Liga Inggris Sejarah Hari Ini (23 Mei): Roy Keane Gagal Ikut Piala Dunia

Discussion in 'Bola' started by Bola, May 23, 2015.

Discuss Sejarah Hari Ini (23 Mei): Roy Keane Gagal Ikut Piala Dunia in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,231
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    2002 jelas bukan tahun yang menyenangkan bagi Roy Keane. Sang gelandang tak mampu meraih satu gelarpun bersama Manchester United di musim itu. Kemudian setelah musim berakhir - dan ia mengumumkan untuk pensiun dari tim nasional Republik Irlandia - Keane malah gagal mengikuti kompetisi termahsyur seplanet bumi: Piala Dunia.

    Selidik punya selidik, ternyata Keane dipulangkan karena membuat Mick McCarthy geram.

    Gelandang veteran yang menjabat kapten Republik Irlandia itu sebenarnya tak memiliki masalah pribadi apapun dengan sang pelatih, McCarthy. Sebelum keberangkatan ke Jepang, skuat Rep. Irlandia terlihat baik-baik saja. Sesi latihan pun dinilai berjalan dengan lancar hingga mereka terbang ke Saipan, Jepang, untuk melakoni persiapan Piala Dunia 2002.

    Di sinilah Keane mulai geram. Fasilitas latihan yang diterima oleh timnas Rep. Irlandia ternyata tak sesuai bayangannya. Pertama, alat-alat latihan terlambat datang di Saipan sehingga sesi latihan terpaksa mundur. Kedua, lapangan latihan yang digunakan Keane dkk dinilai tidak memenuhi standar. Keane bahkan menyebut lapangan tersebut "seperti area parkir mobil”.

    Sehari setelah menyatakan ketidakpuasannya terhadap fasilitas latihan, Keane ketahuan bertengkar dengan Packie Boner dan Alan Kelly. Ia terlampau kecewa dan akhirnya memutuskan untuk keluar dari skuat, meminta federasi sepakbola untuk memulangkannya ke Manchester dengan segera. Namun, federasi sepakbola Irlandia tak mampu menyediakan tiket pulang secara mendadak.

    Colin Healy sebenarnya sudah disiapkan untuk jadi pengganti Keane di Piala Dunia, seiring sang kapten tak kunjung kembali ke skuat. Untung saja McCarthy mau membujuknya untuk kembali sehingga Keane ikut serta di sesi latihan berikutnya.

    [​IMG]

    Roy Keane puasa gelar di 2002.​

    Adapun Keane melakukan hal yang mengejutkan setelah kembali ke skuat Rep. Irlandia.

    Gelandang United itu menggelar wawancara dengan Tom Humphries dari surat kabar Irish Times dan membeberkan kekecewaannya. Keane tak tanggung-tanggung menyebut fasilitas latihan yang mengecewakan hingga keputusannya untuk pergi meninggalkan rekan-rekannya untuk sementara.

    Hal tersebut tentu memicu amarah McCarthy. Sang pelatih pun mengkonfrontasikan artikel tentang Keane tersebut di hadapan skuat Rep. Irlandia beserta segenap kru yang bertugas. Ia mengkritik habis tindakan Keane tersebut, tapi sang kapten ternyata tak melunak sedikitpun. Menurut Keane, publik Rep. Irlandia pantas mengetahui kebenaran dan apa yang terjadi sebenarnya.

    Sayangnya, Keane menyelipkan penghinaan besar terhadap McCarthy kala itu. Niall McQuinn bahkan menyebut pidato 10 menit Keane saat itu – yang ditujukan pada McCarthy – tak berperasaan, kejam, menjatuhkan orang yang terlibat secara emosional, dan akhirnya menyebabkan kontroversi besar di masyarakat Irlandia.

    Kesabaran McCarthy tampaknya sudah habis. Ia sempat membujuk Keane untuk kembali ke skuat beberapa hari sebelumnya, namun pada 23 Mei 2002, ia menarik kembali keputusannya dan melakukan hal yang sebaliknya. Sang pelatih mengungkapkan pernyataan resmi bahwa Keane dipulangkan dari skuat Rep. Irlandia di Jepang dan tak bisa mengikuti Piala Dunia.

    "Saya tak bisa dan tak akan menoleransi penghinaan seperti itu yang diarahkan kepada saya, jadi saya mengirimnya pulang,” ujar McCarthy pada BBC. "Saya telah mengambil keputusan yang tepat, bukan hanya untuk keuntungan saya, tetapi juga untuk kepentingan skuat.”

    [​IMG]

    "Ini merupakan keputusan yang besar, tapi saya lebih senang pergi ke Piala Dunia dengan kekurangan satu orang, ketimbang bersama satu orang yang menunjukkan ketidakhormatan dan acuh tak acuh pada saya,” tandasnya.

    Di sisi sebaliknya, Keane masih saja mengutarakan kekecewaannya terhadap skuat Rep. Irlandia, fasilitas latihan, dan tentunya sang pelatih. "Kesehatan saya lebih penting. Saya datang kemari untuk bermain bagus dan saya ingin orang-orang di sekitar saya juga begitu. Jika saya kami semua tak menginginkan hal yang sama, tak ada gunanya. Hal seperti ini telah berjalan cukup lama,” ujarnya.

    "Saya melakukan pekerjaan sia-sia dengan meminta beberapa orang memperbaiki beberapa hal tentang perjalanan ini. Dimulai dari fasilitas latihan dan lain-lain. Perjalanan [ke Jepang] ini merupakan pucuk gunung es,” tandas sang kapten.

    Keane akhirnya pulang ke Manchester, sementara Rep. Irlandia tersingkir di babak 16 besar setelah kalah dari Spanyol. Setelan insiden tersebut, Keane vakum dalam kegiatan internasional, namun kembali membela Rep. Irlandia setelah McCarthy mundur dari jabatan kepelatihan dan digantikan oleh Brian Kerr.

    liga inggris musim depan, liga inggris live, jadwal bola liga inggris di tv, Sejarah Hari Ini (23 Mei): Roy Keane Gagal Ikut Piala Dunia
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page