Review Pocket Squadron | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 8, 2015.

Discuss Review Pocket Squadron | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,718
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    08/01/2015

    Dogfight merupakanistilahdalam pertempuran pesawat terbang yg sudah ada semenjak abad 20, / lebih tepatnya ketika pesawatdan senapan mesin sudah mulai marakdipergunakan. Sejarah mencatat Perang Dunia Pertama sebagaiera di mana dogfightditerapkan sebagai bagian pertempuran diudara. Sehingga tak jarang beberapa developermengambilsettingini ke dalamgameyang mereka buat. Salah satunya sepertiPocket Squadron buatan Bombsight Games yg saya ulas kali ini.

    Sebagai informasi kecil buat kamu, Pocket Squadron merupakangame kedua Bombsight GamessetelahStorm the Beach yg saya ulas Juli 2014 kemarin. Sama sepertigame mereka sebelumnya,Pocket Squadrontersedia secara gratis untuk kamu mainkan, tanpa adakeberadaanopsi IAP di sana. Sebagai gantinya, setiap jeda pergantian menu di sini akan dihiasi baris iklan yg muncul di bagian bawah kiri layar. Selebihnya, kemunculan iklan tadi tidak akan mengganggu pertempuran kamudiPocket Squadron.

    [​IMG]

    DalamPocket Squadronkamu akan menerbangkan pesawatdiiringidengantiga hingga empat kapalwingman yg menyertai perjuangan kamudi setiappertempuran. Objektif utama kamuadalah membunuh semua musuh & bertahan menjadi kubu yg tersisa di tengah sengitnya aksidogfightdalamPocket Squadron.

    Selain menjadipartner berperang yg dikendalikan oleh komputer, keberadaanwingmantadi sekaligus menjadi cadangan pesawat kamu andai sajakamu gugur di medan perang.Begitu pesawatmu jatuh, kamu akan beralih mengendalikan pesawat wingmantadi sebagai penggantinya & melanjutkan pertempuran hingga selesai.Apabilasemua pesawat dari kubu kamu rontok ditembakilawan, maka mau tidak mau kamu harus mengulangi level tersebut dari awal lagi.

    Bagian terbaik dariPocket Squadron adalah ketika skuadron kamu berhadap-hadapan dengan skuadron lawan yg muncul di depan kita persis. Meski bagian awalnyaterkesan cukup lambat karena kamu harus mengikuti indikator yg memperlihatkan arah musuh, namun begitu kamu menjumpai mereka, pertempuran pun akan langsung memecah & akan terasa lebihhecticlagi ketika berhadapan 12lawan 12.
    [​IMG]Flak cannon yg adadi darat ini bukan sekedar dijadikan pajangan kawan. Terbang terlalu dekat maka nyawa pesawatmulah yg jadi taruhannya

    Layaknyagame horizontal shooter,aksidogfight yg kamu jalani diPocket Squadron ditampilkan dari pandangan samping yg bentuk pesawatnya sekilas mengingatkansaya dengan tampilanRetrydi bulan Oktober kemarin. Untuk kontrolnya sendiri, kamu dibekali dua tombol untuk mengatur arah menukik pesawat ketika menujuke atas maupun ke bawah. Untuk menyerang, kamu juga dibekali tombol menembakyangperludipergunakan secara efisien bila kamu ingin berjaya di medan perang. Jikakamu menembak terlalu sering, senjatamu akan mengalami panas yg berlebihan sehingga tidak bisa digunakan selama beberapa saat. Tentunya saat itu terjadi, kamu akan menjadi sasaran empuk dari peluru yg dimuntahkan oleh pesawat lawan.

    Mekanisme kontrol dengan tampilanside scrollerinilahyang membuat permainandogfightterkesan menyenangkan & menegangkan di saat yg bersamaan. Kamu akan dibuat sibuk berakrobat menghindari seranganmusuh untuk kemudianmenukik dari arah lain & memberondongi mereka dengan segenap amunisi yg kamu punya.

    Meski konsep tadi terlihat sederhana, namun nyatanyamenembaki pesawat musuh sambil bermanuver di udara tidaklah segampang yg kamu bayangkan. Diperlukanpenyesuaian sudut yg cukup baik agar kamu bisa menguasai medan pertempuran & sukses merontokkan pesawat musuh yg lebih agresif dalam menyerang.Jalur tembakanmudi sinikurang begitu luas untuk mengenai beberapa kapal musuh sekaligus, sehingga tembakanmuhanya bisa mengenaimusuh yg berada tepatdi depan baling-baling pesawatmu saja.
    [​IMG]Pertahankan zeppelin kita jendral! Kita diserang!

