Liga Eropa Sejarah Hari Ini (12 November): Asal Muasal FC Basel

Discussion in 'Bola' started by Bola, Nov 15, 2015.

Discuss Sejarah Hari Ini (12 November): Asal Muasal FC Basel in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    42,662
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Siapa sangka dari sebuah iklan di sebuah surat kabar bakal menjadi titik awal terbentuknya salah satu klub terbesar yang ada di kancah sepakbola Swiss saat ini. Itulah yang terjadi tepat di hari dan tanggal saat ini, 122 tahun silam.

    Momen bersejarah itu tepatnya terjadi pada tanggal 12 November 1893, di mana ada sebuah surat kabar Swiss bernama Basler yang memasang iklan demi menarik minat siapapun yang tertarik dalam membentuk sebuah klub baru, untuk menghadiri pertemuan awal yang diadakan tiga hari berikutnya di sebuah rumah makan.

    Gagasan untuk memasang iklan tersebut dilakukan Roland Geldner, yang sudah pasti menghadiri pertemuan bersama dengan tiga orang lainnya, yakni Ferdinand Isler, Jean Grieder dan Emil Abderhalden - keempat orang inilah yang kemudian didaulat menjadi tokoh pendiri klub.

    Sejak saat itu, 15 November 1893, FC Basel resmi didirikan dengan mengusung warna merah dan biru sebagai panji kebesaran klub. Langkah lebih lanjut kemudian mereka tempuh dengan merekrut sejumlah personel tambahan guna menjalankan aktivitas sebagaimana layaknya klub sepakbola.

    26 November 1893 menjadi momen Basel melakoni pertandingan pertama mereka, namun hanya sebatas laga internal sebelum memainkan laga resmi perdana dua pekan berselang melawan sebuah kesebelasan yang dibentuk oleh pelajar perkumpulan gimnastik, laga itu mereka menangkan dengan skor 2-0.

    Di periode awal terbentuknya klub, Basel hanya terjun di beberapa partai uji coba di antaranya menghadapi rival sekota BSC Old Boys serta Grasshopper Club Zurich. Salah satu bintang sekaligus kapten tim saat itu adalah Joan Gamper - yang kemudian juga mendalangi lahirnya Barcelona di Spanyol.

    Setelah lebih banyak berkutat di laga-laga tak resmi, pasukan RotBlau memutuskan untuk ikut serta dalam liga utama Swiss musim 1898/99, semusim setelah liga itu sendiri didirikan. Kesuksesan tak datang secara instan, butuh waktu penantian hingga 40 tahun lamanya bagi mereka untuk meraih trofi pertama, tepatnya di tahun 1952/53.

    Itu menjadi awal penegasan kekuatan mereka di kompetisi nasional Swiss, sebelum mampu meraih gelar ganda pada musim 1966/77 - liga dan piala domestik - dan sejak saat itu mereka kian mengukuhkan diri sebagai salah satu barometer sepakbola Swiss, menjuarai enam trofi liga hingga satu dekade kemudian.

    Kini Basel merupakan salah satu klub Swiss tersukses baik di kancah domestik maupun internasional. Selain mengoleksi 18 trofi domestik, terbanyak kedua setelah Grasshopper (27), klub yang bermarkas di St. Jakob Park itu juga punya catatan gemilang ketika menembus semi-final Liga Europa 2012/13, yang merupakan pencapaian tertinggi dalam sejarah klub di Eropa.

    liga eropa hari ini, u21, chelsea, final, liga eropa 2015, Sejarah Hari Ini (12 November): Asal Muasal FC Basel
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page