Review Nuclear Throne | Tech in Asia Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 11, 2015.

Discuss Review Nuclear Throne | Tech in Asia Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,758
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Jika ditanya apa game yg paling sering saya mainkan selama dua tahun terakhir, saya tidak akan berpikir panjang untuk segera menjawab Nuclear Throne yg dikembangkan oleh Vlambeer. Game yg dirilis melalui Steam Early Access pada bulan Oktober tahun 2013 ini telah melalui proses pengembangan selama dua tahun lebih dengan update rutin setiap minggunya.

    Sebagai salah satu game yg bisa menjadi contoh sempurna bagaimana seharusnya Early Access berlangsung, Nuclear Throne telah berhasil menggaet ribuan penggemar, termasuk saya sendiri. Kini setelah dinyatakan “selesai” oleh Vlambeer, barulah saya bisa membuat review lengkap dari Nuclear Throne.

    Bagi kamu yg sering melihat nama saya muncul di Steam memainkan Nuclear Throne, akhirnya kamu dapat menemukan alasan dari kegiatan rutin saya tersebut di bawah ini.
    Dunia yg Bisu
    [​IMG]

    Nuclear Throne adalah sebuah game dengan latar belakang dunia pascakiamat alias post-apocalypse. Namun berbeda dengan nuansa post-apocalypse ala Fallout,nuansa kehancuran di Nuclear Throne lebih terasa komikal dengan desain karakter yg terkena radiasi jauh lebih ekstrem daripada korban radiasi di Fallout.

    Meskipun ketika bermain kamu tidak akan merasakan adanya narasi sama sekali, sebenarnya Nuclear Throne punya cerita menarik yg hanya bisa diikuti dengan cara mengamati lingkungan & desain karakter, komentar developer selama mereka melakukan livestreaming pengembangan Nuclear Throne, ataupun dengan giatmembaca Wikia yg kontennya begitu rajin diisi oleh para penggemar dari masa awal game ini saat masih berstatus Early Access.

    [​IMG]

    Apa yg dilakukan Vlambeer untuk urusan cerita di Nuclear Throne sebenarnya sangatlah menarik. Cerita yg ada dalam game cukup seru untuk diikuti oleh orang yg berminat, tapi pemain yg hanya ingin bermain game pemacu adrenalin penuh kekacauan bisa saja langsung terjun ke dalam game tanpa memedulikan aspek dunia & ceritanya sama sekali.

    Jujur saja, mendeskripsikan tentang penyampaian cerita & detail dunia dari Nuclear Throne sangat mengingatkan saya dengan game Shadow of the Colossus. Meskipun ketika bermain saya tidak merasakan hubungan sama sekali antara Nuclear Throne & game arahan Fumito Ueda tersebut, tapi melihat bagaimana kedua game menyajikan begitu minim informasi tentang dunia fiksi mereka secara keseluruhan & kebanyakan rekor mengenainya disusun sendiri oleh penggemar fanatik, kemiripan yg cukup signifikan jelas terasa.
    Hidup Cuma Berkali-kali
    [​IMG]

    Kematian adalah sebuah hal yg akan sering kamu alami di Nuclear Throne. Berbeda dengan Dark Souls II ataupun Bloodborne yg juga sering membuat kamu melihat karaktermu mati dengan tragis (dan sering juga dengan konyol), kematian di Nuclear Throne lebih menghukum karena bersifat permanen.

    Permanen di sini tentunya bukan berarti sekali mati maka kamu tidak akan bisa bermain lagi, tetapi jika kamu mati maka kamu harus mengulang petualanganmu dari level pertama. Sebuah sistem yg biasa ditemukan di game bergenre roguelike seperti Binding of Isaac: Rebirth.

    Sebelum memulai kamu akan diberikan pilihan beberapa karakter yg dapat kamu mainkan. Masing-masing karakter hadir dengan penampilan unik serta kemampuan aktif & pasif yg berbeda. Contohnya seperti Crystal (karakter favorit saya) yg memiliki jumlah nyawa paling besar & kemampuan untuk membuat dirinya menjadi tameng, ada juga Fish yg memiliki kecepatan tinggi & bisa berguling dengan cepat untuk menghindari serangan musuh, & masih banyak lagi.

    [​IMG]

    Selama bermain, kamu cukup menghabisi seluruh musuh yg ada di tiap level. Di setiap level, yg juga didesain dengan acak sehingga pengalaman bermainmu selalu berbeda, akan ada peti-peti harta yg berisi peluru, obat-obatan, ataupun senjata. Ada juga tangki yg berisi objek radiasi berwarna hijau yg berfungsi sebagai experience point.

    Selain melalui tangki tersebut, radiasi juga bisa didapatkan dari musuh-musuh yg dikalahkan. Setiap mengumpulkan radiasi yg cukup, level karaktermu akan naik & kamu bisa memperoleh kesempatan untuk memilih kemampuan pasif baru yg akan menemani petualanganmu menuju Nuclear Throne.

    Di atas elemen-elemen gameplay yg sebenarnya cukup simpel ini, Vlambeer telah mendesain tantangan-tantangan yg membuat kamu mau kembali bermain Nuclear Throne setidaknya sekali dalam sehari. Tantangan tersebut muncul dalam bentuk Daily Challenge & Weekly Challenge.

