RNDC [RNDC] Modifikasi Raspberry Pi

Discussion in 'N3 Source Codes dan Tutorials' started by dono, Jul 30, 2013.

Discuss [RNDC] Modifikasi Raspberry Pi in the N3 Source Codes dan Tutorials area at Nyit-Nyit.Net

  1. dono 3 SMP STAFF N3 Tukang Sapu

    Messages:
    2,403
    Likes Received:
    2,575
    Trophy Points:
    141
    Game:
    Dota 2
    Region:
    Australia
    Author: RNDC Eric Draven dan Dewangga Raskolnikova
    Pendahuluan:
    Raspberry Pi secara umum merupakan komputer yang berukuran kecil sebesar kartu kredit. Secara umum, Raspberry Pi tidaklah berbeda fungsi seperti komputer pada umumnya. Ada bagian USB untuk memasukkan keyboard dan mouse. Raspberry Pi juga dilengkapi dengan network adapter sehingga mudah dihubungkan dengan jaringan LAN ataupun internet.

    Pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai modifikasi yang dapat dilakukan pada raspberry pi. Diantaranya adalah modifikasi sumber arus listrik, penambahan tombol reset, dan penambahan pin jtag.

    Langkah-langkah
    • Berikut ini adalah contoh raspberry pi yang telah mengalami beberapa modifikasi dan digunakan untuk tutorial ini:
    1.jpg

    1 Pin TP1 berfungsi sebagai kutub positif sumber arus alternatif.
    2 Pin TP2 berfungsi sebagai kutub negatif sumber arus alternatif.
    3 Pin yang digunakan untuk tombol reset.
    4 Pin ini berfungsi sebagai GPIO tambahan.
    5 Ke-2 deretan pin ini berfungsi sebagai konektor JTAG Video Core IV dan JTAG untuk chip LAN9512.
    • Pin TP1 dan TP2 dapat digunakan sebagai pin untuk menyalurkan arus listrik ke raspberry pi, namun karena pin tersebut posisinya setelah sekering (fuse) maka tegangan yang mengalir harus benar-benar diatur agar tidak melebihi spesifikasi yang digunakan oleh raspberry pi yaitu 5v. Berikut ini adalah posisi pin TP1 dan TP2 pada skematik raspberry pi:
    • 2.png Untuk mengatur tegangan yang akan mengalir pada kedua pin tersebut, dapat digunakan voltage regulator misalnya LM7805. Dan berdasarkan datasheet, penggunaan LM7805 pada rangkaian elektronik sebaiknya disertai 2 buah kapasitor masing-masing berukuran 0.33 µF yang terhubung diantara GND dan input, serta 0.1 µF yang terhubung diantara GND dan output. Skematik rangkaiannya kurang lebih seperti ini:
    • 3.png Untuk membuatnya cukup sederhana, cukup solder 2 buah kapasitor tadi pada kaki-kaki chip LM7805 sesuai dengan skematik di atas. Tampilannya kurang lebih seperti ini (LM7805 + 2 kapasitor = Voltage regulator):
    • 4.jpg Langkah berikutnya adalah melakukan pengujian, misalnya dengan memasang baterai 9v sebagai input dan kemudian mengukur tegangan pada output menggunakan multimeter. Hasilnya kurang lebih seperti ini jika voltage regulator tersebut berfungsi, maka tegangan output akan menjadi 5v:
    • 5.jpg Selanjutnya adalah memasang voltage regulator tersebut pada raspberry pi, misalnya seperti ini:
    • 6.jpg Untuk pin JTAG, dapat dimanfaatkan jika Anda tertarik untuk mempelajari Video Core IV yang terdapat pada chip broadcom dan JTAG lainnya pada chip LAN9512.
    • Selain modifikasi tersebut, Anda dapat juga menggunakan adapter khusus untuk micro-sd yang ukurannya pas dengan sisi luar raspberry pi. Salah satu contohnya adalah adapter yang bernama pIO yang bentuknya kurang lebih seperti ini:
    • 7.jpg Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.
    ReferensiSumber: http://rndc.or.id/wi...si_Raspberry_Pi / https://www.facebook...ups/rndc.or.id/
    Author: RNDC Eric Draven dan Dewangga Raskolnikova
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page