Review This War of Mine | Games In Asia Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 28, 2014.

Discuss Review This War of Mine | Games In Asia Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,717
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    28/12/2014

    11 bit studios merupakan salah satu developer indie yang dikenal dengangame Tower Defense garapannya, serialAnomaly Defenders.Saya bukanlah penggemar game bergenretower defense, namun saat saya mengetahui 11 bit studios akan mengeluarkangame baru di luar genre andalan mereka tersebut,saya menjadi sangat antusias. Mendapatkan banyak pujian dari berbagai situsreview membuat saya amat penasaran akan sebaik apakahgame terbaru mereka ini? Setelah memainkannya kurang lebih 15 jam dengan pergelutan emosi & jiwa di sana sini, saya rasa inilah saat yg tepat untuk mengungkapkan alasan mengapa kamu perlu mencoba memainkanThis War of Mine.

    This War of Mineakan mengajak kamu terjun dalam dunia peperangan, bukan sebagai pemimpin perang maupun ahli strategi, bukan juga sebagai seorang prajurit elit, melainkan menjadi penduduk sipil biasa yg harus berjuang hidup di tengah kerusuhan perang yg terjadi. Bisa dibilang This War of Mineadalahgame The Sims,tapi minus unsur kebahagiaan di dalamnya :(. Awal bermain kamu akan diminta memilih ingin bermain ‘cerita’ yg mana. Setiap ‘cerita’ terdiri dari 2-4 karakter di dalamnya yg tidak bisa kamu tentukan sendiri.

    [​IMG]

    Kamu akan mendapatkan sebuah rumah yg akan digunakan sebagai tempat kamu tinggal.Layaknyagamesimulasi kebanyakan, setiap karakter kamu juga memiliki kemampuan berbeda-beda. Kemampuan ini bisa kamu manfaatkan guna keberlangsungan hidup kamu nantinya. Sebagai contoh Katia pandai dalam hal tawar menawar, menggunakannya untuk melakukan barter jauh lebih menguntungkan ketimbang menggunakan karakter lainnya, Arica mampu mengendap-ngendap dengan pelan, Pavle adalah pelari yg cepat, & banyak lainnya.

    Pada siang hari kamu akan melakukan berbagai aktvitas harian seperti memasak, makan, tidur, mendengarkan radio, membuat peralatan, senjata, & sebagainya. Di malam harilah aksi yg sesungguhnya baru dimulai. Setiap malam kamu akan menetapkan rencana pencarian. Satu dari karakter kamu akan pergi untuk mencari perlengkapan, mulai dari komponen, peralatan, senjata, makanan, maupun obat-obatan. Sisanya kamu bisa memilih apakah mereka akan tidur di lantai, tidur di kasur, / berjaga-jaga sepanjang malam.

    Kamu akan memilih area yg ingin kamu kunjungi berdasarkan keterangan yg tertera. Dari situ kamu bisa melihat & memprediksi apakah keselamatan kamu akan terjamin / tidak sesampainya di sana. Asal kamu tahu saja, tidak jarang karakter saya tewas saat sedang melakukan pencarian. Ada area yg terlihat tenang namun ternyata memiliki banyak penembak jitu, tapi ada juga yg terlihat bahaya namun ternyata aman-aman saja. Perbedaan hari kamu berkunjung akan memberikan hasil yg berbeda pula.
    [​IMG]Senjata adalah barang langka di sini, tanpanya akan sulit bagi kamu untuk selamat di malam hari

    Sejauh saya bermain, saya telah memainkan 3 cerita yg berbeda. Masing-masing diawali dengan cerita pembuka yg berbeda pula & sejauh ini hal tersulit yg harus saya hadapi adalah bertahan hidup dalam kondisi cuaca dingin. Cuaca dingin membuat kamu harus membakar kayu guna menghangatkan ruangan. Sayangnya persediaan kayu kamu juga terbatas, sementara kamu juga membutuhkan kayu tersebut untuk memasak maupun membuat peralatan lainnya.

    Kondisi kian memburuk ketika salah satu karakter kamu jatuh sakit, cuaca dingin tanpa alat penghangat yg memadai akan memperburuk kondisi yg pada akhirnya berujung dengan kematian. Makanan memang merupakan hal yg krusial di sini. Tapi kamu juga harus ingat bahwa manusia bisa tidak makan selama beberapa hari. Di mata saya obat jauh lebih penting & sayangnya mereka merupakan barang langka yg paling sulit dicari namun banyak yg mencari. Karena itu jika kondisi yg sangat mendesak kamu bisa mempergunakan obat yg kamu miliki tersebut untuk ditukarkan dengan makanan maupun alat-alat lainnya yg kamu perlukan.
    [​IMG]Kamu akan menentukan siapa & di mana letak area pencarian kamu malam ini

    Uang bukan lagi segala-galanya di sini. Jangankan berpikirmendapatkan uang, memikirkan bagaimana untuk bisa makan di hari esok saja sudah sulit. Pergelutan emosi & jiwa saya semakin diuji saat saya melakukan pencarian di supermarket. Dari 3 cerita yg berbeda, ada satu kesempatan di mana karakter saya, Cveta melihat bagaimana tidak berdayanya seorang wanita yg akan dinodai oleh prajurit berdarah dingin. Kala itu kamu berkesempatan memilih, membiarkan diri kamu (Cveta) yg mati ditembak oleh prajurit tersebut karena berupaya menyelematkan si gadis / membiarkan gadis itu diperkosa olehnya.