    [​IMG]

    Dalam Daily Challenge, kamu & ribuan pemain Nuclear Throne akan disajikan dengan deretan level yg memiliki desain yg sama. Kamu hanya bisa mencoba bermain sekali saja setiap harinya, & begitu mati, skor kamu akan dibandingkan dengan pemain lainnya di seluruh dunia. Tentunya kamu masih bisa tetap bermain Nuclear Throne hari itu, hanya saja kesempatan untuk mencoba Daily Challenge hanya tersedia setiap 24 jam sekali. Level baru akan dikeluarkan setiap pukul tujuh pagi.

    Sedangkan dalam Weekly Challenge yg hanya tersedia selama weekend, kamu akan disajikan dengan sebuah sesi permainan yg sudah ditentukan. Artinya karakter, penyebaran musuh & item, serta desain level betul-betul sudah tidak akan berubah selama weekend. Kamu bisa mengulang sesi permainan ini terus menerus selama weekend & perjuangan terbaikmu akan dihitung sebagai skor akhir yg diadu dengan pemain lain di seluruh dunia.

    [​IMG]

    Baik Daily Challenge maupun Weekly Challenge tidak akan memberikan kamu apapun selain rasa bangga bisa mendapat posisi tinggi di antara pemain Nuclear Throne lainnya.Tapi justru di situlah yg membuat kedua tantangan ini sangat menarik.

    Perlu dicamkan baik-baik, Nuclear Throne memiliki tingkat kesulitan yg amat sangat tinggi. Jadi kamu harus rajin-rajin bereksperimen dengan karakter, pilihan senjata, & kemampuan pasif yg ada untuk menemukan kombinasi paling ideal sesuai seleramuuntuk menjelajahi wasteland.
    Penuh Rahasia
    Salah satu hal yg paling menarik dari Nuclear Throne adalah betapa banyaknya rahasia yg terdapat di dalam game. Rahasia-rahasia ini hadir dalam berbagai wujud, mulai dari senjata rahasia, senjata super rahasia, berbagai karakter baru untuk dimainkan, level-level tersembunyi, & masih banyak lagi.

    [​IMG]

    Menariknya, cara mengakses rahasia-rahasia ini amatlah sulit. Ada yg memang membutuhkan kemampuan bermain yg tinggi & hanya bisa diakses setelah kamu mengalahkan bos terakhir, ada juga yg perlu ketelitian & langkah-langkah yg sama sekali tidak terduga yg mungkin hanya bisa kamu temukan kalau kamu betul-betul super teliti / sekadar beruntung menemukannya dengan tidak sengaja.

    Saya tidak akan memberi tahu apa saja rahasia yg ada di game ini, tapi semuanya bisa kamu temukan di Wikia dari Nuclear Throne. Saran saya, cobalah mainkan game ini tanpa banyak-banyak membaca panduan, karena momen-momen ketika kamu berhasil menemukan sebuah rahasiaadalah salah satu perasaan paling seru yg sudah sangat jarang bisa saya temukan dalam sebuah game.
    Presentasi Penghancur
    Tidak banyak yg perlu dibahas urusan grafis & audio dari Nuclear Throne. Game ini hadir dengan visual piksel yg tampak sangat keren. Detail-detail yg tampak minor pun juga ditampilkan dengan begitu menarik, memberikan sentuhan spesial ketika kamu memainkannya.
    [​IMG]Tampilan ketika game ini masih Early Access
    [​IMG]Tampilan ketika game ini masih Early Access

    Satu hal yg membuat visual Nuclear Throne spesial bagi saya adalah karena saya telah memainkannya dari masa Early Access, & menyaksikan perkembangan-perkembangan minor di game ini jelas merupakan hal menarik tersendiri. Oh iya jangan lupa, game ini juga memiliki efek visual yg sangat penting & menjadi ciri khas Vlambeer … apa lagi kalau bukan layar yg bergetar.

    Untuk urusan musik, siapkan kupingmu untuk efek suara penuh distorsi yg akan membuat petualanganmu terasa seperti di dunia Mad Max. Dijamin adrenalinmu akan terpacu ketika menghabisi para musuh yg berkeliaran.
    Kesimpulan
    Layaknya game buatan Vlambeer lainnya, Nuclear Throne dibangun di atas konsep-konsep yg simpel, namun didesain dengan sangat baik sehingga memainkannya pun bisa menjadi pengalaman yg spesial.

    Itulah kenapa tidak banyak elemen gameplay dasar yg bisa saya bahas, karena memang pada dasarnya di game ini kamu hanya perlu menghabisi seluruh musuh yg kamu temui, mati, & mengulangi semuanya terus-menerus sampai kamu semakin pandai. Saya rasa kata padat adalah kata paling cocok untuk mendeskripsikan game buatan Vlambeer, termasuk Nuclear Throne tentunya.

    [​IMG]

    Saat ini Nuclear Throne bisa kamu dapatkan di PS4, PS Vita, PC, Mac, & Linux. Nuclear Throne tidak pernah mendapatkan potongan harga dari pertama kali dirilis sebagai Early Access. Meskipun begitu pada pertengahan tahun ini, total kopi yg terjual dari Nuclear Throne mencapai angka seratus ribu kopi. Pencapaian tersebut harusnya cukup untuk mewakili kualitas yg dimiliki game ini.

    Sebagai seseorang yg sudah memainkan Nuclear Throne selama 165 jam dalam dua tahun terakhir, rasanya tidak sulit bagi saya untuk merekomendasikan Nuclear Throne kepada kamu semua. Jangan buang waktu lagi, segera kunjungi tautan di bawah, & bersiaplah untuk membuat kekacauan di dunia yg sudah kacau.
    Steam Link: Nuclear Throne, Rp. 99.999
    PlayStation Store US: Nuclear Throne, $11,99 (sekitar Rp170.000)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page