Review Star Trek Timelines | Tech in Asia Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 19, 2016.

Discuss Review Star Trek Timelines | Tech in Asia Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,758
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Berbeda denganStar Wars, saya pikirStar Trekadalah salah satu dari sekian film sains fiksi terpopuler yg hingga kinibelum terjemahkan secara baik ke dalam medium video game. Rasanya kemunculan game Star Trek yg bagus bisa dianggap layaknya oasis bagi para fan alias Trekkie.

    Melihat haltersebut, developer Disruptor Beam tampaknya menyadari bahwa ini bisa dijadikan sebagai peluanggame mereka berikutnya setelah merasa cukup sukses membawakanGame of Thrones: Ascent. Dengan pengalaman yg mereka miliki,Star Trekkemudian dihadirkan ke dalam bentuk permainan strategiyang sepintas tampak seperti peningkatandari gameplay strategiGame of Thrones: Ascent.
    Sebuah Fan Service yg Nyaris Lengkap[​IMG]Hampir semua karakter dari film & serial TV Star Trek terdahulu ada di sini. Termasuk Picard versi Borg

    LewatStar Trek Timelines, Disruptor Beam terlihat jelasingin mewujudkan khayalan paraTrekkielewat pengalaman bermain game Star Trekyang lebih baik dibandingkangame sebelumnya.Jalan cerita tentang anomali waktu (alias timeline) yg dikemasoleh Disruptor Beam memberikan kebebasan bagi para pemainuntuk berkreasimembuat kru pesawat Enterprise impian mereka.

    Di sini kamu bisamenggabungkan berbagai karakter dari tiga alur cerita serial TV Star Trek, mulai generasi Kapten Kirk, Kapten Jean-Luc Picard dari Star Trek Next Generation, hingga Kapten Sisko (yang saya sendiri juga baru tahu) dari generasiStar Trek Deep Space Nine.
    [​IMG]Setiap awak kapal yg kamu miliki mempunyai atribut yg sangat berguna untuk misi personel

    Bagi mereka yg tidak pernah mengikuti serial TV Star Trek, hal tersebut terkesan sepele, namun bagi paraTrekkie keanekaragaman karakter ini tentu menjadi sebuahfan service yg sangat menarik untuk diperhatikan.

    Sayangnya untuk saat iniStar Trek Timelines tidak menyertakan awak kapal Enterprise pimpinan versi muda Kapten Kirk dalamfilm layar lebarStar Trek versi J.J. Abrams & Kapten Archer dari serialStar Trek: Enterprise. Jikakeberadaan merekaditerapkan ke dalamupdate ekspansi cerita berikutnya, maka saya bisa mengatakanStar Trek Timelines sebagai game Star Trekterlengkap yg pernah kita temukan dimobile.
    Dua Game Strategi Menarik dalam Satu Kemasan[​IMG]Aspek grafis benar-benar menjadi bagian pemanis dalam game ini

    Berbicara soalgameplay,developer Disruptor Beam bisa dibilang telah berhasil menemukan formula yg cukup menarik untuk meringkas serunya perang pesawat ala Star Trek ke dalam genggaman. Game ini memiliki dua jenis inti permainan yg sama-sama mengandalkan strategi pemain dalam memilih momentum & menentukan mana kru yg tepat untuk diterjunkan ke dalam modeadventure.

    Tentu sebuahgame bertemaStar Trektidak akan lengkapjika tidak menonjolkan aksi perang & diplomasi antar pesawat yangselama ini menjadi ciri khas dalam setiap serial TV & filmnya. Untuk memfasilitasi bagian tersebut, Disruptor menciptakan mekanisme bermainyang sekilas mirip seperti sebuah aksibattle RPG namun dilengkapi denganberbagai istilah teknologiStar Trek seperti senjata Phaser, Photon torpedo, deflector shield, & sebagainya.
    [​IMG]Lapor kapal oleng Kapten!

    Agar bagianspace battleini terasasolid,Star Trek Timelines menyuguhkan aksi perang pesawat yg dikemas secara apik dengan tampilanfull 3D. Meskipun kita tidak secara langsung mengemudikan pesawat Enterprise yg kita miliki, namun setidaknya pesawat tersebut selalu bereaksi mengikuti setiap perintah yg kita pilih, mulai di saat kita melakukan manuver menghindar hingga saat menyerang tameng pesawat lawan. Melihatperang antara pesawat Enterprise berduel denganpesawat Klingon tak pernah semenarik di sini.

    Untukgameplaykedua, Disruptor menyajikan permainan strategi bergaya choose your own adventure yg merupakan peningkatan dari apa yg pernah saya temukan dalamGame of Thrones: Ascent.Dalam mode adventure tersebut kamu akanmembawa tiga anggota kru pesawatmu untuk menjelajahi beragamrintangan yg telah disediakan.
    [​IMG]Selain ditentukan oleh atribut individu, bagian ini juga dipengaruhi oleh ras, trait & profesi yg dijalani karaktermu

    Bagian permainan satu ini menuntut kamu untukmemperhatikansatu di antara empat atributyang berguna untuk menyelesaikan setiap jenis tantangan, mulai dariDiplomasi, Security, Command, & Engineering. Sukses tidaknya percabanganyang kamu pilih nanti akan dibandingkan dengan atributyang dimilikikru kamu apakah sesuai denganpersyaratan angka yg harus ditempuhuntuk menyelesaikannya.

