Sistem Pengamanan ATP melalui UTM

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jun 4, 2014.

Discuss Sistem Pengamanan ATP melalui UTM in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Dewasa ini Advanced Persistent Threat atau yang biasa disingkat menjadi APT saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi kelangsungan bisnis sebuah perusahaan. APT sendiri adalah serangkaian proses peretasan secara tersembunyi dan berkesinambungan. Penyerangan pada APT biasanya menyerang sebuah entitas tertentu sebuah perusahaan atau lembaga pemerintah, seperti pencurian data, penyebaran malware hingga aksi spionase.
    Kasus yang cukup mencengangkan adalah yang terjadi pada tahun 2010 yaitu penyerangan terhadap sistem komputer program pengayaan nuklir Iran oleh Stuxnet. Stuxnet sendiri adalah sebuah worm yang diyakini oleh pemerintah Iran saat itu, sebagai sebuah APT yang dirancang secara sistematis untuk menyerang sistem komputer pengayaan nuklir Iran. Stuxnet sendiri memanfaatkan Zero Day yang terjadi. Serangan Zero Day ini biasanya diikuti dengan penyebaran malware, pencurian data dan kejahatan lainnya terhadap sistem komputer yang terdapat pada sebuah lembaga.
    Saat ditemui pada acara Limited Media Briefing yang digelar oleh WatchGuard di Al Nafoura Lebanese Restaurant, Le Meridien Hotel, Selasa, (04/06), Vice President ASIA Pacific & Japan WatchGuard Technologies , Scott Robertson, menyatakan bahwa pengamanan terhadap bahaya ATP melalui Unified Threat Management sangat krusial. Anti virus saja tidak cukup sebagai langkah pengamanan karena serangan yang terjadi saat ini sudah lebih canggih dan beragam.
    10 tahun yang lalu kita sudah bisa aman hanya dengan berbekal anti virus, namun kini serangan menjadi lebih canggih dan beragam, maka diperlukan sistem yang lebih canggih yaitu dengan UTM ungkap Scott.
    Sistem UTM sendiri menawarkan perlindungan dalam satu sistem yang terintegrasi. UTM menggabungkan sistem pengamanan pada Anti Spam, URL Filtering, Application Control, Gateway Antivirus, Intruision Prevention Service, dan tentunya Firewall untuk pengamanan arus lalu lintas jaringan.
    Pada acara ini WatchGuard memperkenalkan produk UTM terbaru dari perusahaan ini yaitu Fireware 11.9. Fireware 11.9 ini tidak hanya memberikan kemudahan solusi keamanan jaringan berkabel namun yang nirkabel. Pengamanan nirkabel menjadi perhatian besar bagi WatchGuard melihat kecenderungan banyak bisnis yang dilakukan menggunakan perangkat BYOD atau WiFi. Fireware 11.9 juga dilengkapi sistem pengamanan lain yang terdapat layanan keamanan WatchGuard lainnya seperti AntiVirus, AntiSpam, Application Control, Advanced Threat Protection serta Data Loss Prevention.
    Dengan sistem yang terintegrasi seperti pada UTM diharapkan keamanan terhadap sebuah jaringan pada sebuah lembaga atau perusahaan dapat lebih ditingkatkan. Bahaya serangan APT dapat dikurangi bahkan dihilangkan dengan UTM tersebut.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page