainkan di seluruh 73 trek. Saya kembali mendengar musik yg sama setelah menjalani beberapa balapan. Selain itu, efek suara yg dihadirkan di sini juga tidak ada yg istimewa.

    [​IMG]
    Game Retro dengan Kualitas Premium
    Horizon Chase dipasarkan sebagai game premium dengan banderol Rp35.000. Dengan harga segitu, saya dapat menikmati keseluruhan isi game dengan gameplay yg bisa mencapai belasan bahkan puluhan jam. Saya rasa harga ini sangat terjangkau & merupakan salah satu penawaran terbaik dalam dunia game mobile.

    Saya sangat merekomendasikangameini untuk dimainkan semua pencinta genre racing arcade. Tampaknya Horizon Chasejuga akan menjadi salah satu kandidat game favorit saya di tahun 2015.

    Update: Kini Horizon Chase sudah tersedia di Google Play Store! Para pengguna Android dapat mengunduhnya secara cuma-cuma untuk mencicipi lima trek awal di game ini sekarang juga.

    [​IMG]

    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Horizon Chase - World Tour Aquiris Game Studio - Aug 20, 2015 Genre: Games, Entertainment, Sports, Racing Size: 223.88 MB Installs: N/A Rp. 45.000 Download [​IMG][​IMG]

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page