    Bagian menariknya lagi, misi jenis ini juga akan mempengaruhi faksi mana yg akan kamu hadapi dimode space battle.Bila keputusanmu kamu cenderung condong berpihak kepada satu faksi, maka di bagian akhir misi planet tersebut kamu akan dihadiahi kru pesawat baru sesuai faksi yg terpilih.

    Meskipun keduabagiangameplayini menawarkan pengalaman yg berbeda, namun keberadaan mereka seolah saling mengisi antara satu sama lain. Hal ini memberikan variasi yg saya pikir cukup untuk membuatmu betah bermainStar Trek: Timelines, apalagi jika kamu familier sekali dengan serial ini sebelumnya.
    Bagus namunBukanBerarti Jaminan Sempurna
    [​IMG]

    Secara keseluruhan apa yg ditampilkanDisruptor Beam ke dalamStar Trek: Timelinessudahterbilang cukup baik. Tampilan grafis yg 3D berikut ilustrasi karakter yg menyerupai tokoh pemeran aslinya memberikan kesan bahwa ini adalahgame yg serius dibuatuntuk menyenangkan hati para penggemarnya.

    Meskipun demikian bukan berartiStar Trek: Timelines menjadi hiburan mobile tanpa cela. Ketikasaya mengulas game inimelaluiiPad Air generasi pertama, saya seringkali mengalamicrash di saat akan memulai sesi pertempuran antar pesawat. Penurunanframe rate juga berulang kali saya temukan di saatgame ini menampilkan banyak sekali efek laser & detail meteor di belakang layar.

    Meski hal tersebuttidak terlalu merugikan, tapi saya pikir ke depannya diperlukan optimalisasidevice yg lebih baik lagi supaya tidak mengurangi keasyikan kita bermain. Saya harap masalah yg sama tidak akan kamu temui di Android.
    [​IMG]Entah apakah ini karena persoalan device iOS / bukan, yg jelas saya berulang kali mengalami crash setelah layar ini keluar

    Star Trek: Timelinessendiri bisa kamu unduh & mainkan secara gratis tanpa perlu risau dengan keberadaan paywall yg akan menghambat keasyikanmumenjelajah isi semesta Star Trek.Sayangnya untuk aspek monetisasi, Disruptor Beam memberlakukanstatusVIP yg terasa kurang begitu adil bagi mereka yg sama sekali tidak mengeluarkan uang untuk game ini.

    Sekadar informasi, status VIPmerupakan aspeklevelingsampingan dari karaktermu yg hanya akan bisa bertambah jika kamu membeli IAP kristal Dilithium yg dibanderol dengan harga tidak murah (minimal Rp75000 untuk pakettidak berlangganan).
    [​IMG]Monetisasi dari galaksi mana lagi ini Kapten?!?

    Dengan meningkatkan level VIP ini, kamu bisa membuka beberapa fitur sepertislot karakter tambahan, membuka avatarkarakter baru, regenerasi energi yg lebih cepat, serta fiturscan speedupberulang-ulang demi mendapatkan item langka secara acak setiap harinya.Keberadaan status VIP ini tentunya membatasi pemain dari sejumlah fitur yg nantinya akan semakin menjadi kebutuhan dasardalam permainantingkat lanjut.

    Cara monetisasi seperti ini seolahmenjadiinvestasi yangsecara tidak langsung dipaksakan kepada para pemain. Intinya tidak ada hal yg sepenuhnya bisa dinikmati secara gratis dalam permainanStar Trek: Timelines. Kamu hanya dipersilakan bermainhingga mencapai bagianyang cukup tinggi sebelum keperluanmeningkatkan level awak kapalmu membuat gameini terasa mustahil dilanjutkan tanpa membeli IAP & meningkatkan status VIP.
    Kesimpulan
    [​IMG]

    Untuk sebuahgame mobile bertema Star Trek, saya pikirDirsuptor Beam telah berhasil menjawab keinginan para Trekkie yg mengharapkangame Star Trek berkualitas untuk perangkatmobile.Hal ini bukan main-main karena dari segi gameplay,Star Trek: Timelinesdinilaisuksesmenyajikan game strategiyang bisa dinikmati secara mendalam, sekaligus memberikan fan servicenyaris sempurna kepada pemain.

    Sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan nilai yg positifdari segi monetisasi. Saya khawatir skema yangditerapkangame ini ke depannya akan diikuti beberapa judulgame free-to-play lainnya, karena jelas-jelas akan memberatkan pemain yg lebih mengandalkan aktivitas grinding dalam bermain.

    Terlepas dari kekurangan tadi, saya tidak melarang kamu untuk mencoba Star Trek Timelines karena memanggame ini cukup menggoda untuk dimainkan. Sekarang semuanya saya kembalikan ke kamu, apakah kamu siap untuk terlena mengarungi angkasaStar Trek di sini kemudian berkomitmen dengan jumlah uang yg tidak sedikit demi status VIP?
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Star Trek Timelines Disruptor Beam - Jan 15, 2016 Genre: Strategy Size: 30M Installs: 100,000 - 500,000 Gratis Download [​IMG][​IMG]

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page