SAP Match Insights, Teknologi Dibalik Kesuksesan Jerman Menjuarai Piala Dunia 2014

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jul 15, 2014.

Discuss SAP Match Insights, Teknologi Dibalik Kesuksesan Jerman Menjuarai Piala Dunia 2014 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania!

    [​IMG]

    Jerman berhasil menjadi juara dunia untuk yang keempat kalinya sepanjang keikutsertaan mereka setelah mengalahkan Argentina dengan skor tipis 1-0. Banyak faktor yang disebut-sebut sebagai aktor di balik kemenangan tersebut, mulai dari jitunya strategi sang pelatih Joachim Loew memasukkan Mario Gtzeyang berujung kepada gol yang diciptakannya, solidnya pertahanan Jerman membendung serangan Argentina, hingga baiknya kerjasama tim yang ditunjukkan. Namun ada satu faktor lain yang juga membantu kemenangan Jerman dan juga penampilan apiknya sepanjang turnamen, yaitu perusahaan software terkemuka di Jerman, SAP. Lho kok bisa?

    Kisah kerjasama timnas Jerman dengan SAP bermula sejak tahun lalu. Pada saat itu, manajer tim Jerman Oliver Bierhoff menemukan fakta menarik di ruang ganti pemain, dimana banyak pemain yang merasa lebih bahagia untuk berkomunikasi satu dengan lainnya melalui platform digital. Karena komunikasi merupakan hal yang penting untuk membangun soliditas tim, Bierhoff pun meminta SAP untuk mengembangkan aplikasi yang bisa memfasilitasi hal tersebut, plus memberikan data-data yang akurat dari lapangan untuk membantu tim pelatih memberikan latihan dan menentukan strategi.

    [​IMG]

    Karena itulah akhirnya SAP mengembangkan sebuah aplikasi bernama SAP Match Insight. Aplikasi ini berfungsi untuk mensinkronisasikan data dan video dari pemantau yang ada di lapangan dan mentransfernya ke gadget untuk mempermudah tim pelatih menganalisa dan melihat momen-momen penting yang terjadi. Bierhoff yang menyukai teknologi ini pun akhirnya meminta SAP untuk menyiapkan aplikasi ini untuk digunakan dalam Piala Dunia. Hanya dalam waktu enam bulan, SAP pun mengabulkan permintaan tersebut dan jadilah aplikasi ini siap dibawa timnas Jerman ke Brazil.

    Baik pemain maupun pelatih bisa terkoneksi dengan aplikasi ini melalui touch screen di ruang ganti plus men-download aplikasi tersebut di gadget mereka masing-masing. Dengan menganalisa banyak hal dari setiap pertandingan, tim pelatih pun bisa membuat program latihan yang lebih simpel namun efektif untuk para pemain. Bierhoff pun menunjukkan betapa hebat analisa yang dilakukan oleh aplikasi ini. Contohnya dalam sebuah latihan, sepuluh orang pemain yang berlatih menggunakan tiga buah bola dalam sepuluh menit bisa memberikan sekitar tujuh juta titik data untuk dianalisa! Statistik tiap pemain pun bisa dengan mudah dipantau dengan aplikasi ini, sehingga membantu tim pelatih untuk memberikan porsi latihan yang tepat, serta memilih pemain mana yang akan diturunkan dalam sebuah pertandingan.


    Ke depannya, Bierhoff yang juga merupakan duta dari SAP ini berharap bisa terus bekerja sama untuk mengembangkan aplikasi ini agar lebih baik. Jadi jangan heran, jika ke depan timnas Jerman terus bermain baik dan memenangkan setiap kejuaraan, itu artinya mereka berhasil mengembangkan aplikasi ini menjadi semakin baik. [​IMG]

    [Sumber: SAP/BBC]

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten SAP Match Insights, Teknologi Dibalik Kesuksesan Jerman Menjuarai Piala Dunia 2014 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page