    Kekuranganyang saya jumpai dalamPocket Squadron adalah AI musuh yg lebih agresif menyerang dibandingkanwingman yg kita punya. Perlu digaris bawahipula bahwa pergerakanwingman kamu lebih banyakmengikuti arah pesawat utama yg sedang kamu kendalikan. Akibatnya lebih besar sekali kemungkinan mereka untuk ditembak jatuh terlebih dahulu daripada menembak pesawat lawanyang sibuk menembaki kita dari segala arah.

    Agresifitas musuh ketika menyerang tadi membuatPocket Squadron menjadi game yg tidak mudah untuk dimainkan. Dalam mode campaign sering kali wingman yg saya miliki keburu mati ditumpaslawan & saya pun sendirian menghadapi musuh dengan perbandingan mencapai1:5. Untungnya pertarungan yg tidak berimbang tadi sedikit terbantu dengan kemunculan power-up seperti field repair, flak cannon, danwingman tambahanyang melayang di sekitar. Meski terkadang tidak banyak variasipower-up yang disediakan, setidaknya kitadiberikan kesempatan untuk melawan balik skuadron musuh hingga titik darah penghabisan.
    [​IMG]Mendengar suara “ngueengg” dari pesawat musuh yg berhasil dijatuhkan itu sangatlah memuaskan

    Beruntungdi saat kita mengalami stres akibat sulitnya permainan campaign tadi, Pocket Squadron menyediakan variasi mode yg bisa menjadi selingan bermain kita di kala jenuh (akibat terlalu sering mati). Salah satu mode selingan yg dapat kamu temukan di game ini adalah mode survival. Lewatmode survivalkamu diberi kesempatan untuk menjatuhkan pesawat musuh sebanyak mungkin kamu bisa untuk kemudian disandingkan dengan skor pemain lain dileaderboards.

    Jika persaingan skor di leaderboards bukan hal yg kamu sukai, kamu bisa beranjak kemode Scenarios di mana kamu bisa menjalankan empatvariasi misi dengan objektif yg berbeda-beda. Mulai dari aksi menjatuhkan bom dalamBombing Run,melindungi konvoi truk diFighterDefense, menghancurkan meriam diFlak attack, dan terakhir atur sendiriskenario perang yg kamu mau di Custom Scenario. Jujur saja,pilihan paling terakhir tadimerupakan favorit saya ketikaterhambat menghadapi sulitnyamode campaign.Saya bisa melampiaskan kekesalan saya dengan mengeroyok musuh bersama12 pesawatwingman sekaligus & tertawa puas di atas penderitaan mereka.
    [​IMG]Inilah hal yg saya lakukan ketika geram dikeroyok lawan di mode Campaign, mengeroyok mereka balik di mode Custom Scenario

    Dari segi visual & tampilan suara,Pocket Squadron memang tidak menyuguhkan sesuatu yg mewah di mata serta telinga kita. Tapimengingatgame inibisa kita mainkan dengan secaragratis tanpa ada IAP sedikit pun di dalamnya, saya bisa memberikan pengecualian untukPocket Squadronmengingatbegitumenantangnyagameplay yg diberikan Bombsight Games.

    Secara keseluruhanPocket Squadronmerupakan suguhangratis yg cukup oke, meskipun sebagian besar dari kamu mungkinlebih cocok menyebutnya sulit daripada menantang.Saya rasake depannyaakan lebih menarik lagi biladeveloper mengimplementasikanmode multiplayer diupdate Pocket Squadron berikutnya, sehingga saya bisa mengajak rekan saya untuk berperan sebagaiwingman betulan & berjuang menghabisi armada musuh bersama-sama.

    Google Play Store Link:Pocket Squadron, Gratis
    Review OverviewGraphic3Gameplay3.5Value43.5Good
    Pros: Aksi dogfight dengan tampilan horizontal shooter yg cukup menantang | Variasi mode dengan misi yg cukup banyak |Bisa kamu mainkan secara offline & tersedia gratis secara sepenuhnya | Gameplay yg simpel namun tidak mudah untuk kamu kuasai | Fitur leaderboards & achievement

    Cons: Tingkat kesulitan yg terkadang kurang bersahabat | AI dari wingman yg kurang bisa mengimbangi agresifitas lawan | Tampilan visual yg biasa-biasa saja | Tidak dilengkapi fitur multiplayerTagsArcade Shooter

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page