Liga Inggris Sejarah Hari Ini (4 Mei): Masih Ingat Eric Djemba-Djemba?

Discussion in 'Bola' started by Bola, May 4, 2016.

Discuss Sejarah Hari Ini (4 Mei): Masih Ingat Eric Djemba-Djemba? in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    42,662
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Anda, terutama para suporter sejati Manchester United, masikah ingat dengan Eric Djemba-Djemba? Pemain yang tepat hari ini berusia 35 tahun tersebut merupakan salah satu transfer paling menyita perhatian, pada bursa musim panas 2003/04 silam.

    Selain karena namanya yang unik, karier gelandang tengah asal Kamerun itu di klub profesional perdananya, Nantes, juga luput dari perhatian media maupun para pencari bakat.

    Karenanya ketika klub sebesar United secara mengejutkan mengakuisisinya lewat banderol £3,5 juta, publik sepakbola pun sempat dibuat gempar. Manajer legendaris Si Setan Merah, Sir Alex Ferguson, merupakan aktor di balik transfer tersebut lantaran sudah mengamati sang pemain sejak lama.

    Hijrah di usia belia, 22 tahun, Djemba-Djemba awalnya diproyeksikan sebagai penerus kapten The Red Devils, Roy Keane, yang semakin menua. Dirinya bersaing dengan gelandang tengah anyar lainnya yang didatangkan pada musim tersebut, Kleberson.

    Sayangnya kali ini insting Sir Alex Ferguson untuk melihat potensi pemain muda meleset. Berada di Old Trafford selama satu setengah musim, Djemba-Djemba tampak begitu buruk baik secara teknis maupun mental.

    SIMAK JUGA
    Sejarah Hari Ini (3 Mei)
    Sejarah Hari Ini (2 Mei)
    Sejarah Hari Ini (1 Mei)

    Sepanjang periode tersebut Djemba-Djemba kalah bersaing dengan hanya bermain sebanyak 35 pertandingan di semua ajang, lewat sumbangsih sebiji gol dan sepasang assist. Selain itu dia juga tak kuasa membendung tekanan besar di tim juara sekelas United.

    Pada musim dingin 2005 United pun menjualnya ke Aston Villa seharga £1,5 juta. Namun di Villa-Park Djemba-Djemba kembali menuai kegagalan dengan hanya bertahan semusim.

    Akibat kualitasnya yang dinilai buruk, kariernya terus mengalami penurunan dengan jadi pesepakbola musafir. Ia begitu kerap berpindah-pindah klub di berbagai belahan dunia, nyaris sekali di setiap tahun.

    Dari Villa, Djemba-Djemba hijrah ke Burnley, Qatar SC, Odense Boldklub, Haporel Tal Aviv, Partizan Belgrade, St Mirren, hingga ke India bersama Chennaiyin.

    Pada 2015 lalu anggota timnas Kamerun di Piala Dunia 2002 ini bahkan sempat dikontrak klub besar Indonesia, Persebaya Surabaya, meski akhirnya dibatalkan sebelum sempat bermain. Kini belum jelas di klub mana Djemba-Djemba melanjutkan kariernya.

    [​IMG]

    Menanggapi perjalanan kariernya yang anjlok begitu dalam dan cepat, baru-baru ini Djemba-Djemba pun memberikan penjelasan mengapa hal itu bisa terjadi. Dalam keterangannya, meski ada penyesalan, ia mengaku tetap bangga pernah membela United.

    "Jika memang saya bisa mengulanginya lagi, saya akan pergi [Manchester United] beberapa tahun kemudian. Dengan adanya Keane, Scholes, Butt, dan Neville, kompetisi jadi amat sulit. Saya sedikit kewalahan," buka Djemba-Djemba.

    "Pada 2010, saya menemui Sir Alex Ferguson di Denmark dan ia mengatakan pada saya, "Saya ingin kamu datang di usia sekarang ini". Saya kala itu berusia 29 tahun. Ia merasa saya lebih dewasa, lebih seimbang. Saya memainkan sekitar 40 laga di tim yang terdiri dari sosok luar biasa seperti Ruud van Nistelrooy dan Ryan Giggs," lanjutnya.

    "Saya memenangkan dua trofi. Hari ini, Manchester United tercatat di CV saya dan saya bangga. Ferguson mendatangkan saya dan mengubah hidup saya. Saya tidak bisa berterima kasih lebih dari ini untuknya," pungkasnya.

    Bagi pengguna news app Goal dapat menyimak cuplikan pertandingan Liga Primer Inggris, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis di sini.

    [​IMG]

    liga inggris musim depan, liga inggris live, jadwal bola liga inggris di tv, Sejarah Hari Ini (4 Mei): Masih Ingat Eric Djemba-Djemba?
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page