Sensasi menikmati #UberCHOPPER

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 20, 2015.

Discuss Sensasi menikmati #UberCHOPPER in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,755
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Apabila kamu pembaca setia Tech in Asia, kamu mungkin sudah sempat membaca artikel #UberCHOPPER, layanan transportasi udara menggunakan helikopter yg sedang diuji coba oleh UBER.

    Layanan tersebut hanya berlangsung hari ini saja mulai dari pukul 09.30 – 12.00 WIB di Grand Indonesia. Animo masyarakat kota Jakarta pun bisa dibilang cukup tinggi. Pasalnya menurut pengakuan Ricky, salah satu pengguna UBER, ia mencoba memesan layanan tersebut hampir 100 kali. Bahkan saat ia masuk ke salah satu kedai kopi (Starbucks), antreannya sangat panjang. Saat ditanya, para pengantre tersebut ternyata juga pengguna UBER lain yg sedang mencoba peruntungan mencicipi layanan #UberCHOPPER.

    Saya sendiri mendapat kesempatan untuk mencoba sensasi transportasi udara tersebut. Dan saya pribadi sangat exciting karena ini merupakan kali pertama saya naik helikopter. Kami (saya & pengguna UBER lain) harus menunggu beberapa menit karena helipadsatu-satunya yg ada di Grand Indonesiaternyata sedang digunakan oleh Prabowo Subianto, mantan Danjen Kopassus, pengusaha & politisi.
    [​IMG]Pengarahan dari safety pilot

    Sembari menunggu, kami juga juga diberi arahan oleh salah satu safety pilot dari PremiAir, penyedia transportasi udara yg bekerja sama dengan UBER untuk layanan #UberCHOPPER tersebut. Sebagai informasi tambahan, helikopter yg digunakan tidak terlalu besar. Helikopter tersebut bisa menampung hingga delapan orang sekaligus / maksimal 450 kg. Jadi sebelum berangkat, masing-masing penumpang telah ditimbang terlebih dahulu untuk memastikan helikopter mampu memuat penumpang.
    [​IMG]Salah satu pengguna UBER sedang menimbang berat badan

    Singkat cerita, kami akhirnya diarahkan untuk menuju ke helipad Grand Indonesia. Suara baling-baling pun cukup bising masuk ke sisi kanan & kiri telinga. Begitu juga dengan hempasan angin dari baling-baling & juga angin dari atas gedung yg membuat saya semakin tegang saat masuk ke dalam helikopter. Hingga akhirnya saya masuk & duduk di kursi paling belakang.

    Tanpa basa-basi, setelah kami semua masuk, helikopter pun lepas landas dengan cepat. Mengingat ini adalah helikopter, di dalamnya tidak ada pendingin ruangan sama sekali. Akan tetapi sensasi naik helikopter & melihat betapa padatnya kota Jakarta telah menyejukkan perjalanan yg sangat singkat tersebut. Saat perjalanan, mengingat ini termasuk pesawat kecil, goncangan terasa sangat keras & sering terjadi.

    [​IMG]

    Dalam waktu kurang lebih lima menit, kami sudah sampai di Bandara Halim Perdana Kusuma. Semua penumpang memiliki ekspresi yg sama, yaitu perjalanan yg sangat amat singkat. Bahkan belum cukup untuk mengisi penuh memori smartphone dengan foto-foto selfie.

    Baca juga: Seberapa Nyamankah Layanan UBER Jakarta? (REVIEW)
    Apakah transportasi udara bisa menjadi solusi?
    Transportasi udara bisa dibilang merupakan salah satu sarana transportasi yg mahal, tapi jauh lebih cepat dibandingkan transportasi darat. Sebagai contoh, dari Bali ke Jakarta hanya memakan waktu 1 jam 45 menit dengan rata-rata harga tiket pesawat kisaran Rp600.000. Lalu bagaimana dengan #UberCHOPPER?
    [​IMG]Suasana di dalam helikopter

    Sebagaimana yg telah saya jelaskan sebelumnya, ini merupakan layanan uji coba transportasi udara yg sedang dilakukan UBER. Pihak UBER pun belum bisa berbicara banyak apabila layanan ini akan menjadi fitur permanen / tidak. Mereka (pihak UBER) masih melakukan pengujian pasar & mencari tahu apakah permintaan akan transportasi udara tinggi / tidak.

    Begitu juga mengenai tarif yg kemungkinan akan diterapkan oleh UBER apabila nantinya fitur-fitur ini akan benar-benar disediakan. Akan tetapi berdasarkan informasi dari PremiAir, harga untuk sewa satu helikopter adalah $2.000 (sekitar Rp27 JUTA) untuk 30 menit. Harga yg benar-benar fantastis. Tapi saya yakin, pasti ada saja orang-orang tertentu yg mampu membayar dengan harga tersebut.

    [​IMG]

    Harga juga menjadi hal yg paling diperhitungkan oleh para pengguna #UberCHOPPER. Saat saya wawancarai, sebagian besar dari mereka masih mempertimbangkan harga dari #UberCHOPPER tersebut nantinya.

    Selain itu, jika benar-benar tersedia, #UberCHOPPER harus menghadapi beberapa masalah. Pertama masalah lokasi helipad di Jakarta yg masih sangat minim. Kedua untuk bisa menggunakan helikopter, pengguna juga harus menggunakan kendaraan darat menuju helipad. Jadi, layanan transportasi udara tersebut terkesan sia-sia.

    (Diedit oleh Lina Noviandari)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page