Review WhoMove aplikasi lacak lokasi keluarga dan orang terdekat

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 18, 2015.

Discuss Review WhoMove aplikasi lacak lokasi keluarga dan orang terdekat in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,761
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Bagi orangtua yg khawatir dengan keselamatan anak-anaknya, sekarang ini banyak dijumpai aplikasi mobile dengan kemampuan untuk melacak lokasi. Tujuannya sederhana, agar orangtua bisa mengetahui keberadaan buah hatinya.

    Salah satu aplikasi yg menawarkan kemampuan ini adalah WhoMove. Dikembangkan oleh SHYmap Company, startup asal Indonesia yg dipimpin oleh Vincent Ing, apakah aplikasi Android ini mampu memberikan ketenangan pikiran bagi penggunanya? Simak review saya berikut ini.
    Registrasi & menambah teman
    [​IMG]

    Proses registrasinya simpel. Ada dua pilihan, registrasi dengan nomor telepon / Facebook. Saya memilih dengan nomor telepon. Tak berapa lama, setelah SMS dengan kode verifikasi masuk, saya bisa langsung menggunakan aplikasi ini.

    WhoMove akan membaca kontak telepon kita. Jika ada keluarga, teman, / orang terdekat yg sudah duluan menggunakan aplikasi ini, kita bisa tahu yg mana kemudian menambahkannya dalam daftar pertemanan. Saat seorang teman menambah saya, tidak ada notifikasi yg saya terima.

    Kita juga dapat mencari teman berdasarkan nama pengguna, asalkan mereka sudah membuatnya. Nama pengguna tidak ditentukan saat awal menggunakan aplikasi ini, melainkan harus dilakukan secara manual. Kita bisa membuatnya di bagian Settings lalu tap Profile, & pilih User ID.
    Melacak lokasi teman
    [​IMG]



    Saat kita sudah berteman dengan seseorang, kita tidak serta-merta bisa langsung melihat lokasinya. Mereka harus secara sadar memberikan akses lokasinya ke kita.

    Sebaliknya juga begitu. Lokasi saya hanya bisa dilihat oleh teman jika saya sudah memberinya izin. Ini bisa dilakukan di bagian Friend, kemudian pilih teman yg ingin kita berikan akses ke info lokasi, lalu tap tombol yg ada di sebelah namanya.

    Akan muncul peringatan, yg menanyakan apakah kita benar-benar yakin ingin membagikan akses lokasi kita? Jika sudah yakin, kita tinggal tap tombol Accept. Nantinya, keluarga / teman kita bisa melihat log pergerakan lokasi kita ke mana saja, bukan sekadar titik lokasi tempat kita berada.
    Menambah tempat favorit
    [​IMG]

    Pada bagian peta aplikasi ini, yg pilihannya dapat diubah antara tampilan peta biasa / satelit, kita bisa menambahkan lokasi menggunakan ikon plus. Apabila kita menambahkan lokasi tertentu, misalnya rumah, makah teman saya akan mendapat notifikasi ketika saya tiba di lokasi tersebut.

    Bagi orangtua, fitur ini bisa dibilang kurang fungsional. Menurut saya, akan lebih baik jika yg terjadi sebaliknya: orangtua mendapat notifikasi jika anaknya tiba di lokasi-lokasi yg mereka telah set di aplikasi ini. Bisa rumah, sekolah, / tempat les.
    Seberapa layak untuk diunduh?
    Setelah menggunakan aplikasi ini selama beberapa waktu, tentu pertanyaannya apakah saya akan terus menggunakan aplikasi ini / tidak? Sebelum menjawab, ada beberapa pertimbangan. Dari sisi akurasi lokasi, aplikasi ini mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Juga, fitur log lokasinya juga termasuk inovatif. Namun, dari kemudahan penggunaan, masih banyak yg perlu dibenahi.

    Aplikasi ini pastinya hanya digunakan dengan lingkaran terdekat kita saja, seperti keluarga / sahabat karib, bukan aplikasi chatting yg digunakan dengan banyak orang. Sehingga tidak perlu menampilkan seluruh isi kontak telepon maupun fitur auto add apabila sudah ada teman yg menggunakannya.

    Sistem menambah teman juga seharusnya bisa dibuat lebih simpel, misalnya dengan menambahkan ID / nomor telepon. Salah satu aplikasi yg tergolong user friendly dalam bagian ini adalah Find my Friends untuk iOS, aplikasi serupa yg dibuat oleh Apple.

    Sementara isu di atas belum teratasi, saya tampaknya belum menyarankan WhoMove sebagai aplikasi utama untuk melacak lokasi orang terdekat kita.
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] WhoMove - Free Family Locator Shymap company - Sep 25, 2015 Genre: Social Size: 14M Installs: 5,000 - 10,000 Gratis Download [​IMG] Plus
    • Akurat membaca lokasi
    • Fitur log & menambah lokasi tergolong inovatif
    • Aplikasi responsif
    Minus
    • Kurang kontrol untuk orangtua
    • Fiturnya dibuat seakan dirancang untuk memantau banyak orang
    • Cara menambahkan teman kurang praktis
    Baca juga:Kumpulan Aplikasi untuk Memantau Lokasi Keberadaan Orang Terkasih Dimanapun Mereka Berada

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; sumber gambar Mark Nye)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page