Shopee Gratiskan Ongkir ke Seluruh Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 4, 2016.

Discuss Shopee Gratiskan Ongkir ke Seluruh Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,756
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Shopee, marketplace dengan elemen media sosial yg hanya tersedia sebagai aplikasi mobile, mencoba memikat semakin banyak pengguna, baik itu penjual maupun pembeli, dengan mengadakan program gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia. Dalam mengadakan program ini, Shopee menggandeng JNE sebagai partner dari sisi logistik.

    Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, pelaku UKM kesulitan mengembangkan bisnisnya saatmenghadapi tantangan-tantangan logistik, seperti mahalnya biaya pengiriman, jelas Raina Lu, Regional Managing Director Shopee, dalam acara press conference sosialisasi program gratis ongkir ini di Jakarta, Kamis (4/2).

    [​IMG]

    Untuk mengikuti program ini, Seller perlu mendaftarkan tokonyaterlebih dahulu. Sementara bagi pembeli, mereka cukup mencari ikon truk berwarna hijau pada barang yg ingin dibeli, yg menandakan kalau barang itu bebas ongkir.
    Mendongkrak pembeli dari luar pulau Jawa
    Raina menyebutkan, program gratis ongkir ini sudah diujicoba ke beberapa Seller terpilih beberapa waktu lalu. Sebelum program ini diadakan, mayoritas pengiriman barang antara penjual dengan pembeli hanya berkisar di dalam pulau Jawa, pulau Sumatera, / antara dua pulau tersebut.

    Setelah diadakan ujicoba, pengiriman barang langsung menjangkau wilayah-wilayah di seluruh Indonesia. Menurut Raina, ada 100 lebih kabupaten baru yg menjadi destinasi pengiriman barang. Sedangkan dari sisi Seller yg aktif berjualan, jumlah pembeli baru meningkat 10 persen dari 16 kabupaten. Angka penjualan mereka juga meningkat hingga lima kali lipat.

    Hafiz Aulia, salah satu SellerShopee yg memliki toko @hfizaulia, mengakui hal yg sama. Menurutnya, sejak gratis ongkir, penjualannya meningkat & mayoritas berasal dari luar Jawa, bahkan sampai Timika, Papua.

    Mungkin pembeli tidak butuh barang tersebut, namun karena gratis ongkir, mereka jadi terdorong untuk membeli, jelas Hafiz.

    Alvin, pemilik toko casing smartphone @sagacase.id, punya pendapat senada. Menurutnya, kendala orang-orang dari luar pulau Jawa untuk membeli barang di tokonya adalah ongkir yg mahal. Ia sendiri pernah melayani pembeli dari Papua. Ia mengatakan, ongkir ke wilayah tersebut bisa lebih mahal dari harga casing.

    Harga casing Rp25 ribu, sedangkan ongkirnya Rp60.000, kata Alvin.

    Baca juga: KinerjaPay, Gabungan Marketplace & Sistem Layanan Pembayaran dalam Satu Platform
    Evaluasi setelah satu bulan
    Dijelaskan oleh Raina, untuk program gratis ongkir ini, Shopee memberikan subsidi ongkir hingga Rp80.000. Namun, mengingat ongkir ke Papua saja hanya Rp60.000, kemungkinan sebagian besar Seller tidak perlu membayar selisih jika ongkirnya lebih mahal dari jumlah subsidi.

    Namun, program ongkir gratis ini tidak berlaku untuk selamanya. Pada tahap awal, program akan diadakan selama satu bulan. Tim Shopee akan melakukan evaluasi, baru dari dampak terhadap jumlah transaksi maupun kesiapan platform mereka, setelah itu baru diputuskan untuk dilanjutkan / tidak.

    Kami juga ingin mendengar umpan balik dari konsumen terlebih dulu. Kami sendiri berharap periodenya bisa berlangsung lebih lama. Karena, ini sesuai dengan visi besar Shopee, yaitu membantu UKM mengatasi tantangan & biaya yg membatasi mereka mengembangkan bisnis, tutup Raina.

    Usai meluncur resmi pada Desember 2015 di Indonesia, Raina mengklaim aplikasi Shopee telah diunduh lebih dari dua juta kali. Sedangkan untuk produk-produk yg terdaftar, jumlahnya sudah lebih dari satu juta item. Sama seperti sejumlah marketplace lain di Indonesia, Shopee menyediakan layanan escrow yg mengatasi kekhawatiran masyarakat akan keamanan belanja online. Dana pembeli ditampung dulu oleh mereka, sebelum diteruskan ke penjual setelah barang diterima oleh pembeli.

    Sebagai marketplace, Shopee berhadapan dengan sejumlah kompetitor, sebut saja Tokopedia, BukaLapak, elevenia, MatahariMall. Sedangkan, untuk e-commerce yg juga menerapkan gratis ongkir, pesaingnya adalah Blibli, Lazada, & AliExpress (barang-barang tertentu saja).

    Namun, mengingat Shopee menggunakan pendekatan media sosial, para penjual yg berdagang di Instagram & Facebook pun bisa termasuk sebagai pesaing mereka.

    Apa pendapat kamu tentang program ongkir gratis dari Shopee ini?

    Kamu dapat mencoba aplikasi Shopee dengan mengunjungi tautan di bawah ini:
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Shopee: Jual Beli di Ponsel Shopee - Jul 15, 2015 Genre: Shopping Size: 13M Installs: 10,000 - 50,000 Gratis Download [​IMG][​IMG]
    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page