Liga Indonesia SC Internacional Terapkan Data Analisis Performa Di Frenz International Cup 2015

Discussion in 'Bola' started by Bola, Jan 7, 2015.

Discuss SC Internacional Terapkan Data Analisis Performa Di Frenz International Cup 2015 in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,952
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Klub-klub Indonesia masih harus belajar banyak dari klub-klub luar negeri terkait pengelolaan klub profesional. Bukan hanya dari segi teknik maupun finansial, tapi juga hal-hal yang menunjang performa masing-masing pemain di sebuah klub. Dan itu sudah harus dimulai sejak usia dini.

    Contohnya terlihat jelas pada ajang Frenz International Cup 2015 yang sudah dimulai sejak 3 Januari lalu di Palembang. Turnamen tersebut adalah ajang yang setiap timnya menggunakan pemain U-18. Salah satu pesertanya asal Brasil, klub SC Internacional menerapkan data analisis performa untuk menilai kelebihan maupun kekurangan para pemainnya di setiap pertandingan.

    Hasil itu nantinya, berguna bagi pelatih untuk menentukan hal apa yang mesti diberikannya kepada masing-masing pemain baik dari segi taktik maupun materi latihan. Di samping itu, dengan data tersebut tim pelatih juga bisa mencari titik kelemahan dari tim lawan.

    Klub yang pernah menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2006 itu memang serius dengan hal tersebut. Itu dibuktikan klub asal Brasil tersebut dengan membentuk sebuah departemen khusus yang bernama Departemen Performa dan Ilmu Pengetahuan. Departemen tersebut berfungsi sebagai tim riset data-data analisis mengenai para penggawa SC Internacional mulai dari level kelompok umur hingga senior.

    "Analisis performa sangat penting dalam sepakbola modern, supaya kita bisa menilai performa tim kita dan lawan. Lebih lanjut, kekurangan tim atau individu bisa diperbaiki lagi secara maksimal. Begitu juga dengan potensi yang dimiliki tim ataupun individu pemain," ucap Jaino Matos, salah satu staf analisis SC Internacional, kepada Goal Indonesia.

    Lebih lanjut, mantan pelatih Persib Bandung U-21 ini memaparkan timnya sudah memiliki analisis penuh setiap pemainnya baik secara teknik maupun taktik, ketika Internacional menaklukkan Valencia, skor 3-1, 4 Januari lalu. "Jadi, kalau ada performa yang menurun drastis antara babak pertama dan kedua kami bisa investigasi dan memberikan masukan kepada pelatih fisik juga," jelasnya.

    Pria yang pernah membantu timnas Indonesia saat masih dilatih Nilmaizar ini menjelaskan pentingnya data analisis performa untuk sebuah klub sepakbola modern. "Di sepakbola modern, taktik dan strategi tim pelatih cuma bisa maksimal kalau performa individu secara teknik-fisik kondisinya prima. Untuk menilai prima atau tidaknya seorang pemain, kita perlu data dan analisis akurat bukan opini pribadi," tuturnya.

    liga indonesia isl, live score, wikipedia, pes 2013, divisi 1, 2014, super, SC Internacional Terapkan Data Analisis Performa Di Frenz International Cup 2015
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page