Review The Horus Heresy: Drop Assault | Games in Asia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 26, 2015.

Discuss Review The Horus Heresy: Drop Assault | Games in Asia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,720
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    26/02/2015
    FacebookTwitterGoogle+PocketWhatsApp function essb_window1622719985(oUrl, oService) { essb_window_stat(oUrl, oService, 85791); essb_ga_tracking(oService, "top", "http://www.nyit-nyit.net/threads/review-the-horus-heresy-drop-assault/"); }; function essb_pinterenst1622719985() {essb_ga_tracking("pinterest", "top", "http://www.nyit-nyit.net/threads/review-the-horus-heresy-drop-assault/"); essb_pinterenst_stat(85791); };
    Ini adalah ketiga kalinyagame Warhammer 40K The Horus Heresy: Drop Assault berseliweran menghiasi kolommobile gaming di GiA. Saat saya menjumpaigamestrategi ini muncul di daftar gameAndroid minggu lalu, terus terang saya tertarik untuk merasakangameplay yg ditawarkan developer Complex Games ini karena saya mengenalfranchise Warhammer 40Ksejak Dawn of Wardirilis di PC 10 tahun silam.

    MenyebutThe Horus Heresy: Drop Assault sebagaigame yg mengutamakanfan-service juga bukan hal yg saya rasa berlebihan, karena ini pertama kalinya ceritaWarhammer 40K:The Horus Heresydiimplementasikan dalam sebuahgame.Sedikit informasi tambahan buat kamu,The Horus Heresy adalah eventcerita paling epikyang menjadi sejarah kelam dalam duniaWarhammer 40K.Tentunya akan terlalu bertele-tele jika saya menjelaskan hal itu di sini, karena intinya di bagian awal mula peristiwaThe Horus Heresy inilah permainanmu dimulai.

    [​IMG]

    Drop Assaultmengambilsetting pertempuran antara sesama kelompok angkatan udara di luar angkasa (space marine) yg awalnya berjuang bersama menyelesaikan konflik pemberontakan di wilayah Istvaan System. Game ini memberimu dua pilihanfaksiyang berseberangan satu sama lain. Kamu bisa memlih sebagai Loyalist yg masih setia kepada sang Emperor / bergabung dengan pembelot pimpinan Warmaster Horus yg menjadi cikal bakal faksi Chaos Marines diWarhammer 40K.

    Sayangnya kedua faksi yg kamu pilih di sini hanyalah pembagian kubu yg saling bertempur digame. Takseperti tiruan Clash of Clans terkenal sepertiStar Wars Commander,di sini tidak ada tampilan unit yg benar-benar membedakan keduanyaselain emblem yg mewakili faksi pilihanmu. Kamu akan tetap menyerang dengan unit space marine yg sama dengan warna yg sedikit berbeda, serta menghancurkan turret musuh & gedung yg bentuknya sama. Cukup disayangkan memang, kenapa Complex Games tidak bereksplorasi lebih jauh lagi dengan variasi tampilan unit yg seharusnya tampil bermacam-macamdigame.

    [​IMG]

    Untuk membuatperang antar space marine di sini terlihat sedikit lebih variatif, Complex Games menyertakan fitur pemilihan legiunyang merupakan aspeksub-faction dalamDrop Assault. Kamu bisa memilih satu dari empat pilihan legiun space marine masing-masing dengan kelebihan atribut yg berbeda-beda, sepertihealthlebih banyak 5% untuk legiun Death Guard, serangan lebih 5% untuk World Eaters, energi combat ability 10% untuk Sons of Horus, & terakhir kecepatan gerak 10% untuk legiun Imperial Children. Kubu manapun yg kamu pilih menentukan seberapa efektif kamu menerapkan strategimu bertempur diDrop Assault. Apakah kamu mau bermain agresif / justru bermain pintar dengan strategi yg solid.

    Sama seperti halnya segelintir game strategi berbasisasynchronous battlelainnya, tujuan bertempur di sini adalah mengalahkan musuh & mendominasi tanggaleaderboard sebagai “clan” terbaik diDrop Assault.Untuk itu kamu diberikanglory point yg diakumulasikan dengan anggotaclan(disebutchapter)sesamamu agar posisinya naik di leaderboard.Jika kamu pernah bermain Clash of Clans, kamu pastinya tidak akan terkendala dengan kontrol yg disajikanDrop Assault.Kamu tetap akan melakukantap di lokasi “pendaratan” markas musuh & otomatis pasukanmu akan bertempur mengikuti insting AI mereka masing-masing.

    [​IMG]

    Sebagaigame strategidengan formula yg cukupbanyak dicap ditirugame lain, Drop Assault perlu menghadirkan sesuatu yg membuatnya berbeda dengangame sejenis. Untuk itulah,Drop Assaultmeleburkanaspek player raid dansingle player campaign dalam zona peperangan yg digambarkan berupa peta pertempuran. Dalampeta wilayah tersebut kamudiperlihatkan wilayahkekuasaan lawanyang mencampurkan mana bangunan musuh untuk AIraid & mana bangunanplayer raid.

