Review PixWing | Tech in Asia Games

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 15, 2015.

Discuss Review PixWing | Tech in Asia Games in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,757
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Sejak pertama kali diberitakan oleh Nizar di awal tahun 2015, saya sudah penasaran dengan PixWing yg menampilkan game simulasi pesawat dengan grafis ala Minecraft. Sekelompok developer indie yg menamakan diri mereka RymPow Team berhasil menggugah rasa penasaran saya dengan grafis voxel yg sederhana namuntetap berkarisma.

    Kini kurang lebih delapan bulan kemudian, akhirnya RymPow Team telah merilis PixWing di iOS minggu lalu. Saya pun langsung mencobanya untuk merasakan sendiri sensasi berputar-putar memanfaatkan sensor gyroscope untuk mengendalikan pesawat. Apakah pengalaman tersebut memang terbukti menyenangkan? Mari simak ulasan saya di bawah ini.

    [​IMG]
    Bukan Simulasi Pesawat Biasa
    PIxWing adalah sebuah game simulasi pesawat yg menantang pemainnya melintasi portal-portal yg telah ditentukan. Saya diminta untuk bernavigasi di tiga dunia bertema fantasi secepat mungkin sambil mengumpulkan berlian yg tersebar di sepanjang lintasan.

    Melintasi jalur terbang di PixWing tidak melulu hanya berkaitan dengan portal maupun berlian. Sesekali game menghadapkan saya dengan balon terbang yg menembakkan rudal serta hembusan angin yg mengacaukan jalur terbang. Tambahan tantangan ini membuat navigasi saya di jalur yg sudah cukup menantang menjadi semakin kompleks lagi.

    Saya diberi ganjaran tambahan uang setiap kali menyelesaikan level. Jumlah uang yg akan diberikan bervariasi, sesuai dengan tingkat pencapaian saya di level tersebut. Uang yg terkumpul bisa digunakan untuk membeli pesawat baru / mendapatkan warna baru pada koleksi pesawat yg dimiliki.

    Selain meminta pemainnya melintasi jalur, RymPow Team juga menyediakan fitur Free Roam yg memberikan saya kebebasan menjelajahi dunia PixWing sekehendak hati. Saya dapat menjelajahi tiga dunia berbeda dengan tingkat kebebasan 720 derajat sambil mencari seratus item uang serta tiga bintang. Bintang yg terkumpul dapat membuka tantangan tambahan di dunia yg dijelajahi.

    [​IMG]
    Maksimalisasi Fitur Gyroscope pada Perangkat
    Satu hal yg membuat PixWing terasa spesial adalah pemanfaatan fitur gyroscope yg tertanam pada perangkat portabel. Alih-alih mengandalkan tombol virtual, RymPow Team memutuskan untuk mengajak pemain PixWing memutar-mutar perangkat ke seluruh arah untuk mengendalikan pesawat.

    Ajakan yg mereka lakukan tidak setengah-setengah. Tutorial yg terdapat di awal game langsung mengajak pemain untuk benar-benar berdiri & berputar-putar ketika mengendalikan pesawat. Skema pengendalian seperti ini membawa sensasi yg sama sekali berbeda dalam game simulasi pesawat yg terasa sangat menyenangkan.

    Walaupun begitu, PixWing tetap menyediakan tombol virtual untuk mengendalikan pesawat. Kontrol alternatif ini sangat berguna apabila hendak bermain game di ruangan terbatas seperti ketika berada di dalam mobil / berbaring di tempat tidur.

    [​IMG]
    Penuh Potensi namun Kurang Dieksplorasi
    Sayangnya semua kelebihan PixWing berakhir pada paragraf di atas. Sensasi menyenangkan yg saya rasakan di menit-menit awal permainan berubah menjadikebosanan & perasaan kecewa karena banyak hal menarik yg sebenarnya bisa ditambahkan, namun absen dari PixWing.

    Hal pertama yg membuat saya segera merasa bosan adalah gameplay yg monoton. Level demi level hanya menantang saya untuk berpindah dari titik A ke titik B. Game memang menyediakan variasi misi seperti menembak balon udara / melewati hembusan angin, namun semuanya tidak memberikan tantangan yg benar-benar mampu memacu adrenalin.

    Misi pencarian item di mode Free Roam juga tidak memberikan variasi yg berarti. Saya hanya bebas putar-putar di dunia tanpa misi yg memberikan ganjaran menarik. Berhasil menemukan bintang hanya membuka misi lain yg lagi-lagi berisi melintasi jalur. Memang akan ada tambahan pesawat khusus bila berhasil membuka misi tambahan tersebut, tapi tidak ada yg spesial dari reward itu.

    [​IMG]
    Audio Visual yg Kurang Matang
    Arahan grafis PixWing yg menggunakan grafis ala Minecraft memiliki karisma yg unik ketika pertama kali dipandang. Namun, setelah sekian lama memandanginya, mulai terasa mati tanpa & minim kehidupan.

    Pulau-pulau terbang maupun kota yg terhampar di dunia PixWing minim animasi & tidak hidup. Hanya ada beberapa animasi bergerak seperti air terjun / kincir angin. Namun, selain animasi yg terbilang sedikit itu hanya ada objek diam yg “hampa”.

    Koleksi lagu latar maupun efek suara pada PixWing juga terdengar monoton. Tiga dunia yg terdapat di sini hanya dilengkapi dengan tiga lagu latar yg diulang-ulang setiap kali memasuki sebuah level. Sayangnya lagi, lagu tersebut tidak diputar secara endless loop melainkan diulang setiap kali masuk ke menu utama / suatu misi.

    [​IMG]
    Pengalih Perhatian yg Hanya Berumur Pendek
    PixWing sempat membuat saya sangat bersemangat & berjingkrak-jingkrak layaknya anak kecil. Namun, semua hal itu berlalu dengan sekejap & menyisakan perasaan hampa setelah bermain beberapa saat.

    RymPow Team hanya menyediakan 27 tantangan & tiga dunia yg dapat dijelajahi secara bebas. Ke-27 tantangan tersebut dapat saya selesaikan hanya dalam waktu sekitar dua jam. Selain itu, kesemua misi yg saya mainkan kurang lebih memiliki objektif sama & minim variasi.

    Apakah kamu sebaiknya membeli PixWing? Apabila kamu ingin merasakan game simulasi pesawat dengan inovasi kontrol yg brilian, maka kamu boleh membeli game ini. Hanya saja jangan berharap lebih dari itu.
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] PixWing Aleksander Kauch - Sep 09, 2015 Genre: Games, Racing, Entertainment, Arcade Size: 109.97 MB Installs: N/A Rp. 35.000 Download [​IMG]

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page