Liga Jerman Sejarah Hari Ini (9 November): Jan Koller Ambil Alih Gawang Borussia Dortmund

Discussion in 'Bola' started by Bola, Nov 9, 2014.

Discuss Sejarah Hari Ini (9 November): Jan Koller Ambil Alih Gawang Borussia Dortmund in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,246
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Jan Koller tidak hanya terkenal sebagai sosok striker jangkung yang tinggi menjulang di kotak penalti lawan. Pemain asal Republik Ceko itu juga dikenang dengan aksi heroiknya sebagai kiper dadakan Borussia Dortmund.

    Momen tersebut terjadi tepat 12 tahun yang lalu. Pada 9 November 2002, Dortmund menjalani laga lanjutan Bundesliga Jerman musim 2002/03 di Olympiastadion untuk menghadapi sang tuan rumah yang juga rival sengit mereka, Bayern Munich.

    Koller diturunkan sebagai ujung tombak di lini depan Dortmund dan sempat menjebol gawang Oliver Kahn di menit ketujuh ketika sukses menyambar umpan Marcio Amoroso. Namun keadaan berbalik melawan Dortmund menjelang babak turun minum ketika Torsten Frings mendapat dua kartu kuning sekaligus dalam rentang waktu dua menit.

    Unggul jumlah pemain, Bayern yang dilatih Ottmar Hitzfeld melancarkan serangan membabi-buta di babak kedua. Gol penyama pun tercipta di menit 62 lewat Roque Santa Cruz. Tuan rumah membalikkan keadaan empat menit berselang setelah aksi individual Willy Sagnol berhasil dituntaskan dengan baik oleh sontekan Claudio Pizarro.

    Gol tersebut langsung membuat geram Jens Lehmann. Kiper Dortmund itu merasa Pizarro dalam posisi off-side dan langsung memprotes wasit dengan keras. Akibatnya, Lehmann langsung diusir keluar lapangan. Di sinilah momen bersejarah itu tercipta.

    [​IMG]Berjibaku | Bakat Jan Koller sebagai kiper terlihat di partai ini.​

    Mengingat Dortmund telah menggunakan seluruh jatah tiga pergantian pemain, Koller diminta untuk berganti peran sebagai kiper. Pemain berpostur 202 sentimeter itu langsung mengenakan sarung tangan kiper dan jersey milik Lehmann dan terlihat tidak canggung berdiri di depan gawang Dortmund di sisa waktu 20 menit.

    Dengan kondisi tertinggal 2-1 dan bermain dengan sembilan pemain, BVB jelas ketar-ketir menghadapi serangan The Bavarians. Saat itulah bakat Koller sebagai penjaga gawang terlihat. Dia menghindarkan gawang tim kebobolan lebih banyak lewat penyelamatan gemilang seperti menggagalkan crossing berbahaya Bixente Lizarazu dan tembakan keras Michael Ballack.

    Koller, yang di masa awal kariernya memang sempat berposisi sebagai kiper sebelum dikonversi menjadi penyerang, juga sempat maju ke depan di menit-menit terakhir ketika Dortmund mendapat sepak pojok. Pada akhirnya, Koller mampu menjaga gawangnya tetap perawan, namun tetap gagal menghindarkan timnya dari kekalahan.

    Harian Kicker pada waktu itu bahkan sempat menobatkan Koller sebagai goalkeeper of the week. Seandainya Koller tidak beralih peran sebagai striker ketika masih muda, barangkali ia bisa menjadi kiper tangguh di bawah mistar seperti yang ia tunjukkan di Olympiastadion 12 tahun lalu itu.

    liga jerman, u19, hari ini, logo, seri b, malam ini, klasemen, Sejarah Hari Ini (9 November): Jan Koller Ambil Alih Gawang Borussia Dortmund
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page