    Sistem pembagianzona wilayah pertempuran ini bisadibilang cukuplah unik, karena juga menyertakanelemen strategis bagi pengaturan sumber daya kamu. Semakin banyakoutpost musuh yg berhasil kamu taklukan di peta pertempuran, makin banyak pula sumber daya yg kamu peroleh.Faksi musuhyang kamu hadapi juga takakan tinggal diam melihatoutpostmereka yangada di sekitar markasmu tumbang satu demi satu. Setiap jamakan selalu ada sajaoutpost kita yg dikuasai kembali oleh musuh & sudah jadi tugas kamu untuk merebutnya kembali demi mendapatkanglory points.
    [​IMG]Fitur Live Skrimsih mengingatkan saya dengan Warhammer Dawn of War, tapi dalam skala yg lebih kecil

    Hal menarik lainnya yg ada dalamDrop Assault adalah fiturplayer versus playerbernama Live Skrimish. Fitur ini merupakan alternatif player raid di mana kamu lebih dihadapkanaktivitas PvP secarareal time. Objektif utama dari fiturDrop Assaultsatu ini juga membuat saya teringat dengan pertempuran RTSWarhammer 40K: Dawn of War. Tujuan utamamuadalah memperoleh poin sebanyak-banyaknya dengan cara menguasai tiga titikcontrol pointyang ada di tengah arena, selain itukamu juga bisa memenangkan pertempuran ini dengan cara menghabisi semua unit lawanyang ada. Fitur satu ini bisa disebutmerupakan daya tarik utamaDrop Assault, karena dengan cara inilah kamu lebih seringmendapatkan loot untuk keperluanrelic craftingdibandingkan cara biasa.

    Meskipun konsep real time PvPini kedengarannya menarik, sayangnya implementasi fitur satu ini bukan berarti terbebas daribug.Dalam beberapa sesi Live Skirmish saya mendapati pertempuran yg tak kunjung juga dimulai gara-gara musuh yg saya hadapi mengalamidisconnectdi awalpermainan. Akibatnya saya pun terpaksa melakukanrestart aplikasiDrop Assaultmelalui metodeforce close, & kembali memulai permainan sekali lagi.

    [​IMG] [​IMG]

    MembicarakanDrop Assault rasanya tidaklah lengkap jika saya tidak menyinggung fiturrelic crafting yg ada di dalamnya.Relic sendiri merupakanitemkhusus yg memberikan efek signifikan terhadap pertahanan markasmu sertaatribut tambahan bagi unit perang yg kamu punya. Kamu bisa memperolehrelic dengan cara menempa beberapa pecahanshard khusus yg diperoleh dari hasilmu memenangkanpertempuran.

    Keberadaanrelic merupakan elemen penting yg menjadikan unitmu lebih bersaing dalam menghadapi lawan diLive Skirmish, maupun kegiatanraid biasa.Kamu pun juga bisa menutupi kekurangan legiun yg kamu pilih dengan mematokrelic yg tepat agar mereka lebih tangguh di medan perang. Kuat tidaknya sebuah relic ditentukan dari kelangkaan (rarity) yg diperoleh secara acak saat kamu menempanya diForge.

    [​IMG]

    Sayangnya untuk membuat satu buahrelictadi diperlukan 20 keping machine spirit yg merupakan mata uang IAP dalamDrop Assault.Berbicara soal IAP,Drop Assault mematok harga yg lumayan mahal untuk memenuhi kebutuhanmu akanmachine spirit.Sebagai contoh, untukmendapatkan satu buahbuildertambahan saja kamu dikenai 400 kepingmachine spirit yanghanya bisa kamu tebus dengan pembelian IAP minimal seharga Rp. 53.000 untuk 500 kepingmachine spirit.

    Beruntung developer Complex Games termasuk ramah dalam memberikan caraalternatif mendapatkan koinmachine spiritsehingga kamu tidak dipaksa untuk wajib membeli IAP-nya yg lumayan mahal. Kamu bisa mencari koin tambahan dengan cara menyelesaikandaily achievement, mencari keberadaan machine pod di peta dunia, & mendapatkannya lewatdaily login,karena itu pergunakanlah koinmu secara bijaksanateman.
    [​IMG]“For the Emperor!”

    Sebagai penutup, The HorusHeresy: Drop Assaultmerupakangame strategi yg patut diapresiasikarena telah berani berinovasimeskipun eksekusinya tidaklah begitu sempurna. Sejauh ini,Drop Assaultmerupakangame mobile bertemaWarhammer 40K yg paling unggul dibandingkangame Warhammer 40K lainnya di Android.

    Jadi apabila kamu mengakui dirimu sebagai fan Warhammer 40K & sedang mencarigame yg cukup oke untuk dimainkan, makaDrop Assault merupakan suguhan yg tak boleh kamu lewatkan Februari ini. Setelah mengulasgame ini,saya masihberminat melanjutkan permainangame iniselagi menunggu kemunculanadagame mobile Warhammer 40Klain yg lebih baik lagi berikutnya.

    Apple App Store Link: The Horus Heresy: Drop Assault, Gratis


    Google Play Store Link: The Horus Heresy: Drop Assault, Gratis
    Review OverviewGraphic2.5Gameplay3Value33Okay
    Pros:Fitur Live Skirmish yg cukup menarik meskipun implementasinya kadang terkendala bug & koneksi server | Pertempuran player raid serta single player campaign yg dilebur ke dalam satu fungsi memberimu alasan untuk terus bermain

    Cons: Harga IAP yg lumayan mahal, beruntung kita dibekali alternatif lain untuk mendapatkannya | Unit kurang begitu bervariasi di antara ke dua kubu Space Marine yg bertikaiTagsStrategy

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page