    Saya mungkin terlalu egois dengan memilih kabur dari tempat kejadian. Sayangnya keputusan yg saya ambil tersebut berdampak berat pada psikis Cveta. Ia menjadi depresi berat & sakit hati atas ketidakberdayaannya untuk menolong gadis malang tersebut. Terlebih lagi setiap kejadian yg dialami oleh karakter kamu saat melakukan pencarian akan diketahui pula oleh karakter-karakter kamu yg lainnya. Tidak jarang karakter lainnya sering menyalahkan keputusan yg telah kamu buat. Saat karakter kamu sakit hati, ia tidak akan bisa melakukan hal apa-apa lagi. Tidak mau makan, tidur, / beraktivitas seperti biasanya. Yang dilakukan hanyalah merenungi nasibnya.
    [​IMG]Kamu bisa menukarkan apa yg kamu miliki dengan benda lainnya yg lebih mendesak

    Jika kejadian yg dialami gadis tersebut sudah membuat hati kamu bergumul maka kamu salah. Saya juga pernah merasa sangat bersalah saat harus mencuri makanan dari pasangan tua yg istrinya sedang sakit keras. Di satu sisi saya merasa berat untuk mengambil makanan & obat-obatan dari mereka. Namun di sisi lain, teman kamu di rumah juga sedang kelaparan & jatuh sakit.This War of Mine benar-benar pandai mempermainkan perasaan pemainnya, membuat pemainnya benar-benar merasa dilema.

    Oh ya, ada satu hal penting lainnya yg perlu kamu ketahui lagi. Selalu terbuka kemungkinan bagi kamu untuk mendapatkan karakter tambahan melebihi jumlah karakter yg kamu miliki pertama kali.Saat siang hari berlangsung, terdapat 3 kemungkinan kejadian yg bisa terjadi. Yang pertama, kamu akan bertemu dengansemacam mercenary yg akan menawari kamu untuk melakukan barter. Kemudian, tetangga / orang asing yg meminta pertolongan / malah memberi pertolongan kepada kamu berupa makanan / obat. Yang terakhir memang paling riskan namun sebenarnya terbilang cukup menguntungkan yaitu kedatangan orang asing yg memohon tinggal di rumah kamu.
    [​IMG]Sebelum menyusup pastikan kondisi aman lebih dahulu, apalagi tanpa adanya senjata di tanganmu

    Orang asing ini bisa menguntungkan kamu di satu sisi terutama dari segi lamanya kamu bermain. Permainan kamu akan berakhir ketika tidak ada lagi satu orangpun yg tersisa di rumahmu. Kedatangan orang baru bisa menjadi hal yg positif ketika hanya ada satu orang yg tersisa di rumah kamu. Terlebih jika seseorang ini sedang sakit, kamu bisa menggunakan orang asing tadi untuk mencari obat / makanan di malam hari. Namun kedatangan orang asing juga bisa berubah bagai musuh dalam selimut. Kamu tidak akan pernah tahu kapan serigala akan melepas bulu dombanya.

    Di mata saya, malam hari benar-benar menjadi mimpi buruk dalamgame ini. Kamu tidak akan pernah tahu apa yg akan terjadi di rumah kamu selagi kamu melakukan pencarian.Selalu ada kemungkinan terjadinya perselisihan, pertengkaran, pengkhianatan, bahkan pembunuhan di malam hari kamu melakukan pencarian. Rasa marah, kesal, sedih, depresi, sakit, berdosa bercampur aduk menjadi satu ketika hal-hal tersebut terjadi & itu semua merasuk dalam pikiran saya hingga saya selalu bertanya kenapa, kenapa, & kenapa hal itu harus terjadi, bisakah kita membalikan kondisi ke semula?

    [​IMG]

    This War of Mine menggunakan grafis yg digambarkan layaknya sebuah sketsa.Game ini juga didominasi dengan warna-warna kelam seperti abu-abu, hitam, putih, danbeberapalightninghalus yg membuat suasana di dalamnya semakin mirip dengan kondisi peperangan yg sebenarnya.Musik pengiring dansound effect dariThis War of Minejuga tidak kalah menarik, saya bisa mendengar betapa mengerikannya suara ledakan & tembakan di sana sini.Bubble text yg muncul dari setiap karakter seperti “Please help me!“, “Please give me food!“, “Wecan’t pass this day“, & banyak lainnya membuat saya semakin menyadari betapa sulitnya menjadi korban perang itu.

    Akhir kata, This War of Minememang bukanlah sebuahgame yg menjual unsurfun, tapi di sinilah kamu akan belajar bagaimana menjadi ‘mereka’ yg terperangkap dalam ‘kelamnya’ sebuah peperangan itu. Saya mungkin memang belum berhasil untuk melewatinya hingga akhir, tapi saya percaya bahwa harapan itu akan selalu ada bagi mereka yg pantang menyerah.

    Steam Link: This War of Mine, Rp. 115.599

    Mac App Store Link:This War of Mine,Rp 199.000
    Review OverviewGraphic4.5Gameplay5Value55Excellent
    Pros: Setiap keputusan yg kamu ambil akan menghasilkan akibat yg berbeda terhadap kehidupan karakter kamu | Bukan game yg menjual unsur fun tapi di sinilah kamu belajar untuk berempati | Ada banyak karakter dengan keunikan masing-masing yg bisa dimainkan | Mampu menghadirkan pergelutan emosi & jiwa pada pemain yg memainkannya | Presentasi yg terbilang sangat sesuai untuk menggambarkan kondisi peperangan yg sebenarnya | Game yg mengajarkan simpati, tenggang rasa, kepercayaan, & nilai-nilai moral lainnya

    Cons: Sistem checkpoint jam dalam game dimulai dari pagi hari. Jadi jika kamu meninggalkan game di siang/malam hari, kamu akan memulainya kembali dari pagi hari.TagsSimulation Survival

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page